Wednesday, March 27, 2013

Pembelaan Al-Hafizh Ibnu Hajar terhadap Ibnu Taimiyyah dari Tuduhan Keji Abu Salafy

Betapa kotornya mulut tokoh besar kaum Syi’ah[1] ini dalam melecehkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah. Diantara celaan mereka yang membabi buta adalah ucapan mereka:

Dan tidaklah berlebihan ketika ulama Ahlusunnah menvonis Ibnu Taimiyah Syeikhul Islam-nya kaum Salafi Wahabi[2] sebagai Dedengkot kaum munafik karena sikap kebencian dan kedengkiannya serta mulut busuknya..

Para pengekor tokoh Syi’ah ini pun tidak kalah dalam melecehkan Ibnu Taimiyyah rahimahullah,

“Kenapa kamu merujuk Ibnu Hajar, sementara Ibnu Hajar sendiri telah menukil pendapat ulama dan ia memenarkannya bahwa para ulama telah menganggap Ibnu Taimiyyah itu sesat/munafik ..”

“Saya taqlid ke ibnu hajar mengenai masalah Ibnu taymiyah. Ibnu Taymiyah adalah imamnya para Munafiq! Laknat Allah buatnya..”

Hanya kepada Allah kita mengadu...Jika celaan dan umpatan terhadap Ibnu Taimiyyah berasal dari diri mereka pribadi, mungkin perkaranya lebih ringan. Namun, mereka membawa nama besar Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah untuk memvonis Ibnu Taimiyyah sebagai dedengkot kaum munafik yang bermulut busuk. Allahulmusta’aan.

Sejak kapan ulama Ahlussunnah memberikan vonis “munafik” kepada Ibnu Taimiyyah??

Berikut penilaian yang sebenarnya dari ulama besar Ahlussunnah, terutama dari kalangan Syafi’iyyah:


1. Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani Asy-Syafi’i rahimahullah berkata:

وشهرة إمامة الشيخ تقي الدين أشهر من الشمس ، وتلقيبه بـ " شيخ الإسلام " في عصره باق إلى الآن على الألسنة الزكية ، ويستمر غداً كما كان بالأمس ، ولا ينكر ذلك إلا من جهل مقداره ، أو تجنب الإنصاف 

“Masyhurnya keimaman Asy-Syaikh Taqiyyuddin lebih terang dari matahari (di siang bolong –pen-). Para ulama yang mulia di zamannya telah memberikan gelar “Syaikhul Islam” pada beliau hingga kini. Bahkan gelar “Syaikhul Islam” akan terus melekat pada diri beliau hingga hari esok seperti hari kemarin. Tidak ada yang mengingkari hal tersebut kecuali orang yang tidak tahu kedudukan beliau atau orang yang jauh dari sikap adil (inshaf).

ولو لم يكن من الدليل على إمامة هذا الرجل إلا ما نبَّه عليه الحافظ الشهير علم الدين البرزالي في " تاريخه " : أنه لم يوجد في الإسلام من اجتمع في جنازته لما مات ما اجتمع في جنازة الشيخ تقي الدين ، وأشار إلى أن جنازة الإمام أحمد كانت حافلة جدّاً شهدها مئات ألوف

“Seandainya tidak ada bukti tentang keimaman beliau kecuali apa yang disebutkan oleh Al-Hafidz Asy-Syahiir Alimudiin Al-Barzali dalam kitab Tarikh beliau, maka itu telah mencukupi. Al-Hafidz Al-Barzali bercerita: “Tidak pernah ada dalam sejarah Islam, kerumunan manusia yang lebih besar di hari kematian seseorang melebihi para pelayat yang menghadiri jenazah Asy-Syaikh Taqiyyuddin pada hari wafatnya. Lalu Al-Barzali mengisyaratkan bahwa keadaan manusia yang berkumpul menyaksikan jenazah beliau mirip seperti jenazah Imam Ahmad yang dihadiri oleh ribuan para pelayat dan tidak terhitung jumlahnya”

فلم يكن لذلك باعث إلا اعتقاد إمامته وبركته ، لا بجمع سلطان ، ولا غيره ، وقد صح عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : (أنتم شهداء الله في الأرض ) - رواه البخاري ومسلم -

“Tidak ada yang mendorong para pelayat melakukan perbuatan tersebut melainkan karena keyakinan mereka tentang keimaman dan barakah beliau. Buktinya, peristiwa tersebut tidak terjadi ketika ada penguasa saat itu yang wafat, tidak pula terjadi pada selain beliau. Telah shahih dalam hadits bahwa nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Kalian adalah saksi-saksi Allah di muka bumi”. Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim”

ولا يحفظ عن أحد منهم أنه أفتى بزندقته ، ولا حكم بسفك دمه مع شدة المتعصبين عليه حينئذ من أهل الدولة ، حتى حبس بالقاهرة ، ثم بالإسكندرية ، ومع ذلك فكلهم معترف بسعة علمه ، وكثرة ورعه ، وزهده ، ووصفه بالسخاء ، والشجاعة ، وغير ذلك من قيامه في نصر الإسلام ، والدعوة إلى الله تعالى في السر والعلانية

Tidak ternukil dari salah seorang ulama pun bahwa mereka memberikan fatwa tentang kemunafikan Ibnu Taimiyyah. Tidak pula ada dari para ulama yang menghalalkan darah beliau. Padahal di negeri beliau, banyak diantara mereka yang terjangkit penyakit ta’ashub ketika itu, hingga beliau pernah dipenjarakan di Kairo lalu dipindahkan ke Iskandariyah. Namun demikian, seluruh ulama (baik yang sepaham maupun yang berseberangan –pen-) mengakui keluasan ilmu, sifat wara’, zuhud, kedermawanan, keberanian, perjuangan beliau dalam membela Islam dan dakwah beliau di jalan Allah baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan.

فإنه شيخ في الإسلام بلا ريب

“Beliau adalah Syaikhul Islam tanpa ada keraguan”

وهذه تصانيفه طافحة بالرد على من يقول بالتجسيم ، والتبري منه ، ومع ذلك فهو بشر يخطئ ويصيب ، فالذي أصاب فيه - وهو الأكثر - يستفاد منه ، ويترحم عليه بسببه ، والذي أخطأ فيه لا يقلد فيه ، بل هو معذور ؛ لأن أئمة عصره شهدوا له بأن أدوات الاجتهاد اجتمعت فيه

“Ini adalah karya-karya tulis beliau yang dipenuhi bantahan terhadap kaum yang meyakini aqidah tajsim[3]. Beliau telah berlepas diri dari mereka. Meskipun demikian, beliau adalah manusia yang terkadang keliru dan terkadang benar. Kebenaran yang berasal dari beliau –dan kebanyakan pendapat beliau mencocoki kebenaran- maka kita ambil dan kita doakan beliau dengan rahmat. Ketika beliau keliru, maka tidak boleh diikuti pendapatnya. Bahkan beliau mendapatkan udzur, karena para ulama di zamannya telah bersaksi bahwa syarat-syarat untuk berijtihad telah terkumpul dalam diri Ibnu Taimiyyah.”

ومن أعجب العجب أن هذا الرجل كان أعظم الناس قياماً على أهل البدع من الروافض ، والحلولية ، والاتحادية ، وتصانيفه في ذلك كثيرة شهيرة

“Diantara hal yang paling mengagumkan dalam diri Ibnu Taimiyyah, beliau adalah orang yang paling keras terhadap Ahlul-Bid’ah dari kalangan Rafidhah, Al-Hululiyyah[4] dan Al-Ittihadiyah. Karya tulis beliau dalam permasalahan ini sangat banyak dan masyhur.”

ولو لم يكن للشيخ تقي الدين من المناقب إلا تلميذه الشهير الشيخ شمس الدين بن قيم الجوزية صاحب التصانيف النافعة السائرة التي انتفع بها الموافق والمخالف : لكان غاية في الدلالة على عظم منزلته ، فكيف وقد شهد له بالتقدم في العلوم ، والتميز في المنطوق والمفهوم أئمة عصره من الشافعية وغيرهم ، فضلاً عن الحنابلة ، فالذي يطلق عليه مع هذه الأشياء الكفر ، أو على من سمَّاه " شيخ الإسلام " : لا يلتفت إليه ، ولا يعوَّل في هذا المقام عليه ، بل يجب ردعه عن ذلك إلى أن يراجع الحق ، ويذعن للصواب ، والله يقول الحق ، وهو يهدي السبيل ، وحسبنا الله ، ونعم الوكيل

“Seandainya Asy-Syaikh Taqiyyuddin tidak memiliki keutamaan lain selain murid beliau yang masyhur Asy-Syaikh Syamsuddin Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, penulis kitab-kitab yang bermanfaat. Tulisan-tulisan tersebut telah memberikan manfaat bagi para ulama yang sepaham maupun yang berseberangan dengannya. Cukuplah ini sebagai bukti akan tingginya kedudukan Ibnu Taimiyyah. Kedalaman ilmu beliau terkhusus dalam bab Al-Manthuuq dan Al-Mafhuum[5] telah diakui oleh para imam Syafi’iyyah dan Hanabilah di zamannya. Oleh karena itu, kita tidak menoleh pada ocehan sebagian orang yang mengkafirkan beliau atau mencela orang yang memberikan gelar “Syaikhul Islam” pada beliau. Tidak sepantasnya mereka diberi kepercayaan dalam permasalahan ini. Bahkan wajib baginya untuk menarik kembali perkataan kotor yang telah diucapkannya dan wajib pula baginya untuk kembali pada kebenaran, lalu mengumumkan kekeliruannya demi kebenaran. Allah lah yang selalu benar dalam perkataannya dan Dia lah yang memberikan hidayah pada jalan yang lurus. Hasbunallah wani’mal wakiil.”

[Perkataan di atas selesai ditulis oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah pada hari Jum’at, 9 Rabi’ul Awwal 835 H dengan dinukil oleh murid senior beliau Al-Hafidz As-Sakhawi[6] rahimahullah dalam kitab Al-Jawahir wad-Durar, 2/734-736]

Jika rekan-rekan Syi’ah ingin membaca pujian Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani yang lebih menyakitkan hati para pendengki beliau, silahkan baca yang ini,

Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah juga berkata:

شيخنا وسيدنا وإمامنا فيما بيننا وبين الله تعالى ، شيخ التحقيق ، السالك بمن اتبعه أحسن طريق ، ذي الفضائل المتكاثرة ، والحجج القاهرة ، التي أقرت الأمم كافة أن هممها عن حصرها قاصرة ، ومتعنا الله بعلومه الفاخرة ونفعنا به في الدنيا والآخرة ، وهو الشيخ الإمام العالم الرباني والحبر البحر القطب النوراني ، إمام الأئمة ، بركة الأمة ، علامة العلماء ، وارث الأنبياء ، آخر المجتهدين ، أوحد علماء الدين ، شيخ الإسلام ، حجة الأعلام ، قدوة الأنام ، برهان المتعلمين ، قامع المبتدعين ، سيف المناظرين ، بحر العلوم ، كنز المستفيدين ، ترجمان القرآن ، أعجوبة الزمان ، فريد العصر والأوان ، تقي الدين ، إمام المسلمين ، حجة الله على العالمين ، اللاحق بالصالحين ، والمشبه بالماضين ، مفتي الفرق ، ناصر الحق ، علامة الهدى ، عمدة الحفاظ ، فارس المعاني والألفاظ ، ركن الشريعة ، ذو الفنون البديعة ، أبو العباس ابن تيمية

“Beliau adalah syaikh, sayyid dan imam kami yang menjadi (hujjah –pen-) antara kami dan Allah ta’ala. Seorang syaikh muhaqqiq, orang-orang yang mengikuti beliau berada di atas jalan yang terbaik. Beliau memiliki keutamaan yang sangat banyak dan berhujjah dengan dalil-dalil yang sangat kuat. Umat Islam seluruhnya telah bersepakat tentang keilmuan beliau yang sangat luas dan tidak bertepi. Allah telah melimpahkan karunia-Nya pada kami melalui ilmu beliau yang luas lagi bermanfaat di dunia dan akhirat.

Beliau adalah Asy-Syaikh Al-Imam Al-Alim Ar-Rabbani Al-Habr Al-Bahr Al-Quthb An-Nuuraani, imam para ulama dan sumber kebaikan bagi umat ini. Beliau adalah ulama yang sangat dalam ilmunya, pewaris para nabi, akhir para mujtahid, termasuk ulama yang langka, Syaikhul Islam, hujjah bagi para ulama, suri teladan bagi manusia, petunjuk bagi penuntut ilmu, pedang yang terhunus bagi mubtadi’ah dan para pendebat, lautan ilmu, perbendaharaan ilmu bagi para mustafiidiin, penafsir Al-Qur’an, keajaiban zaman, tidak ada yang semisal di zamannya, Taqiyyuddin, imam kaum muslimin, pembela kebenaran, pemberi petunjuk, pemimpin para huffadz, menguasai makna dan lafadz-lafadz (dalam syariat –pen-), rukun syariat, menguasai cabang-cabang ilmu secara mendalam, Abu Al-Abbas Ibnu Taimiyyah.” [Ad-Durar Al-Kaminah[7] hal. 186-187]

2. Al-Imam Adz-Dzahabi rahimahullah berkata:

هو شيخنا ، وشيخ الإسلام ، وفريد العصر ، علماً ، ومعرفة ، وشجاعة ، وذكاء ، وتنويراً إلهيّاً ً، وكرماً ، ونصحاً للأمَّة ، وأمراً بالمعروف ، ونهياً عن المنكر ، سمع الحديث ، وأكثر بنفسه من طلبه وكتابته ، وخرج ، ونظر في الرجال ، والطبقات ، وحصَّل ما لم يحصله غيره . 
برَع في تفسير القرآن ، وغاص في دقيق معانيه

“Beliau adalah syaikh kami, Syaikhul Islam, termasuk ulama yang langka di zamannya dalam ilmu, ma’rifah, keberanian, kecerdasan, cahaya ilahi, kemuliaan, semangat beliau dalam memberikan nasehat pada umat dan dalam hal amar ma’ruf nahi munkar. Beliau lebih banyak mendengar daripada mencari dan menulis hadits, meneliti para perawi hadits dan thabaqat-nya. Beliau mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan oleh orang-orang selain beliau. Beliau juga menguasai ilmu Tafsir Al-Qur’an dan mendalami makna-makna yang terkandung di dalamnya secara detail.”

وبرع في الحديث ، وحفِظه ، فقلَّ من يحفظ ما يحفظه من الحديث ، معزوّاً إلى أصوله وصحابته ، مع شدة استحضاره له وقت إقامة الدليل ، وفاق الناس في معرفة الفقه ، واختلاف المذاهب ، وفتاوى الصحابة والتابعين ، بحيث إنه إذا أفتى لم يلتزم بمذهب ، بل يقوم بما دليله عنده ، وأتقن العربيَّة أصولاً وفروعاً ، وتعليلاً واختلافاً ، ونظر في العقليات ، وعرف أقوال المتكلمين ، وَرَدَّ عليهم ، وَنبَّه على خطئهم ، وحذَّر منهم ، ونصر السنَّة بأوضح حجج وأبهر براهين ، وأُوذي في ذات اللّه من المخالفين ، وأُخيف في نصر السنَّة المحضة ، حتى أعلى الله مناره ، وجمع قلوب أهل التقوى على محبته والدعاء له ، وَكَبَتَ أعداءه ، وهدى به رجالاً من أهل الملل والنحل

“Beliau juga menguasai bidang hadits dan menghafalnya. Sedikit orang-orang yang bisa menghafal seperti hafalan hadits beliau yaitu dengan menyandarkannya langsung dalam kitab ushul serta para sahabat yang meriwayatkan. Beliau dapat menyampaikan apa yang beliau hafal kapan pun beliau mau, terutama ketika beliau sedang mengemukakan dalil. Beliau mengalahkan para ulama yang lain dalam pengetahuannya  tentang fiqih, perbedaan madzhab, fatwa-fatwa para sahabat dan tabi’in. Ketika berfatwa, beliau tidak terikat dengan salah satu madzhab, namun cenderung mengikuti dalil yang dipandang lebih kuat. Beliau juga menguasai bahasa Arab baik dalam ushul maupun furu’-nya, ta’lil dan ikhtilaf.

Beliau meneliti dalil-dalil aqliyyah, mengetahui perkataan para ahlul-kalam, membantah dan memperingatkan kekeliruan mereka. Beliau membela sunah dengan hujjah sangat jelas dan bukti-bukti yang kuat. Beliau sering disakiti dan diancam di jalan Allah oleh musuh-musuh dakwahnya disebabkan pembelaan beliau terhadap sunah yang murni. Oleh sebab itu, Allah meninggikan kedudukan beliau dan mengumpulkan hati orang-orang yang bertakwa untuk senantiasa mencintai dan mendoakan kebaikan bagi beliau[8], hingga jatuhlah musuh-musuh dakwah beliau. Bahkan sebagian pemeluk agama lain dan pengikut kelompok sesat mendapatkan hidayah melalui beliau.” [Dzail Thabaqaat Al-Hanabilah, 4/390]

3. Imam As-Suyuthi Asy-Syafi’i rahimahullah berkata:

ابن تيمية ، الشيخ ، الإمام ، العلامة ، الحافظ ، الناقد ، الفقيه ، المجتهد ، المفسر البارع ، شيخ الإسلام ، علَم الزهاد ، نادرة العصر ، تقي الدين أبو العباس أحمد المفتي شهاب الدين عبد الحليم بن الإمام المجتهد شيخ الإسلام مجد الدين عبد السلام بن عبد الله بن أبي القاسم الحراني 

“Ibnu Taimiyyah, Asy-Syaikh Al-Imam Al-Allamah Al-Hafidz An-Naqidh Al-Faqih Al-Mujtahid Al-Mufassir Al-Bari’, Syaikhul Islam, seorang alim yang zuhud, termasuk ulama yang langka di zamannya, Taqiyyuddin Abu Al-Abbas Ahmad Al-Mufti Syihabuddin Abdul Halim bin Al-Imam Al-Mujtahid Syaikhul Islam Majduddin Abdussalam bin Abdillah bin Abi Al-Qashim Al-Harrani.”

أحد الأعلام ، ولد في ربيع الأول سنة إحدى وستين وستمائة ، وسمع ابن أبي اليسر ، وابن عبد الدائم ، وعدّة . وعني بالحديث ، وخرَّج ، وانتقى ، وبرع في الرجال ، وعلل الحديث ، وفقهه ، وفي علوم الإسلام ، وعلم الكلام ، وغير ذلك .وكان من بحور العلم ، ومن الأذكياء المعدودين ، والزهاد ، والأفراد ، ألَّف ثلاثمائة مجلدة ، وامتحن وأوذي مراراً  .مات في العشرين من ذي القعدة سنة ثمان وعشرين وسبعمائة .

“Salah seorang ulama terkemuka yang dilahirkan pada bulan Rabi’ul Awwal tahun 661 H. Beliau mendengar (hadits –pen-) dari Ibnu Abill Yusr, Ibnu Abdi Ad-Daim dan para ulama yang lain. Beliau memberikan perhatian khusus dalam bidang hadits, meriwayatkan dan menyeleksinya. Beliau juga menghafal para perawi hadits, illat-illat-nya, kandungan fiqhnya, menguasai cabang-cabang ilmu Islam dan ilmu kalam. Beliau termasuk lautan ilmu, sangat cerdik, zuhud dan termasuk ulama yang langka. Beliau telah menulis 300 jilid kitab. Selain itu, beliau berkali-kali disakiti, diuji (dengan berbagai musibah yang menimpa –pen-) dan akhirnya beliau wafat pada tanggal 20 Dzulqa’dah 728 H.” [Thabaqaat Al-Huffadz hal. 516-517]

Selain mengkafirkan dan memvonis “munafik” Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyan, tokoh Syi’ah ini tidak berhenti berdusta. Ia juga menuduh Ibnu Taimiyyah membeci Nabi dan Ali bin Abi Thalib. Perhatikan ucapannya,

Tetapi yang mengenal siapa sebenarnya Ibnu Taimiyah dan bagaiamana kebusukan jiwanya terhadap Nabi dan keluarga beliau, khususnya Sayyidina Ali bin Abi Thalib tidak akan heran terhadapnya!”

Seorang muslim yang memiliki akal dan pikiran jernih lagi jauh dari sikap ta’ashub, tentu tidak akan membenarkan ucapan tersebut walau sepatah kata pun.

Siapakah sebenarnya yang sangat membenci nabi dan keluarga beliau, terkhusus istri-istri nabi yang mulia. Bukankah Sy’iah??

Kenapa mereka malah berbalik menuduh Syaikhul Islam dengan tuduhan tersebut. Benar-benar tuduhan membabi buta yang tidak masuk akal. Sangat mudah menampilkan perkataan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah yang berisi kecintaan dan penghormatan beliau kepada Nabi, keluarganya dan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu secara khusus. Namun, penulis tidak ingin memperpanjang pembahasan ini.

Artikel yang terkait:











Mudah-mudahan sedikit memberikan pencerahan pada para pembaca sekalian…wabillahittaufiiq

Ditulis oleh Abul-Harits di Madinah, 15 Jumadil Ula 1434 H.




[1] Tokoh Syi’ah penyesat umat tersebut menamakan dirinya Abu Salafy.

Berikut beberapa bukti dan indikasi kuat bahwa ia beraqidah Syi’ah:

- Abu Salafy membela seorang ulama Syi’ah dalam perkataannya:

Tetapi yang mengenal siapa sebenarnya Ibnu Taimiyah dan bagaiamana kebusukan jiwanya terhadap Nabi dan keluarga beliau, khususnya Sayyidina Ali bin Abi Thalib tidak akan heran terhadapnya!
Sekali lagi kedengkian itu ia munculkan dalam bantahannya kepada seorang alim Syi’ah bernama al Hilli yang mengatakan bahwa perjuangan Ali sangat besar jasanya atas Islam.”

- Abu Salafy mencela habis-habisan kitab Minhajus Sunah karya Ibnu Taimiyyah, padahal kitab tersebut ditulis untuk membantah kesesatan kaum Syi’ah. Berikut nukilan ucapannya,

Karena itu, kita harus tegas mengatakan bahwa kitab Minhâj as Sunnah tidak mewakili jawaban Ahlusunnah atas Syi’ah. Ia hanya mewakili Ibnu Taimiyah dan kaum Nashibi lainnya!”

- Tidak hanya sampai di situ. Ia pun lancang mencela para sahabat yang lari dalam perang Uhud. Padahal Allah telah mengampuni para sahabat dan menerima taubat mereka. Masih saja ia mengungkit-ungkit kesalahan para sahabat. Diantara tuduhannya yang paling keji dan sekaligus menunjukkan jati dirinya bahwa ia adalah seorang Syi’ah adalah ucapannya,

Apakah Anda akan menuduh Allah SWT sebagai Syi’ah Rafidhah karena menyebutkan larinya para sahabat di parang Uhud itu?!”

Ahlussunnah manakah yang rela jika harga diri para sahabat nabi diinjak-injak?? Sadarlah wahai kaum muslimin janganlah kita tertipu oleh nukilan-nukilannya yang penuh kedustaan.

Lalu kedustaan berikutnya lebih parah dari sebelumnya.  Adakah seorang muslim yang rela jika Allah Yang Maha Agung  diserupakan dengan Syi’ah Rafidhah??? Allahulmusta’aan

[Sumber: http://abusalafy.wordpress.com/2013/01/14/ibnu-taimiyah-syaikhyul-islam-atau-syaikhun-nifaq-7/]

[2] Bahkan Ibnu Taimiyyah adalah “Syaikhul Islam”-nya Al-Hafidz Ibnu Hajar, Imam Adz-Dzahabi dan  Imam As-Suyuthi, meskipun Abu Salafy dan pengekornya merasa muak dengan gelar tersebut.

[3] Aqidah Tajsim adalah keyakinan sesat yang menyatakan bahwa Allah memiliki bentuk tubuh seperti makhluk. Ternyata Al-Hafidz Ibnu Hajar membela Ibnu Taimiyyah dari tuduhan aqidah tajsim, sebagaimana tuduhan yang sering digembar-gemborkan oleh Abu Salafy

[4] Hululiyyah adalah keyakinan sesat yang menyatakan bahwa Allah menyatu dengan hamba-Nya

[5] Al-Manthuuq dan Al-Mafhuum termasuk dalam pembahasan ilmu Ushul Fiqh, artinya kedalaman ilmu Ibnu Taimiyyah dalam ilmu ushul tidak diragukan lagi.

[6] Diantara tulisan Al-Hafidz As-Sakhawi rahimahullah yang masyhur dalam bidang ulumul hadits adalah kitab Fathul Mughits Syarh Alfiyyatil Hadits

[7] Yang aneh dan cenderung terlalu dipaksakan, Abu Salafy  menukilkan perkataan Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam kitab yang sama untuk melecehkan Ibnu Taimiyyah.

Abu Salafy berkata:

“Ibnu Hajar berkata dalam kitab ad Durar al Kâminah,1/153 dan seterusnya:

ومنهم من ينسبه إلى النفاق ، لقوله في علي ما تقدّم ـ أي قضيّة أنّه أخطأ في سبعة عشر شيئاً ـ

ولقوله : إنّه ـ أي علي ـ كان مخذولاً حيثما توجّه ، وأنّه حاول الخلافة مراراً فلم ينلها ، وإنّما قاتل للرئاسة لا للديانة ،

ولقوله : إنّه كان يحبّ الرئاسة ، ولقوله : أسلم أبوبكر شيخاً يدري ما يقول ، وعلي أسلم صبيّاً ، والصبي لا يصحّ إسلامه ، وبكلامه في قصّة خطبة بنت أبي جهل ، وأنّ عليّاً مات وما نسيها . فإنّه شنّع في ذلك ، فألزموه بالنفاق ، لقوله صلّى الله عليه وسلّم : ولا يبغضك إلاّ منافق.


“Di antara ada yang menggolongkannya sebagai orang munafik, sebab ucapannya tentang Ali seperti telah lewat (di antaranya yaitu bahwa Ali, ia salah dalam tujuh belas kasus, di mana Ali menentang nash al Qur’an, dan dikarenakan ucapannya bahwa Ali selalu terhina (tidak ditolong Allah) ke mana pun ia menuju. Dan beliau berulang kali berusaha merebut kekhalifahan namun ia tidak berhasil. Ali berperang hanya karena ingin berkuasa bukan demi agama!, dan dikarenakan ucapannya bahwa Ali gila kekuasaan, dan dikarenakan ucapannya bahwa Abu Bakar memeluk Islam di usia tua mengerti apa yang ia ucapkan semantara Ali memeluk Islam di usia kanak-kanak, dan anak kecil tidak sah islamnya,
dan dikarenakan ucapannya bahwa tentang kisah (niatan perkawinan Ali denga putrid Abu Jahl, dan sesungguhnya Ali tidak mampu melupakannya hingga ia mati, ia mengolok-oloknya dalam masalah itu.
Maka para ulama menvonisnya sebagai munafiq berdasarkan sabda Nabi saw. (kepada Ali), ‘Tidak membencimu melainkan orang munafiq.’”.

Mana celaan Al-Hafidz Ibnu Hajar kepada Ibnu Taimiyyah?? Tidak ada sepatah kata pun dari perkataan Ibnu Hajar yang secara tegas menunjukkan bahwa ia sedang mengkritik Ibnu Taimiyyah, apalagi mengkafirkan dan memvonis munafik !! 

Apakah mungkin di satu tempat dalam kitab Ad-Durarul Kaminah, Al-Hafidz Ibnu Hajar memberikan pujian yang sangat istimewa sementara di tempat yang lain dalam kitab yang sama, beliau mengkafirkan Ibnu Taimiyyah. Jadi, siapa sebenarnya yang plin-plan dalam menukil, Al-Hafidz Ibnu Hajar atau Abu Salafy Ar-Rafidhi??

[8] Kira-kira menurut Imam Adz-Dzahabi, oknum yang suka mengkafirkan dan melaknat Ibnu Taimiyyah termasuk orang-orang yang bertakwa bukan ya??

No comments:

Post a Comment