Betapa kotornya mulut tokoh kaum Syi’ah[1] ini dalam melecehkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah.
Diantara celaan mereka yang membabi buta adalah ucapan:
“Dan
tidaklah berlebihan ketika ulama Ahlusunnah menvonis Ibnu Taimiyah Syeikhul Islam-nya kaum Salafi Wahabi[2]
sebagai Dedengkot kaum munafik karena sikap kebencian dan kedengkiannya
serta mulut busuknya..
Para
pengekor tokoh Syi’ah ini pun tidak kalah dalam melecehkan Ibnu Taimiyyah rahimahullah,
“Kenapa
kamu merujuk Ibnu Hajar, sementara Ibnu Hajar sendiri telah menukil pendapat
ulama dan ia memenarkannya bahwa para ulama telah menganggap Ibnu Taimiyyah itu
sesat/munafik ..”
“Saya taqlid ke ibnu hajar
mengenai masalah Ibnu taymiyah. Ibnu Taymiyah adalah imamnya para Munafiq!
Laknat Allah buatnya..”
Hanya kepada Allah kita
mengadu...Jika celaan dan umpatan terhadap Ibnu Taimiyyah berasal dari diri
mereka pribadi, mungkin perkaranya lebih ringan. Namun, mereka membawa nama
besar Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah untuk memvonis Ibnu
Taimiyyah sebagai dedengkot kaum munafik yang bermulut busuk. Allahulmusta’aan.
Sejak kapan ulama Ahlussunnah
memberikan vonis “munafik” kepada Ibnu Taimiyyah??
Berikut penilaian yang sebenarnya
dari ulama besar Ahlussunnah, terutama dari kalangan Syafi’iyyah:
1.
Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani Asy-Syafi’i rahimahullah berkata:
وشهرة
إمامة الشيخ تقي الدين أشهر من الشمس ، وتلقيبه بـ " شيخ الإسلام " في
عصره باق إلى الآن على الألسنة الزكية ، ويستمر غداً كما كان بالأمس ، ولا ينكر
ذلك إلا من جهل مقداره ، أو تجنب الإنصاف
“Masyhurnya
keimaman Asy-Syaikh Taqiyyuddin lebih terang dari matahari (di siang bolong
–pen-). Para ulama yang mulia di zamannya telah memberikan gelar “Syaikhul
Islam” pada beliau hingga kini. Bahkan gelar “Syaikhul Islam” akan terus
melekat pada diri beliau hingga hari esok seperti hari kemarin. Tidak ada
yang mengingkari hal tersebut kecuali orang yang tidak tahu kedudukan beliau
atau orang yang jauh dari sikap adil (inshaf).
ولو
لم يكن من الدليل على إمامة هذا الرجل إلا ما نبَّه عليه الحافظ الشهير علم الدين
البرزالي في " تاريخه " : أنه لم يوجد في الإسلام من اجتمع في جنازته
لما مات ما اجتمع في جنازة الشيخ تقي الدين ، وأشار إلى أن جنازة الإمام أحمد كانت
حافلة جدّاً شهدها مئات ألوف
“Seandainya
tidak ada bukti tentang keimaman beliau kecuali apa yang disebutkan oleh
Al-Hafidz Asy-Syahiir Alimudiin Al-Barzali dalam kitab Tarikh beliau,
maka itu telah mencukupi. Al-Hafidz Al-Barzali bercerita: “Tidak pernah ada dalam
sejarah Islam, kerumunan manusia yang lebih besar di hari kematian seseorang
melebihi para pelayat yang menghadiri jenazah Asy-Syaikh Taqiyyuddin pada hari
wafatnya. Lalu Al-Barzali mengisyaratkan bahwa keadaan manusia yang berkumpul
menyaksikan jenazah beliau mirip seperti jenazah Imam Ahmad yang dihadiri oleh
ribuan para pelayat dan tidak terhitung jumlahnya”
فلم
يكن لذلك باعث إلا اعتقاد إمامته وبركته ، لا بجمع سلطان ، ولا غيره ، وقد صح عن
النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : (أنتم شهداء الله في الأرض ) - رواه البخاري
ومسلم -
“Tidak
ada yang mendorong para pelayat melakukan perbuatan tersebut melainkan karena
keyakinan mereka tentang keimaman dan barakah beliau. Buktinya, peristiwa
tersebut tidak terjadi ketika ada penguasa saat itu yang wafat, tidak pula
terjadi pada selain beliau. Telah shahih dalam hadits bahwa nabi shallallahu
‘alaihi wasallam bersabda: “Kalian adalah saksi-saksi Allah di muka bumi”.
Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim”
ولا
يحفظ عن أحد منهم أنه أفتى بزندقته ، ولا حكم بسفك دمه مع شدة المتعصبين عليه
حينئذ من أهل الدولة ، حتى حبس بالقاهرة ، ثم بالإسكندرية ، ومع ذلك فكلهم معترف
بسعة علمه ، وكثرة ورعه ، وزهده ، ووصفه بالسخاء ، والشجاعة ، وغير ذلك من قيامه
في نصر الإسلام ، والدعوة إلى الله تعالى في السر والعلانية
“Tidak
ternukil dari salah seorang ulama pun bahwa mereka memberikan fatwa tentang
kemunafikan Ibnu Taimiyyah. Tidak pula ada dari para ulama yang
menghalalkan darah beliau. Padahal di negeri beliau, banyak diantara mereka
yang terjangkit penyakit ta’ashub ketika itu, hingga beliau pernah dipenjarakan
di Kairo lalu dipindahkan ke Iskandariyah. Namun demikian, seluruh ulama (baik
yang sepaham maupun yang berseberangan –pen-) mengakui keluasan ilmu, sifat
wara’, zuhud, kedermawanan, keberanian, perjuangan beliau dalam membela Islam
dan dakwah beliau di jalan Allah baik secara sembunyi-sembunyi maupun
terang-terangan.
فإنه
شيخ في الإسلام بلا ريب
“Beliau
adalah Syaikhul Islam tanpa ada keraguan”
وهذه
تصانيفه طافحة بالرد على من يقول بالتجسيم ، والتبري منه ، ومع ذلك فهو بشر يخطئ
ويصيب ، فالذي أصاب فيه - وهو الأكثر - يستفاد منه ، ويترحم عليه بسببه ، والذي
أخطأ فيه لا يقلد فيه ، بل هو معذور ؛ لأن أئمة عصره شهدوا له بأن أدوات الاجتهاد
اجتمعت فيه
“Ini
adalah karya-karya tulis beliau yang dipenuhi bantahan terhadap kaum yang
meyakini aqidah tajsim[3].
Beliau telah berlepas diri dari mereka. Meskipun demikian, beliau adalah
manusia yang terkadang keliru dan terkadang benar. Kebenaran yang berasal dari
beliau –dan kebanyakan pendapat beliau mencocoki kebenaran- maka kita ambil dan
kita doakan beliau dengan rahmat. Ketika beliau keliru, maka tidak boleh
diikuti pendapatnya. Bahkan beliau mendapatkan udzur, karena para ulama di
zamannya telah bersaksi bahwa syarat-syarat untuk berijtihad telah terkumpul
dalam diri Ibnu Taimiyyah.”
ومن
أعجب العجب أن هذا الرجل كان أعظم الناس قياماً على أهل البدع من الروافض ،
والحلولية ، والاتحادية ، وتصانيفه في ذلك كثيرة شهيرة
“Diantara
hal yang paling mengagumkan dalam diri Ibnu Taimiyyah, beliau adalah orang yang
paling keras terhadap Ahlul-Bid’ah dari kalangan Rafidhah, Al-Hululiyyah[4]
dan Al-Ittihadiyah. Karya tulis beliau dalam permasalahan ini sangat banyak
dan masyhur.”
ولو
لم يكن للشيخ تقي الدين من المناقب إلا تلميذه الشهير الشيخ شمس الدين بن قيم
الجوزية صاحب التصانيف النافعة السائرة التي انتفع بها الموافق والمخالف : لكان
غاية في الدلالة على عظم منزلته ، فكيف وقد شهد له بالتقدم في العلوم ، والتميز في
المنطوق والمفهوم أئمة عصره من الشافعية وغيرهم ، فضلاً عن الحنابلة ، فالذي يطلق
عليه مع هذه الأشياء الكفر ، أو على من سمَّاه " شيخ الإسلام " : لا يلتفت
إليه ، ولا يعوَّل في هذا المقام عليه ، بل يجب ردعه عن ذلك إلى أن يراجع الحق ،
ويذعن للصواب ، والله يقول الحق ، وهو يهدي السبيل ، وحسبنا الله ، ونعم الوكيل
“Seandainya
Asy-Syaikh Taqiyyuddin tidak memiliki keutamaan lain selain murid beliau yang
masyhur Asy-Syaikh Syamsuddin Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, penulis kitab-kitab
yang bermanfaat. Tulisan-tulisan tersebut telah memberikan manfaat bagi para
ulama yang sepaham maupun yang berseberangan dengannya. Cukuplah ini sebagai
bukti akan tingginya kedudukan Ibnu Taimiyyah. Kedalaman ilmu beliau terkhusus
dalam bab Al-Manthuuq dan Al-Mafhuum[5]
telah diakui oleh para imam Syafi’iyyah dan Hanabilah di zamannya. Oleh karena
itu, kita tidak menoleh pada ocehan sebagian orang yang mengkafirkan beliau
atau mencela orang yang memberikan gelar “Syaikhul Islam” pada beliau. Tidak
sepantasnya mereka diberi kepercayaan dalam permasalahan ini. Bahkan wajib
baginya untuk menarik kembali perkataan kotor yang telah diucapkannya dan wajib
pula baginya untuk kembali pada kebenaran, lalu mengumumkan kekeliruannya demi
kebenaran. Allah lah yang selalu benar dalam perkataannya dan Dia lah yang
memberikan hidayah pada jalan yang lurus. Hasbunallah wani’mal wakiil.”
[Perkataan
di atas selesai ditulis oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah
pada hari Jum’at, 9 Rabi’ul Awwal 835 H dengan dinukil oleh murid senior beliau
Al-Hafidz As-Sakhawi[6]
rahimahullah dalam kitab Al-Jawahir wad-Durar, 2/734-736]
Jika
rekan-rekan Syi’ah ingin membaca pujian Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani yang
lebih menyakitkan hati para pendengki beliau, silahkan baca yang ini,
Al-Hafidz
Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah
juga berkata:
شيخنا
وسيدنا وإمامنا فيما بيننا وبين الله تعالى ، شيخ التحقيق ، السالك بمن اتبعه أحسن
طريق ، ذي الفضائل المتكاثرة ، والحجج القاهرة ، التي أقرت الأمم كافة أن هممها عن
حصرها قاصرة ، ومتعنا الله بعلومه الفاخرة ونفعنا به في الدنيا والآخرة ، وهو
الشيخ الإمام العالم الرباني والحبر البحر القطب النوراني ، إمام الأئمة ، بركة
الأمة ، علامة العلماء ، وارث الأنبياء ، آخر المجتهدين ، أوحد علماء الدين ، شيخ
الإسلام ، حجة الأعلام ، قدوة الأنام ، برهان المتعلمين ، قامع المبتدعين ، سيف
المناظرين ، بحر العلوم ، كنز المستفيدين ، ترجمان القرآن ، أعجوبة الزمان ، فريد
العصر والأوان ، تقي الدين ، إمام المسلمين ، حجة الله على العالمين ، اللاحق
بالصالحين ، والمشبه بالماضين ، مفتي الفرق ، ناصر الحق ، علامة الهدى ، عمدة
الحفاظ ، فارس المعاني والألفاظ ، ركن الشريعة ، ذو الفنون البديعة ، أبو العباس
ابن تيمية
“Beliau
adalah syaikh, sayyid dan imam kami yang menjadi (hujjah –pen-) antara kami dan
Allah ta’ala. Seorang syaikh muhaqqiq, orang-orang yang mengikuti beliau
berada di atas jalan yang terbaik. Beliau memiliki keutamaan yang sangat banyak
dan berhujjah dengan dalil-dalil yang sangat kuat. Umat Islam seluruhnya telah
bersepakat tentang keilmuan beliau yang sangat luas dan tidak bertepi. Allah telah
melimpahkan karunia-Nya pada kami melalui ilmu beliau yang luas lagi bermanfaat
di dunia dan akhirat.
Beliau
adalah Asy-Syaikh Al-Imam Al-Alim Ar-Rabbani Al-Habr Al-Bahr Al-Quthb An-Nuuraani,
imam para ulama dan sumber kebaikan bagi umat ini. Beliau adalah ulama yang
sangat dalam ilmunya, pewaris para nabi, akhir para mujtahid, termasuk ulama
yang langka, Syaikhul Islam, hujjah bagi para ulama, suri teladan bagi
manusia, petunjuk bagi penuntut ilmu, pedang yang terhunus bagi mubtadi’ah
dan para pendebat, lautan ilmu, perbendaharaan ilmu bagi para mustafiidiin,
penafsir Al-Qur’an, keajaiban zaman, tidak ada yang semisal di zamannya,
Taqiyyuddin, imam kaum muslimin, pembela kebenaran, pemberi petunjuk, pemimpin
para huffadz, menguasai makna dan lafadz-lafadz (dalam syariat –pen-), rukun
syariat, menguasai cabang-cabang ilmu secara mendalam, Abu Al-Abbas Ibnu
Taimiyyah.” [Ad-Durar Al-Kaminah[7]
hal. 186-187]
2.
Al-Imam Adz-Dzahabi rahimahullah
berkata:
هو
شيخنا ، وشيخ الإسلام ، وفريد العصر ، علماً ، ومعرفة ، وشجاعة ، وذكاء ، وتنويراً
إلهيّاً ً، وكرماً ، ونصحاً للأمَّة ، وأمراً بالمعروف ، ونهياً عن المنكر ، سمع
الحديث ، وأكثر بنفسه من طلبه وكتابته ، وخرج ، ونظر في الرجال ، والطبقات ،
وحصَّل ما لم يحصله غيره .
برَع في تفسير القرآن ،
وغاص في دقيق معانيه
“Beliau
adalah syaikh kami, Syaikhul Islam, termasuk ulama yang langka di
zamannya dalam ilmu, ma’rifah, keberanian, kecerdasan, cahaya ilahi,
kemuliaan, semangat beliau dalam memberikan nasehat pada umat dan dalam hal
amar ma’ruf nahi munkar. Beliau lebih banyak mendengar daripada mencari dan
menulis hadits, meneliti para perawi hadits dan thabaqat-nya. Beliau
mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan oleh orang-orang selain beliau. Beliau
juga menguasai ilmu Tafsir Al-Qur’an dan mendalami makna-makna yang terkandung
di dalamnya secara detail.”
وبرع
في الحديث ، وحفِظه ، فقلَّ من يحفظ ما يحفظه من الحديث ، معزوّاً إلى أصوله
وصحابته ، مع شدة استحضاره له وقت إقامة الدليل ، وفاق الناس في معرفة الفقه ،
واختلاف المذاهب ، وفتاوى الصحابة والتابعين ، بحيث إنه إذا أفتى لم يلتزم بمذهب ،
بل يقوم بما دليله عنده ، وأتقن العربيَّة أصولاً وفروعاً ، وتعليلاً واختلافاً ،
ونظر في العقليات ، وعرف أقوال المتكلمين ، وَرَدَّ عليهم ، وَنبَّه على خطئهم ،
وحذَّر منهم ، ونصر السنَّة بأوضح حجج وأبهر براهين ، وأُوذي في ذات اللّه من
المخالفين ، وأُخيف في نصر السنَّة المحضة ، حتى أعلى الله مناره ، وجمع قلوب أهل
التقوى على محبته والدعاء له ، وَكَبَتَ أعداءه ، وهدى به رجالاً من أهل الملل
والنحل…
“Beliau
juga menguasai bidang hadits dan menghafalnya. Sedikit orang-orang yang bisa
menghafal seperti hafalan hadits beliau yaitu dengan menyandarkannya langsung
dalam kitab ushul serta para sahabat yang meriwayatkan. Beliau dapat
menyampaikan apa yang beliau hafal kapan pun beliau mau, terutama ketika beliau
sedang mengemukakan dalil. Beliau mengalahkan para ulama yang lain dalam
pengetahuannya tentang fiqih, perbedaan
madzhab, fatwa-fatwa para sahabat dan tabi’in. Ketika berfatwa, beliau tidak
terikat dengan salah satu madzhab, namun cenderung mengikuti dalil yang
dipandang lebih kuat. Beliau juga menguasai bahasa Arab baik dalam ushul
maupun furu’-nya, ta’lil dan ikhtilaf.
Beliau
meneliti dalil-dalil aqliyyah, mengetahui perkataan para ahlul-kalam, membantah
dan memperingatkan kekeliruan mereka. Beliau membela sunah dengan hujjah sangat
jelas dan bukti-bukti yang kuat. Beliau sering disakiti dan diancam di jalan
Allah oleh musuh-musuh dakwahnya disebabkan pembelaan beliau terhadap sunah
yang murni. Oleh sebab itu, Allah meninggikan kedudukan beliau dan
mengumpulkan hati orang-orang yang bertakwa untuk senantiasa mencintai dan
mendoakan kebaikan bagi beliau[8],
hingga jatuhlah musuh-musuh dakwah beliau. Bahkan sebagian pemeluk agama lain
dan pengikut kelompok sesat mendapatkan hidayah melalui beliau.” [Dzail
Thabaqaat Al-Hanabilah, 4/390]
3.
Imam As-Suyuthi Asy-Syafi’i rahimahullah
berkata:
ابن
تيمية ، الشيخ ، الإمام ، العلامة ، الحافظ ، الناقد ، الفقيه ، المجتهد ، المفسر
البارع ، شيخ الإسلام ، علَم الزهاد ، نادرة العصر ، تقي الدين أبو العباس أحمد
المفتي شهاب الدين عبد الحليم بن الإمام المجتهد شيخ الإسلام مجد الدين عبد السلام
بن عبد الله بن أبي القاسم الحراني
“Ibnu
Taimiyyah, Asy-Syaikh Al-Imam Al-Allamah Al-Hafidz An-Naqidh Al-Faqih
Al-Mujtahid Al-Mufassir Al-Bari’, Syaikhul Islam, seorang alim yang
zuhud, termasuk ulama yang langka di zamannya, Taqiyyuddin Abu Al-Abbas Ahmad
Al-Mufti Syihabuddin Abdul Halim bin Al-Imam Al-Mujtahid Syaikhul Islam
Majduddin Abdussalam bin Abdillah bin Abi Al-Qashim Al-Harrani.”
أحد
الأعلام ، ولد في ربيع الأول سنة إحدى وستين وستمائة ، وسمع ابن أبي اليسر ، وابن
عبد الدائم ، وعدّة . وعني بالحديث ، وخرَّج ، وانتقى ، وبرع في الرجال ،
وعلل الحديث ، وفقهه ، وفي علوم الإسلام ، وعلم الكلام ، وغير ذلك .وكان
من بحور العلم ، ومن الأذكياء المعدودين ، والزهاد ، والأفراد ، ألَّف ثلاثمائة
مجلدة ، وامتحن وأوذي مراراً .مات في العشرين من ذي القعدة سنة ثمان وعشرين وسبعمائة .
“Salah
seorang ulama terkemuka yang dilahirkan pada bulan Rabi’ul Awwal tahun 661 H.
Beliau mendengar (hadits –pen-) dari Ibnu Abill Yusr, Ibnu Abdi Ad-Daim dan
para ulama yang lain. Beliau memberikan perhatian khusus dalam bidang hadits,
meriwayatkan dan menyeleksinya. Beliau juga menghafal para perawi hadits, illat-illat-nya,
kandungan fiqhnya, menguasai cabang-cabang ilmu Islam dan ilmu kalam. Beliau
termasuk lautan ilmu, sangat cerdik, zuhud dan termasuk ulama yang langka. Beliau
telah menulis 300 jilid kitab. Selain itu, beliau berkali-kali disakiti, diuji
(dengan berbagai musibah yang menimpa –pen-) dan akhirnya beliau wafat pada
tanggal 20 Dzulqa’dah 728 H.” [Thabaqaat Al-Huffadz hal. 516-517]
Selain
mengkafirkan dan memvonis “munafik” Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyan, tokoh Syi’ah
ini tidak berhenti berdusta. Ia juga menuduh Ibnu Taimiyyah membeci Nabi dan
Ali bin Abi Thalib. Perhatikan ucapannya,
“Tetapi yang mengenal siapa
sebenarnya Ibnu Taimiyah dan bagaiamana kebusukan jiwanya terhadap Nabi dan
keluarga beliau, khususnya Sayyidina Ali bin Abi Thalib tidak akan heran
terhadapnya!”
Seorang muslim yang memiliki akal
dan pikiran jernih lagi jauh dari sikap ta’ashub, tentu tidak akan
membenarkan ucapan tersebut walau sepatah kata pun.
Siapakah sebenarnya yang sangat
membenci nabi dan keluarga beliau, terkhusus istri-istri nabi yang mulia.
Bukankah Sy’iah??
Kenapa mereka malah berbalik
menuduh Syaikhul Islam dengan tuduhan tersebut. Benar-benar tuduhan membabi
buta yang tidak masuk akal. Sangat mudah menampilkan perkataan Syaikhul Islam
Ibnu Taimiyyah yang berisi kecintaan dan penghormatan beliau kepada Nabi,
keluarganya dan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu secara khusus.
Namun, penulis tidak ingin memperpanjang pembahasan ini.
Artikel yang terkait:
Mudah-mudahan sedikit memberikan
pencerahan pada para pembaca sekalian…wabillahittaufiiq
Ditulis oleh Abul-Harits di
Madinah, 15 Jumadil Ula 1434 H.
[1] Tokoh
Syi’ah penyesat umat tersebut menamakan dirinya Abu Salafy.
Berikut beberapa bukti dan indikasi kuat bahwa ia
beraqidah Syi’ah:
- Abu Salafy membela seorang ulama Syi’ah dalam
perkataannya:
“Tetapi yang mengenal siapa
sebenarnya Ibnu Taimiyah dan bagaiamana kebusukan jiwanya terhadap Nabi dan
keluarga beliau, khususnya Sayyidina Ali bin Abi Thalib tidak akan heran
terhadapnya!
Sekali lagi kedengkian itu ia
munculkan dalam bantahannya kepada seorang alim Syi’ah bernama al Hilli
yang mengatakan bahwa perjuangan Ali sangat besar jasanya atas Islam.”
- Abu Salafy mencela habis-habisan
kitab Minhajus Sunah karya Ibnu Taimiyyah, padahal kitab tersebut
ditulis untuk membantah kesesatan kaum Syi’ah. Berikut nukilan ucapannya,
“Karena itu, kita
harus tegas mengatakan bahwa kitab Minhâj as Sunnah tidak mewakili
jawaban Ahlusunnah atas Syi’ah. Ia hanya mewakili Ibnu Taimiyah dan
kaum Nashibi lainnya!”
- Tidak hanya sampai di situ. Ia pun lancang mencela
para sahabat yang lari dalam perang Uhud. Padahal Allah telah mengampuni para
sahabat dan menerima taubat mereka. Masih saja ia mengungkit-ungkit kesalahan
para sahabat. Diantara tuduhannya yang paling keji dan sekaligus menunjukkan
jati dirinya bahwa ia adalah seorang Syi’ah adalah ucapannya,
“Apakah Anda akan menuduh Allah SWT sebagai Syi’ah
Rafidhah karena menyebutkan larinya para sahabat di parang Uhud itu?!”
Ahlussunnah manakah yang rela jika harga diri para
sahabat nabi diinjak-injak?? Sadarlah wahai kaum muslimin janganlah kita
tertipu oleh nukilan-nukilannya yang penuh kedustaan.
Lalu kedustaan berikutnya lebih parah dari
sebelumnya. Adakah seorang muslim yang
rela jika Allah Yang Maha Agung diserupakan dengan Syi’ah Rafidhah??? Allahulmusta’aan
[Sumber:
http://abusalafy.wordpress.com/2013/01/14/ibnu-taimiyah-syaikhyul-islam-atau-syaikhun-nifaq-7/]
[2] Bahkan
Ibnu Taimiyyah adalah “Syaikhul Islam”-nya Al-Hafidz Ibnu Hajar, Imam
Adz-Dzahabi dan Imam As-Suyuthi, meskipun Abu Salafy dan pengekornya merasa
muak dengan gelar tersebut.
[3] Aqidah Tajsim adalah keyakinan sesat yang menyatakan bahwa Allah memiliki
bentuk tubuh seperti makhluk. Ternyata Al-Hafidz Ibnu Hajar membela Ibnu Taimiyyah dari tuduhan aqidah tajsim, sebagaimana tuduhan yang sering digembar-gemborkan oleh Abu Salafy
[4] Hululiyyah adalah keyakinan sesat yang menyatakan bahwa
Allah menyatu dengan hamba-Nya
[5] Al-Manthuuq dan Al-Mafhuum termasuk dalam pembahasan ilmu Ushul Fiqh, artinya kedalaman ilmu Ibnu
Taimiyyah dalam ilmu ushul tidak diragukan lagi.
[6] Diantara tulisan Al-Hafidz As-Sakhawi rahimahullah
yang masyhur dalam bidang ulumul hadits adalah kitab Fathul Mughits Syarh
Alfiyyatil Hadits
[7] Yang aneh dan cenderung terlalu
dipaksakan, Abu Salafy menukilkan
perkataan Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam kitab yang sama untuk melecehkan Ibnu
Taimiyyah.
Abu Salafy
berkata:
“Ibnu Hajar berkata dalam kitab ad Durar al Kâminah,1/153 dan
seterusnya:
ومنهم من ينسبه إلى النفاق ، لقوله في علي ما تقدّم ـ
أي قضيّة أنّه أخطأ في سبعة عشر شيئاً ـ
ولقوله : إنّه ـ أي علي ـ كان مخذولاً حيثما توجّه ،
وأنّه حاول الخلافة مراراً فلم ينلها ، وإنّما قاتل للرئاسة لا للديانة ،
ولقوله : إنّه كان يحبّ الرئاسة ، ولقوله : أسلم أبوبكر شيخاً يدري ما يقول ، وعلي أسلم صبيّاً ، والصبي
لا يصحّ إسلامه ، وبكلامه في قصّة خطبة بنت أبي جهل ، وأنّ عليّاً مات وما نسيها . فإنّه شنّع في
ذلك ، فألزموه بالنفاق ، لقوله صلّى الله عليه وسلّم : ولا يبغضك إلاّ منافق.
“Di antara ada yang menggolongkannya sebagai orang munafik, sebab ucapannya tentang Ali
seperti telah lewat (di antaranya yaitu bahwa
Ali, ia salah dalam tujuh belas kasus, di mana Ali menentang nash al Qur’an, dan
dikarenakan ucapannya bahwa Ali selalu terhina (tidak ditolong Allah) ke mana
pun ia menuju. Dan beliau berulang kali berusaha merebut kekhalifahan namun
ia tidak berhasil. Ali
berperang hanya karena ingin berkuasa bukan demi agama!, dan
dikarenakan ucapannya bahwa Ali gila
kekuasaan, dan dikarenakan ucapannya bahwa Abu Bakar memeluk Islam
di usia tua mengerti apa yang ia ucapkan semantara Ali memeluk Islam di usia
kanak-kanak, dan anak kecil tidak sah islamnya,
dan dikarenakan ucapannya bahwa
tentang kisah (niatan perkawinan Ali denga putrid Abu Jahl, dan sesungguhnya
Ali tidak mampu melupakannya hingga ia mati, ia
mengolok-oloknya dalam masalah itu.
Maka para ulama menvonisnya sebagai
munafiq berdasarkan sabda Nabi saw. (kepada Ali),
‘Tidak membencimu melainkan orang munafiq.’”.
Mana celaan Al-Hafidz Ibnu Hajar
kepada Ibnu Taimiyyah?? Tidak ada sepatah kata pun dari perkataan Ibnu Hajar
yang secara tegas menunjukkan bahwa ia sedang mengkritik Ibnu Taimiyyah,
apalagi mengkafirkan dan memvonis munafik !!
Apakah mungkin di satu tempat
dalam kitab Ad-Durarul Kaminah, Al-Hafidz Ibnu Hajar memberikan pujian
yang sangat istimewa sementara di tempat yang lain dalam kitab yang sama, beliau mengkafirkan Ibnu
Taimiyyah. Jadi, siapa sebenarnya yang plin-plan dalam menukil, Al-Hafidz
Ibnu Hajar atau Abu Salafy Ar-Rafidhi??
[8] Kira-kira menurut Imam Adz-Dzahabi,
oknum yang suka mengkafirkan dan melaknat Ibnu Taimiyyah termasuk orang-orang
yang bertakwa bukan ya??
No comments:
Post a Comment