(Bukti Kesesatan Agama Syi’ah dari Sumber Rujukan Mereka) oleh Ustadz Dzulqarnain hafidzahullah
Termasuk kewajiban yang paling wajib adalah menjaga agama dan
keyakinan kaum muslimin terhadap penyimpangan dan kerusakan, serta
menerangkan jalan kerusakan agar kaum muslimin tidak terjatuh ke dalam
kerusakan tersebut. Hudzaifah Ibnul Yaman radhiyallahu ‘anhuma berkata,
كَانَ النَّاسُ يَسْأَلُونَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الخَيْرِ، وَكُنْتُ أَسْأَلُهُ عَنِ
الشَّرِّ مَخَافَةَ أَنْ يُدْرِكَنِي
“Manusia bertanya kepada Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam
tentang kebaikan, sedangkan saya bertanya kepada beliau tentang
kejelekan (karena) khawatir bila kejelekan itu akan menimpaku ….”
[Diriwayatkan oleh Al-Bukhâry dan Muslim]
Di antara ancaman yang sangat besar terhadap aqidah kaum muslimin
adalah agama kaum Syi’ah Rafidhah, suatu agama yang merusak dan
meruntuhkan nilai-nilai keyakinan umat Islam. Ironisnya, agama Syi’ah
ini didukung oleh beberapa negara dan dipersiapkan guna menyebar racun
mereka di seluruh negeri kaum muslimin.
Bila merasa kuat pada suatu negeri, Kaum Syi’ah akan berbuat
kezhaliman dan kesewenang-wenangan, seperti ulah mereka di Iran, Suriah,
Bahrain, dan selainnya. Bila merasa lemah, mereka akan tampil dengan
“pakaian” pendekatan dan persahabatan, atau sengaja memancing kemarahan
kaum muslimin dengan mencela agama kaum muslimin sehingga sebagian kaum
muslimin lepas kontrol. Bila kejadian yang mereka inginkan telah
terjadi, mereka pun berdiri di belakang media massa agar ditampilkan
sebagai orang-orang yang “dizhalimi” supaya mendapat belas kasih dan
kesempatan untuk bercerita tentang keyakinan mereka.
Berikut beberapa pembahasan ringkas tentang kesesatan dan
penyimpangan agama Syi’ah. Kami menerangkan kesesatan agama mereka dari
“mulut” mereka sendiri yang menumpahkan keyakinan mereka dalam buku-buku
mereka sendiri.
Definisi Syi’ah
Syaikh kelompok Syi’ah, Muhammad bin Muhammd bin An-Nu’man, yang bergelar Al-Mufîd, berkata, “Syi’ah adalah para pengikut amirul mukminin Ali shalawatullâhi ‘alaihi di atas jalan loyalitas, meyakini keimaman (Ali) setelah Rasul shalawatullâhi ‘alaihi wa âlihi
tanpa terputus, menafikan keimaman siapa saja yang telah mendahului
(Ali) dalam khilafah, serta menjadikan (Ali) sebagai yang diikuti dalam
keyakinan, bukan mengikut kepada salah seorang di antara mereka di atas
jalan kesetiaan.” [Awâ`ilul Maqâlât hal. 38]
Syaikh mereka yang lain, Sa’d bin ‘Abdillah Al-Qummy, mendefinisikan,
“Syi’ah adalah golongan Ali bin Abi Thalib yang dinamakan Syi’ah Ali
pada masa Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam dan masa setelahnya. Mereka dikenal dengan loyalitas kepada Ali dan menyatakan keimaman (Ali).” [Al-Maqâlât Wal Firâq hal. 15]
Dalam agama Syi’ah, banyak kelompok dan aliran. Hanya, pada masa ini, penggunaan kata syi’ah
tertuju kepada penganut terbanyak agama Syi’ah: Syi’ah Itsnâ
Asyariyyah. Demikian keterangan salah seorang rujukan mereka, Husain
An-Nury Ath-Thabarsy, dalam kitabnya, Mustadrak Al-Wasâ`il 3/311.
Siapakah 12 Imam Kaum Syi’ah?
Mereka disebut Syi’ah Itsnâ Asyariyyah karena meyakini keimaman 12 imam Ahlul Bait. 12 imam tersebut adalah [1] Abul Hasan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu (Lahir 23 tahun sebelum hijrah dan mati syahid pada 40 H), digelari Al-Murtadhâ; dan dua putra beliau, [2] Abu Muhammad Al-Hasan bin Ali radhiyallahu ‘anhuma (2 H-50 H), digelari Al-Mujtabâ/Az-Zaky; [3] Abu Abdillah Al-Husain bin Ali radhiyallahu ‘anhuma (3 H-61 H), digelar Asy-Syahid. Delapan Imam lain adalah dari keturunan Al-Husain radhiyallahu ‘anhu secara berurut. Kunyah, nama, dan gelar mereka terhitung dari bawah, yaitu [11] Abu Muhammad Al-Hasan Al-‘Askar (232 H-260 H) bin [10] Abul Hasan Ali Al-Hâdy (212 H-254 H) bin [9] Abu Ja’far Muhammad Al-Jawwâd (195 H-220 H) bin [8] Abul Hasan Ali Ar-Ridhâ (148 H-203 H) bin [7] Abu Ibrahim Musa Al-Kâzhim (128 H-183 H) bin [6] Abu Abdillah Ja’far Ash-Shâdiq (83 H-148 H) bin [5] Abu Ja’far Muhammad Al-Bâqir (57 H-114 H) bin [4]
Abu Muhammad Ali As-Sajjâd/Zainul ‘Âbidîn (38 H-95 H) bin Al-Husain bin
Ali bin Abi Thâlib -semoga Allah meridhai dan merahmati mereka
seluruhnya-. Adapun imam ke-12, mereka sebut berkunyah Abul Qâsim
bernama Muhammad serta bergelar Al-Mahdi, Al-Qâ`im, Al-Hujjah, dan Al-Muntazhar. Akan datang penjelasan tentang Imam Mahdi kaum Syi’ah.
Asal Muasal Agama Syi’ah
Pendiri agama Syi’ah adalah Abdullah bin Saba`, seorang Yahudi yang
pura-pura memeluk Islam. Dialah yang memunculkan aqidah keimaman Ali radhiyallahu ‘anhu,
yang merupakan pokok keyakinan kaum Syi’ah. Hal ini diakui oleh
orang-orang Syi’ah dalam belasan buku rujukan mereka. [Bacalah kitab Ibnu Saba’ Haqiqah La Khayâl karya Dr. Su’dâ Al-Hâsyimy]
Seorang tokoh mereka, Al-Hasan An-Nûbakhty, menjelaskan, “As-Saba`iyyah adalah mereka yang berkata tentang keimaman Ali ‘alaihis salam, sedang keimaman adalah kewajiban dari Allah Azza wa Jalla.
Mereka adalah pengikut Abdullah bin Saba`. (Abdullah bin Saba`)
tergolong orang yang menampakkan celaan terhadap Abu Bakr, Umar, Utsman,
dan para shahabat, serta berlepas diri dari (para shahabat) tersebut ….
Sejumlah ulama menghikayatkan bahwa, dahulu, Abdullah bin Saba` adalah
seorang Yahudi, lalu memeluk Islam dan berloyalitas kepada Ali ‘alaihis salam.” [Firâq Asy-Syî’ah hal. 32]
Pokok-Pokok Kesesatan Agama Syi’ah
Berbicara tentang kesesatan agama Syi’ah adalah suatu hal yang sangat
panjang. Berikut beberapa simpulan ringkas tentang agama Syi’ah dari
buku-buku mereka sendiri.
1. Keyakinan Kaum Syi’ah tentang Keimaman Para Imam Ahlul Bait
Keyakinan kaum Syi’ah tentang keimaman 12 imam Ahlul Bait mengandung
kekafiran yang sangat nyata. Di antara keyakinan tersebut adalah bahwa
keimaman Ahlul Bait lebih tinggi daripada derajat kenabian.
Salah seorang tokoh mereka, Muhammad Ridha Al-Muzhaffar, berkata,
“Kami meyakini bahwa keimaman adalah seperti kenabian, yang tidaklah
terjadi, kecuali berdasarkan nash dari Allah Ta’âlâ melalui
lisan Rasul-Nya atau melalui lisan Imam yang telah ditetapkan secara
nash apabila dia ingin menetapkan imam setelahnya. Hukum keimaman dalam
hal tersebut adalah hukum kenabian tanpa perbedaan.” [‘Aqâ`id Al-Imâmiyah hal. 103]
Imam Kaum Syi’ah, Zainuddin Al-Bayâdhy, berkata, “Kebanyakan guru
kami lebih mengutamakan (Ali) di atas Ulul ‘Azmi karena keumuman
kepemimpinan (Ali), dan seluruh penduduk dunia mengambil manfaat pada
kekhalifahan (Ali).” [Ash-Shirâthul Mustaqîm ‘Alâ Mustahiqqî At-Taqdîm 1/210]
Syaikh Kaum Syi’ah, Nikmatullah Al-Jazâ`iry, berkata, “Keimaman umum
adalah lebih tinggi daripada derajat kenabian dan kerasulan.” [Zahrur Rabî’ hal. 12]
Bahkan, kaum Syi’ah menganggap bahwa keutamaan para nabi bersumber dari kecintaan para nabi kepada para imam Ahlul Bait.
Tokoh mereka, Muhammad Bâqir Al-Majlisy, dalam kitabnya, Bihârul Anwâril Jâmi’ah Li Akhbâril A`immatil Ath-hâr 26/267, menyebut bab khusus dengan judul bab “Keutamaan (Para Imam Ahlul Bait) ‘alaihimus salam
terhadap Para Nabi dan Seluruh Makhluk; Pengambilan Janji terhadap Para
Nabi, Para Malaikat, dan Seluruh Makhluk Tentang Mereka; serta Bahwa
Ulul ‘Azmi Ada sebagai Ulul ‘Azmi karena Kecintaan kepada (Para Imam
Ahlul Bait) Shalawatullâhi ‘Alaihim.”
Siapa saja yang mengingkari keimaman Ahlul Bait adalah kafir di kalangan penganut agama Syi’ah.
Sumber riwayat mereka, Muhammad bin Ya’qub Al-Kulîny, meriwayatkan
dari Abu Abdillah Ja’far Ash-Shâdiq -semoga Allah merahmatinya-, bahwa
Ja’far berkata, “(Ada) tiga orang yang Allah tidak melihat kepada mereka
pada hari Kiamat, tidak menyucikan mereka, dan siksaan pedih untuk
mereka: (1) Orang yang mengakui suatu keimaman dari Allah yang bukan
miliknya, (2) orang yang mengingkari seorang imam dari Allah, dan (3)
Orang yang menyangka bahwa kedua (jenis orang) tersebut memiliki bagian
dalam keislaman.” [Ushûlul Kâfy 1/434, tahqiq Muhammad Ja’far Syamsuddin, cet. Dârut Ta’âruf, Beirut, Lebanon, 1990 M/1411 H]
Dalam Amaly Ash-Shadûq, disebutkan riwayat dari Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa âlihi
bahwa, “Siapa saja yang mengingkari keimaman Ali setelahku, dia telah
mengingkari kenabian pada kehidupanku, sedang siapa saja yang
mengingkari kenabianku, dia telah mengingkari rubûbiyah Rabb-nya ‘Azza wa Jalla.” [Al-Amaly hal. 308, Bihârul Anwâr 34/109]
Bahkan, mereka menganggap bahwa para nabi menegakkan seluruh risalah
kenabian, dan risalah itu akan disempurnakan oleh imam kaum Syi’ah yang
muncul pada akhir zaman.
Tokoh mereka pada masa ini, Al-Khumainy, berkata, “Setiap nabi dari
para nabi hanyalah datang untuk menegakkan keadilan, dan tujuannya
adalah untuk menerapkan (keadilan) di alam, tetapi beliau tidaklah
berhasil. Hingga, penutup para nabi, yang datang untuk memperbaiki dan
mengatur manusia serta menerapkan keadilan, sesungguhnya juga tidak
mendapat taufiq. Sesungguhnya, yang akan berhasil dengan segala makna
kalimat (keberhasilan) dan menerapkan keadilan di seluruh penjuru dunia
adalah Al-Mahdi yang ditunggu.” [Mukhtârât min Ahâdîts wa Khithâbât Al-Khumainy 2/42]
Tidak seorang muslim pun yang meragukan kekafiran ucapan di atas, yang bertentangan dengan ayat-ayat Allah Ta’âlâ dan keyakinan yang dimaklumi dan disepakati oleh seluruh kaum muslimin. Allah Subhânahû wa Ta’âla telah berfirman,
يُرِيدُونَ أَنْ يُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ
بِأَفْوَاهِهِمْ وَيَأْبَى اللَّهُ إِلَّا أَنْ يُتِمَّ نُورَهُ وَلَوْ
كَرِهَ الْكَافِرُونَ. هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ
“Mereka hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut
(ucapan- ucapan) mereka, tetapi Allah tidaklah menghendaki, kecuali
menyempurnakan cahaya-Nya, meski orang-orang kafir tidak menyukai.
Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk
(Al-Qur`an) dan agama yang benar untuk Dia menangkan (agama) itu atas
segala agama, walau orang-orang musyrik tidak menyukai.” [At-Taubah: 32-33]
2. Keyakinan Kaum Syi’ah tentang Kedudukan Para Imam Ahlul Bait
Kaum Syi’ah meyakini bahwa para imam mereka mengetahui perkara ghaib.
Dalam Ushûlul Kâfy karya ahli hadits mereka, Al-Kulîny,
terdapat sejumlah riwayat dari para imam Ahlul Bait -semoga Allah
merahmati mereka- tentang pengetahuan para imam akan ilmu ghaib.
Riwayat-riwayat tersebut terangkai dalam sejumlah bab pembahasan, di
antaranya adalah bab “Para Imam ‘alaihimus salam Mengetahui Hal yang Telah Terjadi dan Hal yang Akan Terjadi, serta Tiada Suatu Apapun yang Tersembunyi terhadap Mereka” [Ushûlul Kâfy 1/316], bab “Para Imam Mengetahui Waktu Meninggal Mereka, dan Mereka Tidak Meninggal, kecuali dengan Pilihan Mereka” [Ushûlul Kâfy 1/313], dan bab “Para Imam ‘alaihimus salam Mengetahui Seluruh Ilmu yang Keluar kepada Malaikat, Para Nabi, dan Para Rasul ‘alaihimus salam” [Ushûlul Kâfy 1/310].
Mereka juga meyakini bahwa ucapan para imam mereka adalah firman Allah.
Dalam Ushûlul Kâfy, disebutkan riwayat dari Abu Abdillah
Ja’far Ash-Shâdiq bahwa beliau berkata, “Ucapanku adalah ucapan ayahku.
Ucapan ayahku adalah ucapan kakekku. Ucapan kakekku adalah ucapan
Al-Husain. Ucapan Al-Husain adalah ucapan Al-Hasan. Ucapan Al-Hasan
adalah ucapan (Ali) Amirul Mukminin (A). Ucapan Amirul Mukminin adalah
hadits Rasulullah (shâ). Hadits Rasulullah adalah firman Allah ‘Azza wa Jalla.” [Ushûlul Kâfy 1/105]
Dalam syarah kitab Ushûlul Kâfy, Muhammad Shalih Al-Mâzandarâny berkata, “Sesungguhnya hadits dari setiap imam yang tampak adalah firman Allah ‘Azza wa Jalla. Tiada perbedaan dalam ucapan-ucapan para imam sebagaimana tiada perbedaan dalam firman Allah Ta’âlâ.” [Syarh Jâmi’ ‘Alâ Ushûlil Kâfy 2/272]
Sikap ekstrem dan berlebihan di atas adalah kekafiran yang sangat
jelas pada kelompok Syi’ah. Siapa saja yang menganggap bahwa ada yang
mengetahui hal ghaib dari makhluk adalah kafir menurut Al-Qur`an,
Sunnah, dan kesepakatan kaum muslimin.
3. Aqidah Raj’ah Kaum Syi’ah
Al-Ahsâ`iy dalam kalangan Syi’ah memberi definisi, “Ketahuilah bahwa raj’ah adalah rahasia dari rahasia Allah. Berpendapat dengan (raj’ah) adalah buah keimanan kepada hal ghaib. Maksud (raj’ah) adalah kembalinya para imam ‘alaihimus salam dan syi’ah-nya
serta musuh-musuh mereka dari yang keimanannya telah dimurnikan atau
kekafirannya dari dua golongan, dan bukan tergolong orang-orang yang
telah Allah binasakan di dunia dengan suatu siksaan. Apabila telah
dibinasakan dengan suatu siksaan, mereka tidak akan kembali.” [Kitâbur Raj’ah hal. 11]
Al-Majlisy menerangkan aqidah mereka, “Sungguh jiwa-jiwa yang telah
pergi akan kembali dan akan melaksanakan qishash pada hari kebangkitan
mereka. Siapa saja yang disiksa akan mengambil qishash dengan menyiksa
(orang yang menyiksa)nya. Siapa saja yang dibuat marah akan melampiaskan
kemarahannya. Siapa saja yang dibunuh akan mengambil qishash dengan
membunuh (orang yang membunuh)nya, sedang musuh-musuh mereka akan
dikembalikan bersama mereka sehingga mereka melampiaskan kemarahannya.
Lalu, mereka dihidupkan selama tiga puluh bulan setelah (musuh) itu
(dimatikan), kemudian meninggal dalam satu malam dalam keadaan telah
melampiaskan kemarahan mereka dan memuaskan diri-diri mereka, sedangkan
musuh-musuh mereka telah menuju siksaan neraka yang paling pedih.
Selanjutnya, mereka berdiri di depan (Allah) Al-Jabbâr ‘Azza wa Jalla lalu (Allah) memberikan hak-hak mereka untuk mereka.” [Bihârul Anwâr 53/44]
Menurut Syi’ah, musuh pertama yang akan dibangkitkan adalah Abu Bakr, Umar, dan Utsman. [Bihârul Anwâr 98/293]
Mereka juga menyebutkan riwayat dari Abu Abdillah Ja’far bin Muhammad
Ash-Shâdiq -semoga Allah merahmatinya- dalam menafsirkan firman Allah, “Oleh karena itu, beri tangguhlah orang-orang kafir itu, yaitu beri tangguhlah mereka sekadar sebentar.” [Ath-Thâriq: 17],
bahwa Ja’far berkata, “Beri tangguhlah orang-orang kafir itu, wahai
Muhammad, yaitu beri tangguhlah mereka itu sekadar sebentar untuk waktu
kebangkitan Al-Qâ`im (Mahdi) ‘alaihis salam sehingga (Al-Qâ`im)
membalas dendam untukku terhadap orang-orang yang bersombong serta para
thaghut dari Quraisy, Bani Umayyah, dan seluruh manusia.” [Tafsîr Al-Qummi 2/416]
Aqidah kaum Syi’ah di atas adalah kekafiran nyata yang para ulama sepakati. Allah ‘Azza wa Jalla telah menerangkan bahwa hanya ada alam kubur dan hari kiamat,
حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ.
لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلَّا إِنَّهَا كَلِمَةٌ
هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ
“(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu) hingga, apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, ‘Wahai Rabb-ku,
kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku berbuat amalan shalih terhadap
(amalan) yang telah kutinggalkan.’ Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu
adalah perkataan yang sekadar dia ucapkan. Sedang, di hadapan mereka,
ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan.” [Al-Mu`minûn: 99-100]
Allah ‘Azza wa Jalla juga menerangkan bahwa setelah kematian adalah kembali kepada-Nya,
كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ
“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Lalu, hanya kepada Kamilah kalian dikembalikan.” [Al-‘Ankabût: 57]
4. Aqidah Al-Badâ` dalam Agama Syi’ah
Dalam bahasa Arab, kata al-badâ` digunakan dalam dua makna: penampakan sesuatu yang sebelumnya tersembunyi dan kemunculan pendapat baru.
Dalam riwayat-riwayat kaum Syi’ah disebutkan, “Tidaklah Allah diibadahi dengan sesuatu apapun yang semisal Al-Badâ`,”, “Tidaklah Allah diagungkan dengan sesuatu yang semisal Al-Badâ`.” [Ushûlul Kâfy 1/197], dan “Andaikata mengetahui pahala keyakinan tentang Al-Badâ`, manusia tidak akan bosan berbicara tentang (Al-Badâ`) itu.” [Ushûlul Kâfy 1/199]
Dari Abu Hamzah Ats-Tsumâly, beliau berkata: Saya mendengar Abu Ja’far (Muhammad Al-Bâqir) ‘alaihis salam berkata, “Wahai Tsabit, sesungguhnya Allah Tabâraka wa Ta’âlâ pernah menentukan perkara ini pada tahun 70. Tatkala Al-Husain shalawatullâhi ‘alaihi
terbunuh, kemurkaan Allah terhadap penduduk bumi menjadi sangat besar
sehingga Allah mengakhirkan (penentuan) itu hingga tahun 140. Kami telah
menceritakan kepada kalian, dan kalian telah mendengarkannya kemudian
menyingkap tirai penutup, sedang setelah itu Allah tidak menetapkan
waktu tertentu di sisi kami. Allah menghapus yang Dia kehendaki dan
menetapkan (yang Dia kehendaki), serta di sisi-Nya ada Ummul Kitab.” [Ushûlul Kâfy 1/429, Al-Ghâ`ibah karya Ath-Thûsy hal. 263 dan Bihârul Anwâr 52/105]
Keyakinan kaum Syi’ah di atas disebut dalam banyak buku mereka dan
diakui oleh ulama mereka. Tentu dimaklumi oleh seorang muslim bahwa
keyakinan tersebut adalah kekafiran yang jelas karena mengharuskan
kejahilan dan ketidaktahuan Allah terhadap hal yang akan terjadi.
5. Keyakinan Taqiyyah dalam Agama Syiah
Dalam mendefinisikan taqiyyah, Al-Mufîd berkata, “Taqiyyah
adalah menyembunyikan kebenaran dan menutupi keyakinan, serta menutupi
(keyakinan) dari orang-orang yang menyelisihi dan tidak terang-terangan
kepada mereka dalam hal yang mengakibatkan bahaya dalam agama atau
dunia.” [Tash-hîhul I’tiqâd hal. 115]
Al-Khumainy berkata, “Makna taqiyyah adalah seorang manusia
mengatakan suatu ucapan yang berseberangan dengan kenyataan, atau
mendatangkan amalan yang bertentangan dengan timbangan-timbangan
syariat. Hal tersebut untuk menjaga darah, kehormatan, atau harta.” [Kasyful Asrâr hal 147]
Keyakinan ini adalah suatu ibadah yang sangat agung di kalangan orang-orang Syi’ah.
Dalam riwayat mereka, disebutkan dari Abu Umar Al-A’jamy bahwa dia
berkata: Abu Abdillah (yakni Ja’far Ash-Shâdiq) berkata kepadaku, “Wahai
Abu Umar, sesungguhnya sembilan dari sepuluh bagian agama adalah taqiyyah, dan tiada agama bagi orang yang tidak memiliki taqiyyah ….” [Ushûlul Kâfy 2/133, Mansyurât Al-Fajr, Beirut, Lebanon, cet. ke-1 2007 M/1428 H]
Juga dari Sulaiman bin Khalid, dia berkata bahwa Abu Abdillah (yakni
Ja’far Ash-Shâdiq) berkata, “Wahai Sulaiman, sesungguhnya kalian berada
di atas suatu agama. Siapa saja yang menyembunyikan (agama) itu, Allah
akan memuliakannya. (Namun), siapa saja yang menyebarkan (agama) itu,
Allah akan menghinakannya.” [Ushûlul Kâfy 2/136, Mansyurât Al-Fajr, Beirut, Lebanon, cet. ke-1 2007 M/1428 H]
Bahkan, mereka berdusta dengan menisbatkan kepada Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam bahwa “Orang yang meninggalkan taqiyyah adalah seperti orang yang meninggalkan shalat.” [Jâmi’ul Akhbâr karya Ibnu Bâbawaih Ash-Shaqûq hal. 110 dan Bihârul Anwâr 74/412 karya Al-Majlisy]
Keyakinan batil kaum Syi’ah ini menutupi segala kedustaan dan
kontradiksi mereka. Sehingga, bila ditanyakan kepada mereka, “Mengapa
Ali z membait Abu Bakr, Umar, dan Utsman?” Mereka akan menganggap bahwa
hal tersebut adalah taqiyyah, “Mengapa banyak kontradiksi ditemukan dalam buku-buku Syi’ah?” Mereka akan menjawab, “Itu taqiyyah.”
An-Nubakhty menukil dari Sulaiman bin Jarir bahwa Sulaiman berkata, “Sesungguhnya, untuk syi’ah
mereka, para imam Rafidhah meletakkan dua keyakinan yang, dengan (dua
hal) itu, tidak akan tampak suatu kedustaan apapun dari para imam
mereka. Dua keyakinan itu adalah keyakinan al-badâ` dan pembolehan taqiyyah. Adapun al-badâ`,
itu karena para imam di tengah Syi’ah mereka menduduki kedudukan para
nabi di tengah rakyat dalam keilmuan pada hal yang telah terjadi dan
yang akan terjadi. Apabila sesuatu yang mereka katakan terjadi, mereka
berkata, ‘Bukankah kami telah memberitahu kalian bahwa hal ini akan
terjadi? Dari Allah, kami mengetahui hal yang para nabi ketahui. Antara
kami dan Allah terdapat sebab-sebab yang para nabi mengetahui hal yang
mereka ketahui.’ Kalau sesuatu yang mereka katakan akan terjadi itu
tidak terjadi, mereka berkata, ‘Telah terjadi al-badâ` pada Allah dalam hal tersebut.’.” [Firaq Asy-Syi’ah hal. 64-65]
Bahkan maksud utama keyakinan taqiyyah ini adalah untuk
mengeluarkan dan menjauhkan Syi’ah dari keislaman. Mereka menyebut
riwayat dari Abu Abdillah Ja’far Ash-Shâdiq bahwa beliau berkata,
“Hal-hal yang kalian dengar dariku yang menyerupai ucapan manusia (yaitu
kaum muslimin), padanya ada taqiyyah. (Sedangkan), hal-hal yang engkau dengar dariku yang tidak menyerupai ucapan manusia, tiada taqiyyah di dalamnya.” [Bihârul Anwâr 2/252]
6. Sikap Kaum Syi’ah terhadap Al-Qur`an
Banyak kekafiran kaum Syi’ah dalam keyakinan mereka tentang
Al-Qur`an. Seorang muslim yang mengetahuinya pasti dadanya akan sesak
dengan ucapan-ucapan mereka.
Di antara keyakinan mereka adalah bahwa Al-Qur`an, yang berada di
tangan kaum muslimin, telah berkurang dan telah diubah atau diganti.
Dalam riwayat Al-Kulîny dengan sanadnya dari Abu Abdillah Ja’far
Ash-Shâdiq disebutkan, “Sesungguhnya Al-Qur`an yang Jibril bawa kepada
Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa âlihi adalah sebanyak tujuh belas ribu ayat.” [Ushûlul Kâfy 2/350, Mansyurât Al-Fajr, Beirut, Lebanon, cet. ke-1 2007 M/1428 H]
Dalam riwayat lain, “… Mushaf Fatimah adalah seperti Al-Qur`an kalian
ini (sebanyak) tiga kali lipat. Demi Allah, di dalamnya tiada satu
huruf pun dari Al-Qur`an kalian ….” [Ushûlul Kâfy 1/295, tahqiq Muhammad Ja’far Syamsuddin, terbitan Dârut Ta’âruf, Beirut, Lebanon, 1990 M/1411 H]
Muhsin Al-Kâsyâny, seorang ahli tafsir mereka, berkata, “Faedah yang terpetik dari riwayat-riwayat melalui jalur Ahlul Bait ‘alaihimus salam adalah bahwa Al-Qur`an yang berada di tengah kita tidaklah sempurna sebagaimana yang diturunkan kepada Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa âlihi wa sallam.
Bahkan, dalam (Al-Qur`an) itu, ada yang menyelisihi (firman) yang Allah
turunkan, ada pula yang telah berubah lagi terganti dalam (Al-Qur`an).
Juga sesungguhnya banyak hal telah dibuang dari (Al-Qur`an), di
antaranya adalah nama Ali pada banyak tempat. Selain itu, Al-Qur`an juga
tidak berada di atas susunan yang diridhai di sisi Allah dan di sisi
rasul-Nya shallallâhu ‘alaihi wa sallam.” [Tafsîrush Shâfy 1/49]
Syaikh kaum Syi’ah, Al-Mufîd, berkata, “Sesungguhnya kabar-kabar yang
datang sangatlah banyak, dari para imam petunjuk dari keluarga Muhammad
shallallâhu ‘alaihi wa âlihi, tentang pertentangan Al-Qur`an dan apa-apa yang orang-orang zhalim adakan berupa penghapusan dan pengurangan di dalamnya ….” [Awâ`ilul Maqâlât hal. 8]
Ucapan ulama Syi’ah dari dahulu hingga belakangan menunjukkan aqidah
ini, bahkan Syaikh kaum Syi’ah, An-Nûry Ath-Thabarsy, memiliki buku
khusus yang berjudul Fashlul Khithâb Fî Itsbati Tahrîf Kalâmi Rabbil Arbab (Kata Pemutus tentang Penetapan Terjadinya Perubahan pada [Al-Qur`an] Kalam Rabbil Arbâb). Kalau ada dari kalangan Syi’ah yang mengingkari perubahan dan pergantian Al-Qur`an, hal tersebut hanya berasal dari aqidah taqiyyah mereka.
Pegangan dan kumpulan dari Al-Qur`an, dengan berbagai riwayat dari
masa para shahabat hingga hari ini, semuanya tidak berlaku di kalangan
Syi’ah.
Ahli hadits terpercaya kaum Syi’ah, Al-Kulîny, menyebutkan bab “Tiada
yang Mengumpul Seluruh Al-Qur`an, Kecuali Para Imam (A), Sedang Mereka
Mengetahui Seluruh Ilmu (Al-Qur`an)”, kemudian membawakan riwayat dengan
sanadnya dari Abu Ja’far Muhammad Al-Bâqir bahwa Abu Ja’far berkata,
“Tiada seorang pun dari manusia yang mengaku mengumpulkan seluruh
Al-Qur`an sebagaimana yang diturunkan, kecuali seorang pendusta. Tiada
yang mengumpul dan menghafal (Al-Qur`an) sebagaimana yang Allah Ta’âlâ turunkan, kecuali Ali bin Abi Thalib (‘A) dan para imam setelahnya (‘A).” [Ushûlul Kâfy 1/284, tahqiq Muhammad Ja’far Syamsuddin, terbitan Dârut Ta’âruf, Beirut, Lebanon, 1990 M/1411 H]
Dalam sifat Imam Mahdi kaum Syi’ah, mereka menyebutkan bahwa Imam
Mahdi akan keluar dengan membawa kitab baru. Mereka menyebutkan, “Telah
mutawatir dari para imam yang suci shalawâtullâhi ‘alaihim bahwa imam zaman serta utusan masa dan waktu shalawâtullâhi wa salâmuhu ‘alaihi akan datang dengan kitab baru, sangat keras terhadap orang-orang Arab, dan kebanyakan tentara-tentaranya adalah anak-anak ajam (bukan Arab).” [Al-Fawâ`idul Madaniyyah Wasy Syawâhidul Makkiyyah hal. 532-533, Muhammad Amin dan Nûruddîn Al-‘Âmily]
Maha Suci Allah dari kekafiran kaum Syi’ah. Allah telah berfirman,
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِالذِّكْرِ لَمَّا جَاءَهُمْ وَإِنَّهُ لَكِتَابٌ عَزِيزٌ. لَا يَأْتِيهِ الْبَاطِلُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَلَا مِنْ خَلْفِهِ تَنْزِيلٌ مِنْ حَكِيمٍ حَمِيدٍ
“Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap Al-Qur`an, ketika
(Al-Qur`an) itu datang kepada mereka, (pasti akan celaka), dan
sesungguhnya (Al-Qur`an) itu adalah kitab mulia. Tiada kebatilan yang datang pada (Al-Qur`an), baik dari depan maupun dari belakangnya, diturunkan dari Rabb Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.” [Fushshilat: 41-42]
7. Sikap Kaum Syi’ah terhadap Sunnah Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam
Dalam keyakinan kaum Syi’ah, seluruh hadits yang tidak berasal dari jalur Ahlul Bait tidaklah diterima.
Salah satu rujukan mereka, Muhammad Husain Âlu Kâsyifil Ghithâ,
berkata, “Sesungguhnya Syi’ah tidak menganggap (sesuatu) sebagai sunnah,
kecuali hal-hal yang telah shahih untuk mereka melalui jalur-jalur
Ahlul Bait …. Adapun riwayat Abu Hurairah, Samurah bin Jundub, ‘Amr bin
‘Âsh, dan semisalnya, itu tidaklah bernilai (semisal) seekor lalat di
kalangan orang-orang Syi’ah Imamiyyah. [Ashlush Syi’ah wa Ushûluhu hal. 79]
Asy-Syâhid Nûrullâhi At-Tastury berkata, “… (Hal itu) karena
Al-Bukhâry, Muslim, dan semisalnya adalah para pemalsu hadits lagi para
pendusta di kalangan Syi’ah. Bahkan, karena banyak alasan, mereka
menetapkan kedunguan dan pendeknya pemahaman Al-Bukhâry perihal
membedakan antara (hadits) shahih dan dha’if.” [Ash-Shawârimul Muhriqah hal. 57]
Terlebih lagi, menurut mereka, orang yang mengambil riwayat dari
selain Ahlul Bait adalah musyrik. Dalam sebuah riwayat dalam buku
terpercaya mereka, disebutkan bahwa Abu Abdillah Ja’far Ash-Shâdiq
menyatakan, “… Dan siapa saja yang mengaku mendengar dari selain pintu
yang Allah buka untuknya, dia adalah musyrik ….” [Ushûlul Kâfy 1/439, tahqiq Muhammad Ja’far Syamsuddin, terbitan Dârut Ta’âruf, Beirut, Lebanon, 1990 M/1411 H]
Juga, salah satu bab Ushûlul Kâfy 1/464 berjudul
“Sesunggunya Tiada Suatu Kebenaran di Tangan Manusia, Kecuali dari
Apa-Apa yang Keluar dari Sisi Para Imam (‘A), Sedang Segala Sesuatu yang
Tidak Keluar dari Sisi Mereka adalah Batil.”
Bila keyakinan kaum Syi’ah terhadap hadits-hadits Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam
yang berada di tangan kaum muslimin sudah sedemikian rupa, berarti kaum
Syi’ah telah menolak agama Islam ini dan mendustakan sumber kedua yang
menjadi rujukan kaum muslimin. Allah telah berfirman,
وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا
“Segala sesuatu yang Rasul datangkan kepada kalian, terimalah,
sedang segala sesuatu yang dia larang terhadap kalian, tinggalkanlah.” [Al-Hasyr: 7]
8. Sikap Kaum Syi’ah terhadap Para Shahabat
Dalam buku-buku mereka, terdapat riwayat dari Abu Ja’far Muhammad
Al-Bâqir bahwa beliau berkata, “Manusia adalah murtad setelah Nabi shallallâhu ‘alaihi wa âlihi,
kecuali tiga orang. Saya (perawi) bertanya, ‘Siapakan ketiga orang
itu?’ Beliau menjawab, ‘Al-Miqdâd, Abu Dzarr, dan Salman Al-Fârisy.’ ….”
[Raudhatul Kâfy 8/198, tahqiq Muhammad Ja’far Syamsuddin, terbitan Dârut Ta’âruf, Beirut, Lebanon, 1990 M/1411 H]
Mereka meriwayatkan pula dari Amirul Mukmin Ali bin Abi Thalib radhiyallâhu ‘anhu
bahwa beliau berkata kepada Qunbur, “Wahai Qunbur, bergembiralah dan
berilah kabar gembira, serta selalulah merasa gembira. Sungguh
Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa âlihi meninggal, sedang beliau murka terhadap umatnya, kecuali Syi’ah.” [Al-Amâly karya Ash-Shadûq hal 726]
Al-Majlisy berkata, “Sesungguhnya, tergolong sebagai keharusan
aksioma agama Imamiyah: penghalalan mut’ah, haji Tamattu’, serta
berlepas diri dari Abu Bakr, Umar, Utsman, dan Mu’âwiyah.” [Al-I’tiqâdât karya Al-Majlisy hal. 90-91]
Ucapan-ucapan keji kaum Syi’ah terhadap para shahabat dan istri-istri Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam dalam hal ini sangatlah banyak.
Seluruh hal tersebut adalah pengingkaran terhadap Al-Qur`an dan Sunnah Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam yang memuji dan menyanjung para shahabat radhiyallâhu ‘anhum. Allah ‘Azza wa Jalla
telah menyifatkan orang yang jengkel terhadap para shahabat sebagai
orang kafir dalam firman-Nya setelah menyebutkan sifat para shahabat
dalam Taurat dan Injil,
لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ
“… Karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir.” [Al-Fath: 29]
9. Kesyirikan di Kalangan Kaum Syi’ah
Muhammad bin Ali Ash-Shadûq membawakan riwayat dari Abu Abdillah Ja’far Ash-Shadiq bahwa Ja’far berkata, “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla
memiliki makhluk dari rahmat-Nya. Allah menciptakan mereka dari
cahaya-Nya dan (menciptakan) rahmat-Nya dari rahmat-Nya untuk
rahmat-Nya. Mereka adalah mata Allah yang melihat, telinga-Nya yang
mendengar, dan lisan-Nya yang berbicara di tengah makhluk-Nya dengan
seizin-Nya, serta para kepercayaan-Nya terhadap apa-apa yang (Allah)
turunkan berupa udzur, nadzar, dan hujjah. Dengan mereka, (Allah)
menghapus dosa-dosa, menolak kesedihan, menurunkan rahmat, menghidupkan
yang mati, dan mematikan yang hidup. Dengan mereka, (Allah) menguji
makhluk-Nya dan menetapkan putusan-Nya di tengah makhluk-Nya.” Perawi
bertanya, “Semoga Allah menjadikanku sebagai penebusmu. Siapakah mereka
itu?” Beliau menjawab, “Orang-orang yang mendapat wasiat.” [At-Tauhîd karya Ash-Shâduq hal. 167, cet. Dârul Ma’rifah, Beirut]
Dalam Mustadrak Al-Wasâ`il, Ath-Thabarsy membuat bab berjudul “Kebolehan Thawaf di Kuburan”.
Dalam Amâly Ath-Thûsy, Muhammad bin Hasan Ath-Thûsy menyebutkan riwayat dari Abu Abdillah Ja’far Ash-Shâdiq bahwa Ja’far berkata, “Sesunggunya Allah Ta’âlâ telah menjadikan tanah kakekku, Husain ‘alaihis salam,
sebagai penyembuh untuk segala penyakit dan pengaman dari segala
kekhawatiran. Apabila salah seorang dari kalian mengambil (tanah) itu,
hendaknya dia mencium dan meletakkan (tanah) itu pada kedua matanya lalu
melewatkan (tanah) itu pada seluruh jasadnya. Hendaknya dia berkata,
‘Ya Allah, dengan hak tanah ini dan hak orang yang menyatu dan tertanam
di dalam (tanah) ini, dengan hak ayahnya, ibunya, saudaranya, dan para
imam dari keturunannya, dan dengan hak para malaikat yang mengitarinya,
pasti Engkau menjadikan (tanah) ini sebagai obat untuk segala penyakit,
penyembuh untuk segala penyakit, keselamatan dari segala bahaya, dan
pelindung dari segala yang aku khawatirkan, serta aku berhati-hati
terhadap (tanah) ini.’ Lalu, dia menggunakan tanah tersebut.” [Amâly Ath-Thabarsy, Mu`assasah Al-Wafâ`, Beirut, cet ke-2, 1401 H]
Banyak sekali bentuk kesyirikan kaum Syi’ah yang tidak bisa kami
detailkan dalam tulisan ringkas ini, seperti (1) menjadikan para imam
mereka sebagai perantara antara makhluk dan Allah; (2) Beristighatsah
kepada Allah dengan menyebut imam-imam mereka; (3) Kewajiban ziarah ke
kubur Al-Husain dan kekafiran orang yang meninggalkan kewajiban ini; (4)
Kebolehan melaksanakan thawaf, shalat dan bersungkur di kuburan; serta
kesyirikan lain. Kesyirikan kaum Syi’ah meliputi segala hal: dalam Rubûbiyyah, Ulûhiyyah dan Al-Asmâ` wa Ash-Shifât.
10. Sikap Kaum Syi’ah terhadap Kaum Muslimin
Syaikh Kaum Syi’ah, Nikmatullah Al-Jazâ`iry, berkata, “Kami tidaklah
bersepakat dengan mereka (kaum muslimin) pada ilah (sembahan). Tidak
pada nabi, tidak pula pada imam. Hal tersebut adalah karena mereka (kaum
muslimin) berkata bahwa Rabb mereka adalah Rabb Yang Muhammad adalah nabi-Nya dan khalifah-Nya setelah Nabi-Nya adalah Abu Bakr. Kami tidak berkata dengan Rabb ini tidak pula dengan nabi tersebut. Namun, kami berkata bahwa Rabb yang khalifah Nabi-Nya adalah Abu Bakr bukanlah Rabb kami, dan nabi itu bukanlah nabi kami.” [Al-Anwârun Nu’mâniyyah 2/278, cet. Al-A’lamy Lil Mathbû’ât, Beirut, 1404 H]
Muhaqqiq mereka, Yusuf Al-Bahrany, menyebutkan kekafiran kaum muslimin di kalangan orang-orang Syi’ah dalam ucapannya, “Tahqiq yang diambil dari kabar-kabar Ahlul Bait ‘alaihimus salam -sebagaimana penjelasan kami, yang tidak memerlukan tambahan, dalam kitab Asy-Syihâbuts Tsâqib- bahwa seluruh orang yang menyelisihi lagi mengetahui keimaman dan mengingkari keyakinan (keimaman) adalah para nawâshib[1],
orang-orang kafir, dan orang-orang musyrik yang tidak memiliki jatah
dan bagian dalam keislaman tidak pula dalam hukum-hukum (Islam) ….” [Al-Hadâ`iqun Nâdhirah 14/159]
Mereka juga menghalalkan darah dan harta kaum muslimin serta
menganggap bahwa kaum muslimin adalah kafir dan najis sebagaimana dalam
banyak buku mereka dengan berbagai riwayat. Biarlah Yusuf Al-Bahrany
mewakili mereka. Dia berkata, “Tiada silang pendapat di kalangan
shahabat kami dan selainnya dari yang berpendapat dengan keyakinan ini
tentang kekafiran, kenajisan, serta kehalalan darah dan harta nâshib. Juga bahwa hukum terhadap (nâshib) adalah sama dengan hukum terhadap kafir harby.” [Al-Hadâ`iqun Nâdhirah 10/42]
Karena kekafiran kaum muslimin itulah, dalam buku-buku mereka,
terurai tentang ketidakbolehan menikahi kaum muslimin, mengerjakan
shalat di belakang kaum muslimin, menshalati jenazah kaum muslimin, dan
menjatuhkan hukum bahwa kaum muslimin kekal dalam neraka.
Demikian sebagian kesesatan dan kekafiran agama Syi’ah. Meski masih
banyak hal yang belum bisa disebut pada tulisan ini, semoga tulisan ini
bermanfaat bagi sebagian kaum muslimin, yang tertipu oleh kaum Syiah,
agar mereka rujuk kepada Islam yang benar, dan semoga menjadi bekal
seorang muslim untuk teguh di atas agama. Wallahu A’lam.
[1] Nawâshib adalah bentuk jamak dari kata nâshib, yaitu gelar yang mereka gunakan untuk kaum muslimin yang tidak sepaham dengan mereka.
No comments:
Post a Comment