Friday, March 23, 2012

Apakah Orang Yang Hanya Bermodal Syahadat Lalu Meninggalkan Seluruh Amal Kewajiban Dalam Syariat Dikatakan Muslim? bag. 2




قال شيخ الإسلام ابن تيمية (الفتاوى:7/364) ــ ونقل قول من قال :"كل من كفره الشارع فإنما كفره لانتفاء تصديق اللب" ــ قال رحمه الله:"وكثير من المتأخرين لا يميزون بين مذاهب السلف وأقوال المرجئة والجهمية ؛ لاختلاط هذا بهذا في كلام كثير منهم ، ممن هو في باطنه يرى رأي الجهمية والمرجئة في الإيمان"


- Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah dalam Al-Fatawa 364/7 menukil ucapan seorang : “setiap orang yang dikafirkan oleh syariat hanyalah dikafirkan karena ketiadaan tashdiq dalam hatinya” lalu Syaikhul Islam rahimahullah berkata : “kebanyakan mutaakhirin tidak membedakan antara madzhab salaf dengan perkataan murjiah dan jahmiyah karena mereka mencampur-adukkan pemahaman salaf dan murji’ah pada kebanyakan ucapan mereka. Diantaranya adalah sekelompok orang yang memahami dalam permasalahan batin (iman dalam hati) seperti pemikiran jahmiyah dan murjiah dalam permasalahan iman.

حينما أنقل بعض أقوال الأئمة لا ألتزم بيان حال أسانيدها ، لتواتر معناها عند أهل السنة بغض النظر عما قد يوجد من الضعف القريب في أسانيد بعضها ؛ لأن تتابع المصنفين في العقائد من علماء السنة على إيراد هذه الأقوال على سبيل الاحتجاج دليل على موافقتها لأصل اعتقاد أهل السنة ، ولذا تجد شيخ الإسلام ابن تيمية ومن بعده من العلماء يوردون هذه النصوص دون نقد لأسانيدها لعدم تضمنها للباطل.، ولا يجوز لعاقل أن يرد الحق الذي في هذا المتن لمجرد ضعف السند. ، خاصة أن عبد الله بن أحمد سمعه منه ونقله على سبيل الاحتجاج بالمعنى والموافقة عليه ، ونقله أهل السنة في كتب الاعتقاد على سبيل الاحتجاج. هذا مع أننا لا نوردها محتجين بها على سبيل الإنفراد ، وإنما في سياق غيرها لتواتر معناها عند أئمة السنة


-Penulis kitab Aqwal Dzawil Irfan fi Anna A’mal Jawarih Dakhilah fi Musammal Iman  dengan taqdim Syaikh Shalih Al-Fauzan hafidzahullah berkata “ketika aku menukilkan sebagian ucapan para imam, tidak melazimkanku untuk menjelaskan keadaan sanadnya.

1) Karena maknanya mutawatir menurut Ahlu Sunah tanpa melihat pada kelemahan pada sebagian sanadnya. 

2) Karena banyaknya penukilan yang turun-temurun dari para ulama sunah dalam hal ini, mereka menulis kitab aqidah dengan menukil atsar ini sebagai hujah dan dalil atas kesepakatan mereka dalam ushul i’tiqad Ahlu Sunah.

3) Oleh karena itu, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah dan para ulama setelah beliau menukilkan ucapan ini tanpa mengkritik keadaan sanadnya karena di dalamnya tidak terdapat makna yang batil. Maka tidak boleh bagi seorang yang berakal untuk menolak al-haq yang terkandung dalam matan ucapan ini hanya karena kelemahan pada sanadnya.

4) Terkhusus Abdullah bin Ahmad mendengar langsung dari Sufyan bin Uyainah, lalu menukilkan atsar Sufyan bin Uyainah  untuk berhujjah berdasarkan makna yang terkandung di dalamnya dan beliau pun sependapat dengan atsar tersebut

قال سهل بن عبد الله التستري رحمه الله كما نقله شيخ الإسلام في(الفتاوى: 7/171) مقراً له أنه سئل عن الإيمان ما هو ؟ فقال : "هو قول ونية وعمل وسنة ؛ لأن الإيمان إذا كان قولاً بلا عمل فهو كفر ، وإذا كان قولاً وعملاً بلا نية فهو نفاق ، وإذا كان قولاً وعملاً ونية بلا سنة فهو بدعة".وانظر(الإبانة:2/814)


- Imam Sahl bin Abdillah At-Tasturi rahimahullah seperti dinukil Syaikhul Islam dalam Al-Fatawa 171/7 karena sependapat dengannya. Beliau ditanya tentang apa itu iman? Beliau menjawab : “Iman adalah ucapan, niat, amal dan sunah. Karena jika iman (seorang) hanya ucapan tanpa amal maka ia kafir, jika hanya ucapan dan amal tanpa niat maka itu adalah nifaq, jika hanya ucapan, amal dan niat tanpa sunah maka itu adalah bid’ah” [Al-Ibanah 814/2]

قال أبو طالب المكي رحمه الله كما نقله شيخ الإسلام ( الفتاوى: 7/333) :" ومن كان عقده الإيمان بالغيب ولا يعمل بأحكام الإيمان وشرائع الإسلام فهو كافر كفراً لا يثبت معه توحيد ; ومن كان مؤمنا بالغيب مما أخبرت به الرسل عن الله عاملاً بما أمر الله فهو مؤمن مسلم ... فلا إيمان إلا بعمل ولا عمل إلا بعقد


- Imam Abu Thalib Al-Makki rahimahullah seperti dinukil Syaikhul Islam rahimahullah dalam Al-Fatawa 333/7 berkata : “barangsiapa yang beriman kepada yang ghaib (beriman kepada Allah, malaikatNya dan hari akhir wallahua’lam) tanpa beramal dengan ahkamul iman dan tanpa mengamalkan syariat-syariat Islam maka ia kafir dengan kekafiran sebenar-benarnya. Tidak terdapat tauhid dalam hatinya. Barangsiapa yang beriman kepada yang ghaib seperti yang rasul kabarkan dari Allah dan beramal dengan apa yang Allah perintahkan maka ia mu’min muslim…tidak sah iman tanpa amal, tidak pula sah amal tanpa ‘aqd”.

قال الخطابي رحمه الله (كما في شرح السنة للبغوي:1/11) :"أصل الإسلام : الاستسلام والانقياد ، وأصل الإيمان : التصديق. وقد يكون المرء مستسلماً في الظاهر غير منقاد في الباطن ، ولا يكون صادقَ الباطن غير منقاد في الظاهر".

- Imam Al-Khattabi rahimahullah berkata dalam Syarhus Sunnah lil Baghawi 
11/1 : “Ashlul Islam adalah berserah diri dan patuh, sedangkan Ashlul Iman adalah tashdiq. Terkadang seorang berserah diri secara dhahir ternyata batinnya menyelisihinya, tidak dikatakan tashdiq (benar iman di hatinya) tanpa amal dhahir

قال الآجري رحمه الله في كتاب الشريعة ( 1/275 ) : فالأعمال - رحمكم الله تعالى - بالجوارح: تصديق عن الإيمان بالقلب واللسان ، فمن لم يصدق الإيمان بعمله وبجوارحه : مثل الطهارة ، والصلاة ، والزكاة ، والصيام ، والحج ، والجهاد ، وأشباه لهذه ، ورضي من نفسه بالمعرفة والقول ، لم يكن مؤمناً ، ولم ينفعه المعرفة والقول ، وكان تركه للعمل تكذيباً منه لإيمانه
- Imam Al-Ajury rahimahullah berkata dalam Kitab Asy-Syari’ah 275/1 : “Amal jawarih merupakan tashdiq dari iman dalam hati dan lisan, barangsiapa yang tidak membenarkan iman (dalam hatinya) dengan amal jawarihnya seperti thaharah, shalat, zakat, puasa, haji, jihad dan yang semisal, lalu ia ridha terhadap dirinya hanya dengan ma’rifah dan ucapan maka belum dikatakan beriman. Tidak bermanfaat baginya ma’rifah dan ucapan (dalam hati dan lisan). Ketiadaan amal pada dirinya merupakan bukti bahwa ia mendustakan imannya.”

وقال أيضا في كتابه (الأربعين حديثاً:135-137) :" اعلموا رحمنا الله وإياكم أن الذي عليه علماء المسلمين : أن الإيمان واجب على جميع الخلق : وهو التصديق بالقلب ، وإقرار باللسان ، وعمل بالجوارح ... ولا تجزئ معرفة بالقلب والنطق باللسان حتى يكون معه عمل بالجوارح


- Imam Al-Ajury rahimahullah juga berkata dalam kitabnya Al-Arba’in Haditsan 135-137 : “Ketahuilah semoga Allah merahmati kita, ulama Muslimin telah bersepakat bahwa iman yang wajib bagi seluruh hamba adalah tashdiq dalam hati, ikrar dengan lisan dan amal jawarih…maka tidak sah ma’rifah dengan hati, ucapan dengan lisan hingga ia beramal dengan jawarih (anggota badan) bersamaan dengan keduanya”.

وقال ابن بطة العكبري رحمه الله (الإبانة:2/795) :" ( فقد تلوت عليكم من كتاب الله عز وجل ما يدل العقلاء من المؤمنين أن الإيمان قول وعمل ، وأن من صدق بالقول وترك العمل كان مكذباً وخارجاً من الإيمان. وأن الله لا يقبل قولاً إلا بعمل ، ولا عملاً إلا بقول)


- Imam Ibnu Bathah Al-‘Ukbari rahimahullah berkata dalam Al-Ibanah 795/2 : “Sungguh telah aku bacakan pada kalian dari kitab Allah ‘azza wa jalla yang menunjukkan bagi kaum mu’minin yang berakal bahwa iman adalah ucapan dan amal, barangsiapa yang membenarkan (tashdiq) dengan lisannya lalu meninggalkan amal maka ia telah berdusta dan ia telah keluar dari iman. Allah tidaklah menerima perkataan kecuali dengan amal, dan tidak menerima amal kecuali dengan perkataan”

وقال شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله (الفتاوى:7/363). :"وقول القائل : الطاعات ثمرات التصديق الباطن ، يراد به شيئان : يراد به أنها لوازم له ، فمتى وجد الإيمان الباطن وجدت. وهذا مذهب السلف وأهل السنة


- Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata dalam Al-Fatawa 363/7: “ucapan seorang bahwa amalan ketaatan merupakan buah dari keimanan, maknanya ada 2 yaitu amal merupakan kelaziman dari tashdiq iman dalam hati, kapan terdapat iman dalam hatinya maka terpadat padanya amal. Ini adalah madzhab Salaf Ahlu Sunnah.”


وقال(الفتاوى:7/128) :"بل القرآن والسنة مملوءان بما يدل على أن الرجل لا يثبت له حكم الإيمان إلا بالعمل مع التصديق


- Syaikhul Islam rahimahullah juga berkata dalam Al-Fatawa 128/7 : “bahkan Al-Qur’an dan As-Sunah dipenuhi dengan ayat yang menunjukkan bahwa seorang tidak tsabit padanya hukum iman kecuali dengan amal yang dibarengi dengan tashdiq”.

وقال(الفتاوى:7/621 ) : ( وقد تبين أن الدين لابد فيه من قول وعمل ، وأنه يمتنع أن يكون الرجل مؤمناً بالله ورسوله بقلبه أو بقلبه ولسانه ولم يؤد واجباً ظاهراً ، ولا صلاة ولا زكاة ولا صياماً ولا غير ذلك من الواجبات

- Syaikhul Islam rahimahullah juga berkata dalam Al-Fatawa 621/7 : “Telah 
jelas bahwa agama ini (iman) wajib terdapat padanya perkataan dan amal, tidak dikatakan seorang beriman kepada Allah dan rasul-Nya dengan hatinya dan lisannya tanpa ia menunaikan kewajiban yang dhahir, tidak shalat, tidak zakat, tidak puasa, dan tidak pula yang lain berupa amal yang wajib.

وقال(الفتاوى:7/611) :"ومن الممتنع أن يكون الرجل مؤمناً إيماناً ثابتاً في قلبه ؛ بأن الله فرض عليه الصلاة والزكاة والصيام والحج ويعيش دهره لا يسجد لله سجدة ولا يصوم من رمضان ولا يؤدي لله زكاة ولا يحج إلى بيته ، فهذا ممتنع ، ولا يصدر هذا إلا مع نفاق في القلب وزندقته لا مع إيمان صحيح ، ولهذا إنما يصف سبحانه بالامتناع عن السجود الكفار"


- Syaikhul Islam rahimahullah juga berkata dalam Al-Fatawa 611/7 : “Seorang tidak dikatakan beriman dengan iman yang tsabit dalam hatinya jika Allah mewajibkan padanya shalat, zakat, puasa, haji lalu selama hidupnya ia belum pernah sujud kepada Allah sekali pun, tidak pula puasa ramadhan, tidak menunaikan zakat, tidak pula haji ke baitullah. Tidak mungkin dikatakan beriman, perbuatan ini hanyalah ada pada seorang yang terdapat nifaq dan zindiq dalam hatinya. Sifat ini tidak mungkin bersamaan dengan iman yang benar (dalam hatinya). Oleh karena itu, Allah subhanah hanyalah mensifati orang-orang yang tidak mau sujud dengan sebutan kafir”.

قال ابن القيم رحمه الله في(الفوائد:283): "الإيمان له ظاهر وباطن ، وظاهره قول اللسان وعمل الجوارح وباطنه تصديق القلب وانقياده ومحبته ، فلا ينفع ظاهر لا باطن له... ولا يجزىء باطن لا ظاهر له إلا إذا تعذّر بعجز أو إكراه وخوف هلاك. فتخلف العمل ظاهراً مع عدم المانع دليل على فساد الباطن وخلوه من الإيمان".

- Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata dalam Al-Fawaid hal. 283 : “Iman mencakup dhahir dan batin, dhahirnya adalah perkataan lisan dan amal jawarih, sedangkan batinnya adalah tashdiq dalam hati, kepatuhan dan cinta kepada-Nya. Tidak bermanfaat dhahir tanpa batin…tidak sah batin tanpa dhahir kecuali jika ia memiliki udzur dikarenakan lemah, terpaksa atau dalam kondisi ketakutan yang dapat membinasakannya. Tidak adanya amal dhahir tanpa udzur merupakan dalil rusaknya batin dan kosongnya hati dari iman.” 

- وقال شيخ الإسلام محمد بن عبد الوهاب رحمه الله(الدرر السنية:1/124) وذكر قول وهب بن منبه ــ مفتاح الجنة لا إله إلا الله ولابد لها من أسنان فإن جاء بالأعمال وإلا لم يفتح له

- Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah berkata dalam Ad-Durar As-Saniyyah 124/1 menyebutkan perkataan Wahb bin Munabbih rahimahullah : “Kunci surga adalah Lailahaillallah, kunci pastilah memiliki gigi, jika ia datang dengan amal maka terbukalah pintu surga, jika tidak maka tidak akan dibukakan pintu surga baginya”.

قال سماحة الشيخ محمد بن إبراهيم آل الشيخ رحمه الله في(شرح كشف الشبهات:126):" هذا إجماع أن الإنسان لابد أن يكون موحداً باعتقاده ولسانه وعمله. (فإن عرف التوحيد ولم يعمل به فهو كافر معاند) إذا اعتقد ولا نطق ولا عمل بالحق بأركانه فهذا كافر عند جميع الأمة"


- Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh rahimahullah berkata dalam Syarh Kasyfus Syubuhat hal. 126 : “Telah ijma’ (ulama) bahwa seorang wajib menjadi seorang yang bertauhid dengan i’tiqad, lisan dan amalnya. (Jika seorang mengetahui tauhid tanpa beramal maka ia seorang kafir penentang), jika ia beri’tiqad tanpa ucapan dan tanpa amal dengan badannya maka ia kafir menurut kesepakatan umat”.

وقال الشيخ العلامة محمدأمان الجامي رحمه الله في (شرح الأصول الثلاثة عند التعليق على المرتبة الثانية : الإيمان : وهو بضع وسبعون شعبة - الشريط الثالث الوجه الثاني) :"ومن ادعى أنه مصدق بقلبه بكل ما جاء رسول الله عليه الصلاة والسلام ثم لا يعمل ، يقال له : هذه دعوى! والدعوى لا بد لها من بينة ، فأين البينة ؟ البينة الأعمال
فإذا كانت الأعضاء لا تعمل ؛ لا يصلي ولا يصوم ولا يأمر ولا ينهى ولا يجاهد ولا يطلب العلم .. ماشي ، هكذا مصدق ؟! لا لا ، لا يقبل مثل هذا التصديق ، وعلى هذا انتشر بين المسلمين هذا الإيمان الإرجائي


- Syaikh Muhammad Aman Al-Jami rahimahullah berkata dalam Syarh Al-Ushul Al-Tsalatsah ketika memberikan ta’liq pada pembahasan iman : “Barangsiapa yang mengaku bahwa ia telah membenarkan iman dalam hatinya (tashdiq) terhadap apa yang datang dari rasul shallallahu ‘alaihi wasallam lalu tidak beramal, dikatakan padanya ‘ini hanyalah pengakuan semata’. Pengakuan haruslah memiliki bukti, manakah bukti bahwa ia telah tashdiq dalam hatinya? Buktinya adalah amal…ketika anggota badannya tidak beramal, tidak shalat, tidak puasa, tidak amar ma’ruf nahi munkar, tidak berjihad, tidak menuntut ilmu…apakah ia dikatakan telah tashdiq? Tidak, tidak, tidak diterima tashdiq semacam ini. Telah tersebar iman irja’ semisal perkataan ini di kalangan muslimin.”


"والمقصود هنا أنه لم يثبت المدح إلا على إيمان معه العمل ، لا على إلى إيمان خال عن عمل " . فهذا كلام شيخ الإسلام في الإيمان ، ومن نقل عنه غير ذلك فهو كاذب عليه .
وأما ما جاء في الحديث أن قوما يدخلون الجنة لم يعملوا خيرا قط فليس هو عاما لكل من ترك العمل وهو يقدر عليه . وإنما هو خاص بأولئك ؛ لعذر منعهم من العمل ، أو لغير ذلك من المعاني التي تلائم النصوص المحكمة وما أجمع عليه السلف الصالح في هذا الباب .
هذا واللجنة الدائمة إذ تبين ذلك فإنها تنهى وتحذر من الجدال في أصول العقيدة لما يترتب على ذلك من المحاذير العظيمة ، وتوصي بالرجوع في ذلك إلى كتب السلف الصالح ، وأئمة الدين المبنية على الكتاب والسنة ، وأقوال السلف ، وتحذر من الرجوع إلى الكتب المخالفة لذلك ، وإلى الكتب الحديثة الصادرة عن أناس متعالمين لم يأخذوا العلم عن أهله ومصادره الأصيلة . وقد اقتحموا القول في هذا الأصل العظيم من أصول الاعتقاد وتبنوا مذهب المرجئة ، ونسبوه ظلما إلى أهل السنة والجماعة ولبسوا بذلك على الناس ، وعززوه عدوانا بالنقل عن شيخ الإسلام ابن تيمية - رحمه الله تعالى- وغيره من أئمة السلف بالنقول المبتورة ، وبمتشابه القول وعدم رده إلى المحكم من كلامهم . وإننا ننصحهم أن يتقوا الله في أنفسهم وأن يثوبوا إلى رشدهم ولا يصدعوا الصف بهذا المذهب الضال ، واللجنة أيضا تحذر المسلمين من الاغترار والوقوع في شراك المخالفين لما عليه جماعة المسلمين أهل السنة والجماعة . وفق الله الجميع للعلم النافع والعمل الصالح والفقه في الدين ، وصلى الله وسلم على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين .

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو ... عضو ... عضو ... الرئيس
عبد الله بن عبد الرحمن الغديان ... بكر بن عبد الله أبو زيد ... صالح بن فوزان الفوزان ... عبد العزيز بن عبد الله بن محمد آل الشيخ

- Lajnah Daimah lil Buhuts Al-‘Ilmiyyah wal Ifta yang diketuai oleh Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alu Syaikh dan Syaikh Abdullah Al-Ghudayyan, Syaikh Bakr Abu Zaid, Syaikh Shalih Al-Fauzan rahimahumullah sebagai anggota telah berfatwa :

“Yang dimaksud disini adalah bahwa tidak terdapat pujian (dalam syariat) kecuali jika disertai amal. Inilah perkataan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah tentang iman, barangsiapa yang menukil selain itu dari Syaikhul Islam maka ia telah berdusta atas beliau.

Adapun yang terdapat dalam hadits Syafa’at bahwa ada suatu kaum yang masuk surga “tanpa beramal sedikitpun”, tidaklah hadits itu umum berlaku bagi tiap orang yang meninggalkan amal sedangkan ia mampu melakukannya. Akan tetapi hadits itu khusus bagi mereka yang memiliki udzur karena terhalang dalam beramal atau sebab yang semisal karena telah jelasnya nash-nash yang muhkam dan ijma’ salafus shalih dalam bab ini.  

Ketika telah jelas bagimu perkara tersebut, maka Lajnah Daimah melarang dan memperingatkan dari perdebatan dalam ushul aqidah karena di dalamnya terdapat kerusakan yang besar.

Lajnah mewasiatkan untuk kembali kepada kitab-kitab salafus shalih dan ulama Islam yang dibangun di atas Al-Qur’an,As-Sunah dan ucapan salaf kemudian memperingatkan dari kitab-kitab yang menyelisihi salaf dan kitab-kitab yang baru ditulis oleh sebagian orang yang masih belajar dengan tidak mengambil ilmu dari ulama dan sumber aslinya. Mereka telah merusak ushul i’tiqad yang agung ini dan membangunnya di atas pemahaman Murji’ah lalu menisbatkannya secara dzalim kepada Ahlu Sunah wal Jama’ah kemudian menipu manusia dengan hal tersebut. Mereka menisbatkannya kepada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan para ulama salaf dengan nukilan yang keliru, mengambil ucapan ulama yang mutasyabih dan tidak mengembalikannya kepada ucapan ulama yang muhkam.

Sungguh kami menasehatkan kepada mereka untuk bertakwa kepada Allah, kembali kepada kebenaran dan janganlah mereka menjadi shaf terdepan dalam membela aqidah yang batil ini. Lajnah juga memperingatkan kaum muslimin untuk tidak menipu umat dan membantu mereka dalam menyebarkan aqidah yang menyelisihi jama’atul muslimin Ahlu Sunnah wal Jama’ah. Semoga Allah memberikan ilmu yang bermanfaat, amal shalih dan pemahaman yang benar dalam agama dengan taufik dari-Nya. Shalawat dan salam tercurah pada nabi kita Muhammad, keluarganya, sahabatnya dan kaum  muslimin seluruhnya.”

السؤال الثالث عشر  للشيخ الراجحي  :
هناك بعض الأحاديث التي يستدل بها البعض على أن من ترك جميع الأعمال بالكلية فهو مؤمن ناقص الإيمان كحديث (لم يعملوا خيرا قط) وحديث البطاقة وغيرها من الأحاديث ؛ فكيف الجواب على ذلك ؟

فأجاب الشيخ الراجحي حفظه الله :
ليس في هذه الأحاديث حجة لهذا القائل فمن ترك جميع الأعمال بالكلية وزعم أنه يكتفي بما في قلبه من التصديق كما سبق فإنه لا يتحقق إيمانه إلا بالعمل ، وأما أحاديث الشفاعة ؛ يخرج قوما من النار لم يعملوا خيرا قط ، قال العلماء : المعنى (لم يعملوا خيرا قط) أي زيادة على التوحيد والإيمان ولا بد من هذا ؛ لأن النصوص يُضم بعضها إلى بعض وقد دلت النصوص على أن الجنة حرامٌ على المشركين


Pertanyaan ke 13 kepada Syaikh Ar-Rajihi hafidzahullah :


"Disana terdapat hadit-hadits yang digunakan dalil sebagian orang untuk menyatakan bahwa barangsiapa yang meninggalkan seluruh amal  secara total maka ia adalah seorang mu’min yang kurang imannya (tidak kafir) seperti hadits (seorang yang masuk surga tanpa beramal sedikitpun), hadits bithaqah dan yang lain, bagaimana menjawabnya?"

Syaikh Ar-Rajihi hafidzahullah menjawab : “Hadits-hadits ini bukanlah dalil bagi orang yang menyatakan bahwa seorang yang meninggalkan seluruh amal secara total lalu mencukupkan diri dengan tashdiq dalam hatinya sebagaimana penjelasan yang telah lalu. Imannya belum terwujud kecuali dengan amal. Adapun hadits syafa’at...disebutkan adanya suatu kaum yang dikeluarkan dari neraka dalam keadaan mereka belum pernah beramal sedikitpun. Ulama menyatakan bahwa yang dimaksud dengan “belum pernah beramal sedikitpun” adalah tambahan dari tauhid dan iman yang wajib atasnya. Karena nash-nash harus dikumpulkan (dipahami) antara yang satu dan yang lain, dan telah jelas disebutkan dalam nash bahwa surga diharamkan bagi kaum musyrikin”.

Sumber :    - Aqwal Dzawil ‘Irfan fi Anna A’mal Jawarih Dakhilah fi Musammal Iman
- As’ilah wa Ajwibah fil Iman wal Kufr
- Majallah Al-Buhuts Islamiyyah

Wabillahit taufiq

Ditulis oleh Abul-Harits di Madinah, 29 Rabi’uts Tsani 1433 H

7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mohon maaf, saya mendelete 3 komentar di atas, soalnya - entah kenapa - ketika saya memposting, selalu saja ada kalimat yang terpotong seperti komentar saya tempo hari. Mungkin ada yang error. Oleh karena itu, saya tanggapi singkat di :

    Pokok Iman (Ashlul-Iimaan) Menurut Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah.

    ReplyDelete
  5. 7) Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah

    وقال الشيخ ابن عثيمين رحمه الله (شريط يتضمن أسئلة إدارة الدعوة بقطر)عن مقولة اشتهرت عند القائلين بإسلام تارك أعمال الجوارح حيث قالوا : }لا يكفر المسلم حتى يترك أصل الإيمان القلبي{ ، وأن : }جمهور العلماء وليس المرجئة يقولون بنجاة تارك العمل{. قال الشيخ منكراً هاتين القاعدتين :"هؤلاء يريدون سفك الدماء واستحلال الحرام لماذا صاحب هذا الكتاب ما أصل أصول أهل السنة والجماعة كما أصلها شيخ الإسلام ابن تيمية في العقيدة الواسطية ؟".
    Ketika ditanyakan kepada Syaikh Ibnu Utsaimin –rahimahullah-, perkataan sebagian orang tentang islamnya seorang yang meninggalkan amal jawarih, ucapan mereka (yang berpemahaman Murji’ah) : “seorang muslim tidak dikafirkan hingga ia meninggalkan ashlul iman dalam hati, dan jumhur ulama berpendapat bahwa orang yang meninggalkan amal jawarih akan selamat (dari kekafiran).

    Syaikh Ibnu Utsaimin mengingkari dua kaidah di atas seraya berkata : “Mereka menginginkan tertumpahnya darah, menghalalkan yang haram, kenapa penulis kitab itu tidak membuat Ushul Ahlus-Sunah Wal Jama’ah sebagaimana ushul yang disebutkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Al-Aqidah Al-Wasithiyyah !?”

    REDAKSI LENGKAPNYA SEBAGAIMANA YANG AKH ABUL JAUZAA' KASIH LINK. ALHAMDULILLAH SAYA SUDAH MEMBACANYA, DAN KEBENARAN ADA DI PIHAK AKH ABUL JAUZAA'. HAMPIR SAJA ANA SALAH PAHAMA DG NUKILAN ABUL HARITS TSB.

    DAN SAYA CARI KROSCEKNYA DARI ANTUM (ABUL HARITS) KOK GAK ADA DISINI???! KALO ANTUM TIDAK KUAT BERHUJJAH TOLONG JANGAN MENJADI PENYESAT KAUM AWAM DENGAN CARA MEMOTONG/MENGEDIT PERKATAAN ULAMA SEHINGGA TERPALINGKAN MAKNANYA.

    KALAUPUN ANTUM SALAH, KENAPA TIDAK DIKOREKSI DI SINI DAN MEJELASKAN KESAHALAN NUKILAN TSB???

    WALLAHUL MUSTA'AN, ANA BERLINDUNG KEPADA ALLOH TA'ALA DARI MAKAR ANTUM & YG BERSAMA ANTUM DARI MENYESATKAN UMAT LEWAT MODIFIKASI FATWA ULAMA'.!


    =AZWAR RHOSYIED=

    ReplyDelete
  6. Jazakumullah khairan, semoga Allah membalas antum dengan kebaikan. Silahkan baca artikel ini Sebab-Sebab Kesesatan Tokoh Penyebar Pemikiran Murji’ah Kontemporer

    Mudah-mudahan bermanfaat

    ReplyDelete