Thursday, October 10, 2013

Manhaj Syaikh Rabii' Menurut Tiga Ulama Kibar

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

“Agama Islam dapat sempurna dengan dua perkara:

Pertama: mengenal keutamaan para imam, hak-hak mereka, kedudukan mereka dan meninggalkan sesuatu yang mengantarkan celaan terhadap mereka.

Kedua:  nasehat  bagi  Allah  ‘azza wajalla,  kitab-Nya,  rasul-Nya,  para  Imam kaum  muslimin  dan  keumuman  kaum  muslimin.  Dan  menjelaskan  apa  yang diturunkan Allah ‘azza wajalla berupa penjelasan dan hidayah. Dan tidak ada pertentangan  –insya  Allah-  antara  dua  poin  tersebut  bagi  orang  yang dilapangkan dadanya oleh Allah ‘azza wajalla. Hanya saja yang merasa sempit dadanya salah satu dari dua orang: seorang yang  jahil  tentang kedudukan dan udzur yang diberikan kepada mereka dan seorang yang jahil tentang syari’at dan prinsip-prinsip dalam hukum (Islam)” [Al-Fatawa Al-Kubraa, 3/177-178]

Penilaian Syaikh Al-Albani, Syaikh Ibnu Baz dan Syaikh Ibnu Utsaimin terhadap Syaikh Rabii’ secara umum


Syaikh Al-Albani rahimahullah berkata:

وباختصار أقول: إن حامل راية الجرح والتعديل اليوم في العصر الحاضر وبحق هو أخونا الدكتور ربيع، والذين يردون عليه لا يردون عليه بعلم أبداً، والعلم معه،

“Secara ringkas aku menyatakan bahwa pembawa bendera Al-Jarh wat Ta’dil pada hari ini dan masa ini dengan sebenar-benarnya adalah Akhuna Dr. Rabi’. Orang-orang yang membantah beliau, sama sekali tidak membantah beliau dengan ilmu. Sedangkan Ilmu bersama beliau.” [Kaset berjudul Al-Muwazanaat Bid’atul Ashr]

Syaikh Abdullah bin Muhammad Amir Al-Ahmary hafidzahullah berkata:

سماحة شيخنا ابن باز رحمه الله عندما سألته قبل أكثر من أربعة عشرعامًا ، فقلت:
يا شيخنا: الشيخ ربيع يطعن في فلان وفلان وفي الدعاة؟!

فقال الشيخ: اتق الله ، فالرجل إمام في السنة.
وقال شيخنا في مجلس آخر: وما عرفنا بعض الأشياء عن هؤلاء إلا لما نبهنا عليها بعض المشايخ

Tatkala aku bertanya pada Samahatu Syaikhinaa Ibnu Baz rahimahullah lebih dari 14 tahun yang lalu. Aku berkata pada beliau: “Wahai syaikh kami, Syaikh Rabi’ mencela fulan, fulan dan para da’i !!”.

Lalu Syaikh Ibnu Baz pun menjawab: “Bertakwalah engkau pada Allah, beliau (Syaikh Rabi’ –pen) adalah imam dalam As-Sunnah”.

Syaikh kami (Ibnu Baz –pen) berkata dalam majelis yang lain: “Tidaklah kami mengetahui beberapa permasalahan dari mereka, kecuali setelah sebagian masyayikh mengingatkan kami tentang hal tersebut” [An-Nuqulaat As-Salafiyyah fi Ar-Radd ‘ala Ath-Tha’ifah Al-Haddadiyyah[1] karya Syaikh Abdullah Al-Ahmary]

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata:

أما بالنسبة للشيخ ربيع فأنا لا أعلم عنه إلا خيراً والرجل صاحب سنة وصاحب حديث

“Adapun tentang Syaikh Rabii’, maka aku tidak mengetahui dari beliau kecuali kebaikan. Beliau adalah Shaahib As-Sunnah dan Shaahib Al-Hadiits” [kaset berjudul Al-As’ilah As-Suwaidiyyah]

Pernah pula ditanyakan kepada Syaikh Ibnu Utsaimin tentang kitab-kitab yang ditulis oleh Syaikh Rabi’, kemudian beliau rahimahullah menjawab:

الظاهر أن هذا السؤال لا حاجة إليه، وكما سئل الإمام أحمد عن إسحاق بن راهويه -رحمهم الله جميعاً- فقال: مثلي يسأل عن إسحاق ! بل إسحاق يسأل عني، وأنا تكلمت في أول كلامي عن الذي أعلمه عن الشيخ ربيع -وفقه الله-، ومازال ما ذكرته في نفسي حتى الآن، ومجيئه إلى هنا وكلمته التي بلغني عنها ما بلغني لاشك أنه مما يزيد الإنسان محبة له ودعاء له

“Yang nampak bahwa pertanyaan seperti ini tidak dibutuhkan. Sebagaimana Imam Ahmad ditanya tentang Ishaq bin Rahawaih rahimahumullah jami’an. Imam Ahmad berkata: ‘Orang seperti aku ditanya tentang Ishaq !! justru Ishaq yang seharusnya ditanya tentang aku’.

Aku telah berbicara tentang masalah ini dari awal tentang apa yang aku ketahui dari Syaikh Rabii’ waffaqahullah. Hal-hal semacam ini masih saja ditanyakan padaku hingga saat ini. Dari ceramah yang beliau sampaikan dan berita yang sampai padaku, maka tidak diragukan lagi bahwa kedatangan Syaikh Rabii’ di sini seharusnya dapat menambahkan doa dan kecintaan manusia terhadap beliau” [Kaset berjudul Ithaaful Kiraam[2]]

Manhaj Syaikh Rabii’ menurut Syaikh Al-Albani

Syaikh Al-Albani rahimahullah berkata:

الشيخ ربيع والشيخ مقبل الداعيين إلى الكتاب والسنة، وما كان عليه السلف الصالح ومحاربة الذين يخالفون هذا المنهج الصحيح هو كما لا يخفى على الجميع إنما يصدر من أحد رجلين : إما من جاهل أو صاحب هوى.

 الجاهل يمكن هدايته ؛ لأنه يظن أنه على شيء من العلم، فإذا تبين العلم الصحيح اهتدى.. أما صاحب الهوى فليس لنا إليه سبيل، إلا أن يهديه الله ـ تبارك وتعالى ـ فهؤلاء الذين ينتقدون الشيخين ـ كما ذكرنا ـإما جاهل فيُعلّم، وإما  صاحب هوى فيُستعاذ بالله من شره، ونطلب من الله -عز وجل- إما أن يهديه وإما أن يقصم ظهره

“Syaikh Rabi’ dan Syaikh Muqbil adalah para da’i yang menyeru pada Al-Kitab dan As-Sunnah sesuai dengan jalan As-Salaf Ash-Shalih, memerangi orang-orang yang menyelisihi manhaj yang benar sebagaimana hal tersebut tidak tersamarkan bagi kita semua. (Oknum yang suka mencela dan merendahkan kedua syaikh tersebut –pen) hanyalah salah satu dari dua tipe manusia, ia adalah seorang yang bodoh atau pengikut hawa nafsu.

Jika ia seorang yang bodoh, maka ada peluang baginya untuk mendapatkan hidayah. Karena ia menyangka bahwa dirinya di atas ilmu, tatkala dijelaskan ilmu yang benar kepadanya, maka ia pun akan mendapatkan hidayah. Adapun pengikut hawa nafsu, kita tidak memiliki harapan terhadapnya. Kecuali jika Allah tabaraka wata’ala menganugrahkan hidayah padanya. Mereka itulah kelompok yang suka mencela dua syaikh tersebut –sebagaimana telah kami sebutkan-. Kemungkinan dia orang bodoh yang harus diajari atau pengikut hawa nafsu yang kita berlindung pada Allah dari keburukannya. Kami memohon pada Allah ‘azza wajalla agar ia diberikan hidayah atau dipatahkan punggungnya.”

فأريد أن أقول إن الذي رأيته في كتابات الشيخ الدكتور ربيع أنها مفيدة ولا أذكر أني رأيت له خطأ، وخروجاً عن المنهج الذي نحن نلتقي معه ويلتقي معنا فيه

“Setelah aku mengamati tulisan-tulisan Syaikh Dr. Rabi’, maka aku ingin menyatakan bahwa kitab-kitab beliau bermanfaat. Aku tidak melihat adanya kesalahan dalam tulisan beliau. Tidak pula keluar dari manhaj yang kami menuntut ilmu (talaqqi) bersama beliau dan tatkala beliau menuntut ilmu bersama kami

* Apakah Syaikh Al-Albani menilai Syaikh Rabi’ memiliki manhaj mutasyaddid sebagaimana yang dipahami oleh sebagian orang?

Syaikh Al-Albani rahimahullah berkata:

وإن كنت أقول دائماً وقلت هذا الكلام له هاتفياً أكثر من مرة أنه لو يتلطف في أسلوبه يكون أنفع للجمهور من الناس سواء كانوا معه أو عليه، أما من حيث العلم فليس هناك مجال لنقد الرجل إطلاقاً، إلا ما أشرت إليه آنفاً من شئ من الشدة في الأسلوب

“Meskipun aku telah menyatakan berulang kali pada beliau via telpon, seandainya beliau (Syaikh Rabi’ –pen) memperhalus metode penyampaiannya tentu hal itu akan lebih bermanfaat bagi kebanyakan manusia, bermanfaat bagi orang-orang yang bersama beliau, maupun orang-orang yang berseberangan dengan beliau. Adapun dari sisi keilmuan, maka tidak ada celah untuk membantah beliau secara mutlak. Kecuali dari sisi kekasaran dalam metode penyampaian sebagaimana telah aku isyaratkan sebelumnya.”

Sumber: Kaset Liqa’ Abil Hasan Al-Ma’ribi ma’a Al-Albani

Manakah yang dimaksud Syaikh Al-Albani dalam perkataannya, Syaikh Rabii’ memang memiliki manhaj mutasyaddid ataukah metode penyampaian beliau yang terlalu keras dalam sebagian kitabnya? Mudah-mudahan para pembaca tidak salah paham..
 
Barangkali Syaikh Al-Albani telah menelaah kitab-kitab tulisan Syaikh Rabi’ yang belum ditelaah oleh yang lain.Tentunya Syaikh Al-Albani rahimahullah lebih mendalami dan mengetahui manhaj Syaikh Rabi’, karena mereka berdua telah bertahun-tahun lamanya menuntut ilmu bersama dan saling memberikan nasehat secara rahasia via telpon. Betapa eratnya persahabatan kedua syaikh tersebut. Berbeda dengan sebagian orang yang memang kegemarannya menjatuhkan kedudukan Syaikh Rabi’ di khalayak umum. Anggaplah ijtihad Syaikh Rabi’ keliru dalam hal ini, sangat disayangkan ternyata metode Syaikh Al-Albani berbeda dengan metode sebagian orang tatkala ingin meluruskan kesalahan Syaikh Rabi’.

Syaikh Al-Albani rahimahullah menceritakan kenangan indahnya bersama Syaikh Rabi’ tatkala mereka berdua bersama-sama menuntut ilmu di Madinah, sementara sebagian orang tanpa merasa canggung berulang kali menggelari Syaikh Rabi’ dengan sebutan “junior”. Allahulmusta’an

* Benarkah Syaikh Al-Albânî mengkritik sikap keras Syaikh Rabî’ terhadap Sayyid Quthub?

Syaikh Al-Albani rahimahullah berkata:

كل ما رددته على سيد قطب حق وصواب، ومنه يتبين لكل قارئ مسلم على شيء من الثقافة الإسلامية أن سيد قطب لم يكن على معرفة بالإسلام بأصوله وفروعه.

فجزاك الله خيراً أيها الأخ الربيع على قيامك بواجب البيان والكشف عن جهله وانحرافه عن الإسلام

“Seluruh bantahan yang kau tulis pada Sayyid Quthub adalah benar dan sesuai. Dari sini maka jelaslah bahwa Sayyid Quthub tidak mengetahui Islam baik pokok-pokonya maupun cabang-cabangnya.

Semoga Allah memberikan balasan kebaikan pada Al-Akh Ar-Rabii’ atas jerih payah beliau menegakkan kewajiban dalam menjelaskan kebodohan dan penyimpangan  Sayyid Quthb dari Islam”. [Ta’liq Syaikh Al-Albani terhadap kitab Al-‘Awashim mimma fi kutubi Sayyid Quthb minal Qawashim]

Manhaj Syaikh Rabi’ menurut Syaikh Abdul Aziz bin Baz

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata:

وإخواننا المشايخ المعروفون في المدينة ليس عندنا فيهم شك، هم أهل العقيدة الطيبة ومن أهل السنة والجماعة مثل الشيخ محمد أمان بن علي، ومثل الشيخ ربيع بن هادي، أو مثل الشيخ صالح ابن سعد السحيمي، ومثل الشيخ فالح بن نافع، ومثل الشيخ محمد بن هادي، كلهم معروفون لدينا بالاستقامة والعلم والعقيدة الطيبة … ولكن دعاة الباطل أهل الصيد في الماء العكر هم الذين يشوشون على الناس ويتكلمون في هذه الأشياء ويقولون المراد كذا وكذا وهذا ليس بجيد، الواجب حمل الكلام على أحسن المحامل

“Diantara saudara-saudara kami masyayikh yang ma’ruf di Madinah. Kami tidak meragukan mereka. Mereka memiliki aqidah yang baik dan termasuk Ahlus-Sunnah wal Jama’ah semisal Syaikh Muhammad Aman bin Ali, Syaikh Rabi’ bin Hadi, Syaikh Shalih bin Sa’ad As-Suhaimi, Syaikh Falih bin Nafi’, Syaikh Muhammad bin Hadi. Mereka seluruhnya dikenal dengan keistiqomahan, keilmuan dan aqidah yang baik...

Namun para da’i penyeru kebatilan dan pembuat makar di air yang keruh, merekalah yang membuat keraguan terhadap manusia. Mereka sembrono berbicara dalam masalah ini, mereka berkata bahwa maksud (syaikh fulan dan fulan -pen) adalah demikian dan demikian. Perbuatan ini sungguh tidak terpuji. Yang wajib bagi mereka adalah membawakan perkataan ulama dengan memahaminya dengan penafsiran yang paling baik.” [Kaset Taudhiih Al-Bayaan]

Tatkala Syaikh Rabi’ selesai menulis kitab “Manhaj Ahlis-Sunnah wal-Jama’ah fi Naqdhir Rijaal wal Kutub wat- Thawa’if”, beliau mengirimkan salinan kitab beliau kepada Syaikh Abdul Aziz bin Baz melalui perantara Syaikh Abdul Aziz Ar-Rajihi rahimahumullah.

Lalu bagaimanakah penilaian Syaikh Ibnu Baz terhadap manhaj Syaikh Rabi’ dalam kitab tersebut?

Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata:

من عبدالعزيز بن عبدالله بن باز إلى حضرة الأخ المكرم صاحب الفضيلة الدكتور ربيع بن هادي مدخلي، وفقه الله لما فيه رضاه، وزاده من العلم والإيمان، آمين.سلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

أما بعد: فأشفع لكم رسالة جوابيَّة من صاحب الفضيلة الشيخ عبدالعزيز بن عبدالله الراجحي حول كتابكم (منهج أهل السنة والجماعة في نقد الرجال والكتب والطوائف) ؛ لأني قد أحلته إليه ؛ لعدم تمكني من مراجعته، فأجاب بما رآه حوله، وقد سرني جوابه والحمد لله، وأحببت إطلاعكم عليه.

وأسأل الله أن يجعلنا وإياكم وسائر إخواننا من دعاة الهدى وأنصار الحق؛ إنه جواد كريم

“Dari Abdul Aziz bin Baz, kepada Saudara yang mulia Shahiib Al-Fadhilah Dr. Rabii’ bin Hadi Madkhali –semoga Allah memberikan taufiq pada beliau agar senantiasa berada dalam keridhaan-Nya dan menambahkan pada beliau ilmu dan iman.- amin..

Salamun ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Amma ba’du,

Aku telah menerima risalah jawaban dari Shahiib Al-Fadhilah Asy-Syaikh Abdul Aziz Ar-Rajihi berkaitan dengan kitab Anda (Manhaj Ahlis-Sunnah wal Jama’ah fi Naqdhir Rijaal wal Kutub wat- Thawaa’if). Aku telah menyerahkan koreksinya pada beliau karena aku tidak dapat memuraja’ah kitab tersebut. Lalu beliau menjawab dan menjelaskan kandungan kitab tersebut padaku. Sungguh jawaban beliau membuatku bahagia, segala puji bagi Allah. Aku merasa bergembira dengan pembahasan Anda dalam permasalahan ini.

Aku memohon pada Allah agar menjadikan Anda dan saudara-saudara kami sebagai  para da’i yang menyeru pada hidayah dan pembela kebenaran. Sesungguhnya Dia Maha Dermawan lagi Maha Mulia” [Muqaddimah Kitab Manhaj An-Naqdh dan Kitab An-Nashr Al-Aziiz]

Syaikh Rabi’ menuturkan kisah pertemuan beliau dengan Syaikh Ibnu Baz,

لقد زرت سماحة الشيخ ابن باز –حفظه الله- فنصحني بالرد على كل مخالف للحق والسنة. ونِعْمَة النصيحة، فما أعظمها، وأوجبها على من يستطيع القيام بها

“Sungguh aku telah mengunjungi Samahatus Syaikh Ibnu Baz –hafidzahullah-. Beliau menasehatkan padaku untuk membantah setiap orang yang menyelisihi kebenaran dan As-Sunnah. Ini adalah sebaik-baik nasehat (beliau padaku –pen). Betapa agung dan wajibnya nasehat tersebut untuk dipenuhi bagi orang-orang yang mampu mewujudkannya” [Izhaaqul Abaathiil hal. 104]

Syaikh Abdul Aziz bin Baz juga pernah mengirimkan surat pada Syaikh Rabi’ sebagai berikut:

((الرقم: 1744/1، التاريخ: 25/5/1415هـ

بسم الله الرحمن الرحيم

من عبدالعزيز بن عبدالله بن باز إلى حضرة المكرم فضيلة الشيخ ربيع بن هادي مدخلي، وفقه الله لكل خير آمين، سلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

بعده: أبعث لفضيلتكم بطيه نسخة من الأوراق المتعلقة بالأخ في الله .... وأرجو من فضيلتكم الاطلاع ثم الإفادة عما تعلمون من حاله حتى نتخذ اللازم على ضوء ذلك إن شاء الله. وفقنا الله وإياكم إلى ما يحبه ويرضاه وبارك في جهودكم إنه خير مسئول. والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته.،،،

مفتي عام المملكة العربية السعودية

ورئيس هيئة كبار العلماء وإدارة البحوث العلمية والإفتاء)).

Bismillahirrahmanirrahiim

Dari Abdul Aziiz bin Abdillah bin Baz kepada yang mulia Fadhilatis Syaikh Rabi’ bin Hadi Madkhali –semoga Allah memberikan taufiq pada beliau dalam setiap kebaikan- amin.

Salamun ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh, waba’dahu

Aku telah mengirimkan pada Anda nuskhah dari lembaran-lembaran yang berkaitan dengan Al-Akh fillah... Aku berharap pada Anda untuk menelitinya, kemudian memberikan faidah dari apa yang Anda ketahui dari keadaan orang tersebut, sehingga aku dapat memberikan penilaian berdasarkaan timbangan Anda insya Allah.

Semoga Allah memberikan taufik pada Kami dan Anda pada hal-hal yang dicintai dan diridhai-Nya, lalu memberikan keberkahan atas kesungguhan Anda. Sesungguhnya Dia lah sebaik-baik dzat tempat kita memohon. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Mufti Umum Kerajaan Arab Saudi dan Ketua Ha’iah Kibar Ulama dan Idaarah Buhuuts wal Ilmiyyah wal Iftaa’ [Tertanggal 25/5/1415 no. surat 1/1744]
***

Meskipun Syaikh Rabi’ tidak tergabung dalam Hai’ah Kibarul Ulama maupun angota Al-Lajnah Ad-Da’imah, bukankah beliau telah menjabat sebagai Roiis Qism As-Sunnah di masa kepemimpinan Syaikh Ibnu Baz tatkala menjabat sebagai rektor di Universitas Islam Madinah? Tidakkah Syaikh Ibnu Baz rahimahullah khawatir jika nantinya para mahasiswa Univertas Islam Madinah berubah menjadi kelompok salafy mutasyaddid dan gemar mentahdzir secara membabi buta !! Sungguh jika demikian keadaannya, kebijakan Syaikh Ibnu Baz membiarkan Syaikh Rabi’ menjabat sebagai Raiis Qism As-Sunnah akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak...

Padahal telah ma’ruf bahwa kritikan dan sikap keras Syaikh Rabi’ terhadap para da’i yang menyimpang telah diketahui oleh Syaikh Al-Albani, Syaikh Ibnu Baz dan Syaikh Ibnu Utsaimin di masa mereka bertiga masih hidup, bukan baru dimulai belakangan ini setelah wafatnya para masyayikh kibar.

Syaikh Khalid Azh-Zhafiri hafidzahullah berkata:

وقد سمعت بأذني الشيخ ابن باز –رحمه الله- يقول مخاطباً الشيخ ربيعاً: ((يا شيخ ربيع رد على كل من يخطئ، لو أخطأ ابن باز رد عليه، لو أخطأ ابن إبراهيم رد عليه))… وأثنى عليه ثناءً عاطراً، والله على ما أقول شهيد

“Sungguh aku mendengar dengan kedua telingaku tatkala Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata pada Syaikh Rabi’:

“Wahai Syaikh Rabi’, bantahlah setiap orang yang terjatuh pada kesalahan. Seandainya Ibnu Baz terjatuh pada kesalahan, maka bantahlah. Seandainya (Muhammad –pen) bin Ibrahim (Alus Syaikh –pen) terjatuh dalam kesalahan, maka bantahlah”

Lalu Syaikh Ibnu Baz memberikan pujian yang indah pada Syaikh Rabi’. Sungguh Allah menjadi saksi atas perkataanku” [Ats-Tsana’ul Badii’]

Lihatlah, betapa besarnya kepercayaan Syaikh Ibnu Baz terhadap Syaikh Rabii’ dalam permasalahan manhaj dan tulisan-tulisan bantahan beliau...

Manhaj Syaikh Rabii’ menurut Syaikh Ibnu Utsaimin
                                      
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata:

إننا نحمد الله سبحانه وتعالى أن يسر لأخينا الدكتور ربيع بن هادي المدخلي أن يزور هذه المنطقة حتى يعلم من يخفى عليه بعض الأمور أن أخانا وفقنا الله وإياه على جانب السلفية طريــق السلف، ولست أعني بالسلفية أنها حزب قائم يضاد لغيره من المسلمين لكني أريد بالسلفية أنه على طريق السلف في منهجه ولاسيما في تحقيق التوحيد ومنابذة من يضاده

“Sungguh kami memuji Allah subhanahu wata’ala yang telah memudahkan Akhina Dr. Rabii’ bin Hadi Al-Madkhali untuk berkunjung di wilayah ini. Hingga orang-orang yang tersamarkan atas mereka beberapa permasalahan akan mengetahui bahwa Akhuna (Syaikh Rabii’-pen) –semoga Allah memberikan taufik pada kami dan beliau- berada di atas As-Salafiyyah dan mengikuti jalan As-Salaf. Bukanlah yang aku maksud dengan As-Salafiyyah adalah suatu kelompok yang gemar menyerang kelompok yang lain sesama muslim. Namun yang aku maksud dengan As-Salafiyyah bahwasanya beliau berada di atas jalan As-Salaf dalam manhajnya, terutama dalam pengamalan terhadap tauhid dan permusuhan terhadap orang-orang yang menyimpang darinya”. [Kaset Ithaaful Kiraam]

Syaikh Ibnu Utsaimin pernah ditanya,

ما هي نصيحتكم لمن يمنع أشرطة الشيخ ربيع بن هادي بدعوى أنها تثير الفتنة...

“Apa nasehat Anda bagi orang-orang yang melarang untuk mendengarkan kaset-kaset Syaikh Rabii’ bin Hadi dengan alasan dapat menimbulkan fitnah...”

Beliau rahimahullah menjawab:

رأيُنا أن هذا غلطٌ وخطأٌ عظيم، والشيخ ربيع من علماء السنة، ومن أهل الخير، وعقيدته سليمة، ومنهجه قويم.

لكن لما كان يتكلم على بعض الرموز عند بعض الناس من المتأخرين وصموه بهذه العيوب

“Menurutku ini merupakan sebuah kekeliruan dan kesalahan yang besar. Syaikh Rabii’ termasuk ulama As-Sunnah dan penyeru kebaikan. Beliau memiliki aqidah yang benar dan manhaj yang lurus. Tatkala beliau berbicara terhadap para tokoh kesesatan di kalangan mutaakhirin, mereka menggelari beliau dengan aib ini” [Kaset berjudul Kasyful Litsaam]

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah juga pernah ditanya,

يقال أن منهج الشيخ ربيع يخالف منهج أهل السنة والجماعة؟

“Dikatakan bahwa manhaj Syaikh Rabi’ menyelisihi manhaj Ahlus-Sunnah wal Jama’ah?”

Beliau rahimahullah menjawab:

ما أعلم أنه مخالف، والشيخ ربيع أثنى عليه أهل العلم المعاصرين، أنا ما أعرف عنه إلا خيرا

“Aku tidak mengetahui bahwa beliau menyelisihi (manhaj Ahlus-Sunnah –pen). Para ulama di masa ini telah memberikan pujian terhadap Syaikh Rabii’. Aku tidak mengetahui tentang beliau kecuali kebaikan.” [Kaset berjudul Tsana’ul Aimmati Ad-Da’wah]

Hanya ini yang dapat penulis nukilkan, mudah-mudahan bermanfaat.


Ditulis oleh Abul-Harits di Madinah, 5 Dzulhijjah 1434


[1] Kitab An-Nuqulaat As-Salafiyyah telah diberikan rekomendasi (taqdim) oleh Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Ahmad An-Najmi dan Syaikh Hafidz Tsana’ullah Az-Zahid Al-Bakistani
[2] Kaset ini direkam di Unaizah tatkala Syaikh Rabi’ menyampaikan muhadharah di sana

12 comments:

  1. alhamdulillah. . . Jazakallahu khairan ustadz . .

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, baarakallaahu feek wa jazzakallaahu khaeeran katsira Ustadzuna,...

    ReplyDelete
  3. semoga Allah meluruskan langkah Al-Akh Firanda dan mengembalikan beliau kepada kebenaran... Amin

    ReplyDelete
  4. ustadz... Akh Firanda telah mejatuhkan nama Syeik Robi', padahal sejumlah Kibar Ulama telah memuji beliau...

    ReplyDelete
  5. ustadz... Akh Firanda telah menulis sebuah kesimpulan tersendiri (tidak ada yang mendahului dia sebelumnya mnurut sepengetahuan ana), untuk mnjatuhkan slah seorg ulama yg telah dipuji para ulama...

    ReplyDelete
  6. ana jd penasaran nih, apakah teman2 Firanda setuju dgn perbuatan Firanda ini???

    ReplyDelete
  7. Syaikh Rabi' telah memberikan sikap keras dan lembut beliau pada tempatnya. Sebagaimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun terkadang bersikap keras pada sebagian sahabatnya yang terjatuh pada kesalahan.

    Sebagai contoh,

    1. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menghajr sahabat Ka'ab bin Malik lebih dari sebulan lamanya, kerena beliau tidak ikut jihad tanpa udzur

    2. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah menegur dengan keras Mu'adz bin Jabal tatkala menjadi imam shalat kaumnnya. Tatkala ada seorang pemuda yang memisahkan diri dari jama'ah shalat, lalu Mu'adz munuduh pemuda tersebut sebagai munafik.

    Rasulullah marah besar kepada Mu'adz lalu berkata: "Apakah engkau mau menjadi tukang fitnah wahai Mu'adz??"

    3. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah marah besar kepada sahabat Usamah bin Zaid tatkala ada seorang musyrikin yang berucap syahadat di medan perang, namun beliau tetap memenggal lehernya. Karena tatkala itu Usamah mengira ia bersyahdat karena takut pedang.

    Lalu Rasulullah pun marah besar kepada Usamah, hingga Usamah berangan-angan seandainya ia belum masuk Islam ketika itu.

    Bukti kelemah-lembutan Syaikh Rabi' dalam dakwahnya ada dalam artikel berikut,

    Dakwah Syaikh Rabi' Diterima Oleh Sebagian Thariqah Tijaniyyah Shufiyyah di Sudan

    Surat Terbuka Asy-Syaikh Rabi’ kepada Paus Benedictus, Para Pendeta dan ummat Kristen

    Syaikh Rabi' hanyalah bersikap keras terhadap para da'i yang terjatuh dalam kebid'ahan, namun setelah dinasehati bertahun-tahun lamanya. Ia malah membantah dan menyombongkan diri. Tidaklah pantas orang-orang smodel mereka diberikan kelembutan.

    Tatkala Syaikh Muhammad Aman Al-Jami, Syaikh Muqbil dan Syaikh Ahmad An-Najmi masih hidup, mereka tidak berani secara terang-terangan menggelari Syaikh Rabi' mutasyaddid. Di belakang Syaikh Rabi' masih ada para ulama kibar, bahkan Syaikh Al-Albani, Syaikh Ibnu Baz dan Syaikh Ibnu Utsaimin memerikan dukungan penuh.

    Ketahuilah, di masa hidup Syaikh Al-Albani, Syaikh Ibnu Baz dan Syaikh Ibnu Utsaimin, mereka berusaha menjatuhkan Syaikh Rabi' dengan mencari fatwa masyayikh kibar.Namun justru para masyayikh kibar memuji dan mendukung Syaikh Rabi' dalam tulisan bantahan-bantahannya. Usaha mereka gagal. Tatkala para ulama tersebut wafat, muncullah mereka membuat keonaran, membuat tulisan untuk menjatuhkan para ulama ahlus-sunnah.

    ReplyDelete
  8. Ustadz, Firanda akhirnya mundur dr bantahanx trhdp ust. Dzulqarnain, begitulah balasan org yg terlalu semangat melecehkan ulama. Setelah syek robi dianggap beraqidah khawarij, disusul dgn dijatuhknnya sykh assuhaimy, akhirx dia dipermalukan... kasian ya... jdx minta dialog terbuka, belum kapok ya

    ReplyDelete
  9. Sikap Ustadz Firanda tersebut patut disyukuri dan diberikan ungkapan terima kasih yang mendalam. Karena dengan hal itu, berarti beliau akan berusaha menerima kritikan dan nasehat

    Menurut hemat saya, biarlah Ustadz Dzulqarnain dan Ustadz Luqman hafidzahumullah menyelesaikan tulisan bantahannya hingga tuntas. Setelah itu, jika memang ingin berdialog maka silahkan.

    Namun jika ajakan Ustadz Firanda untuk berdialog terbuka atau menghentikan tulisannya hanya bertujuan untuk menghentikan tulisan berseri Ustadz Dzulqarnain, saya kurang setuju. Lebih baik beliau bersabar menunggu. Bukankah Ustadz Dzulqarnain juga telah bersabar ketika Ustadz Firanda menulis berbagai bantahannya terhadap "jama'ah tahdzir" dari seri 1-11..

    Saya hanya dapat berdo'a, semoga Allah mengembalikan pihak yang keliru ke jalan kebenaran, melembutkan hati salafiyyin dan memudahkan jalan para asatidzah untuk ishlaah

    Innahu waliyyu dzalika wal qaadiru 'alaihi..

    ReplyDelete
  10. Ustadz, bagaimana sikap salafy yg baik dlm menghadapi fitnah?

    ReplyDelete