Thursday, February 21, 2013

Syaikh Ahmad Bazmul "Asisten Profesor" di Universitas Ummul Quraa'


Biografi Syaikh Ahmad Bazmul hafidzahullah dalam tulisan ini diambil dari website resmi Universitas Ummul Quraa’, Makkah. Bagi yang belum mengenal beliau atau yang menyatakan beliau tidak ma’ruf, maka sekaranglah saat yang tepat untuk berkenalan dengan beliau, seorang yang alim lagi tawadhu’.


Nama dan Nasab

Beliau adalah Ahmad bin Umar bin Salim bin Ahmad bin Abud Abu Umar Bazmul As-Salafi Al-Makki Ar-Rahabi. Bazmul merupakan sebuah kabilah yang dinisbahkan pada wilayah Kindah.

Kelahiran dan Pengalaman Menuntut Ilmu

Beliau adalah seorang pengajar di Masjid Al-Haram. Dilahirkan di Makkah Al-Mukarramah pada 5 Jumadil Ula 1391 Hijriyyah. Di kota inilah beliau tumbuh dan mulai menuntut ilmu di hadapan para ulama. Beliau menimba ilmu dan banyak bermulazamah pada kakak kandungnya yaitu Syaikh Muhammad bin Umar Bazmul hafidzahullah. Diantara kitab-kitab yang beliau pelajari bersama kakaknya adalah Kitabut Tauhid karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, Muqaddamah fi Ushulit Tafsir karya Syaikhul Islam Ibnu Taimyyah, Kitab Al-Itqan fi Ulumil Qur’an, dan masih banyak kitab-kitab yang lain. Hingga Syaikh Muhammad Umar Bazmul hafidzahullah memberikan ijazah seluruh periwayatan hadits dan kitab-kitab beliau pada adiknya.

Diantara guru beliau yang lain adalah Syaikh Washiyullah Abbas hafidzahullah. Di hadapan Syaikh Washiyullah Abbas beliau belajar kitab Nuzhatun Nazhar. Beliau juga banyak menghadiri pelajaran-pelajaran syaikh ketika membahas kitab Umdatul Ahkam. Tatkala Syaikh Ahmad Bazmul mengenyam pendidikan tingkat Magister di Universitas Ummul Quraa’, beliau belajar ilmu Takhrij dan Dirasah Asanid pada syaikh.

Sejumlah ulama telah memberikan ijazah periwayatan pada Syaikh Ahmad Bazmul sekaligus memberikan rekomendasi pada beliau untuk mengajar. Para ulama yang memberikan ijazah periwayatan pada beliau berjumlah lebih dari seratus syaikh yang berasal dari berbagai wilayah negara.

Syaikh Ahmad Bazmul lulus dari jenjang pendidikan S1 pada tahun 1415 H dengan predikat cumlaude. Kemudian lulus dari jenjang Magister pada tahun 1419 H juga dengan predikat cumlaude. Thesis beliau ketika itu berjudul “Al-Hadits Al-Mudhtharib Dirasah wa Tathbiq ‘ala Sunan Al-Arba’ ”. Lalu beliau berhasil mendapatkan gelar Doktor pada tahun 1427 H juga dengan predikat cumlaude. Desertasi beliau berjudul “Takhrij Al-Ahadits wal Atsar Al-Muta’alliqah bit Tafsir minal Mu’jam Al-Ausath li Ath-Thabrani min Suratil Ma’idah ila Akhiri Al-Qur’an”.

Pujian Para Ulama

Para ulama banyak memberikan pujian pada beliau baik melalui tulisan maupun wasiat ilmiyyah agar beliau diberikan hak untuk mengajar. Diantaranya adalah tazkiyah yang diberikan oleh Syaikh Muhammad bin Abdullah As-Subayyil rahimahullah seorang Imam dan Khatib di Masjid Al-Haram. Belum lama ini Syaikh As-Subayyil meninggal, kabar ini penulis ketahui setelah mendengarkan khutbah Jum’at Syaikh As-Sudais di Masjid Al-Haram beberapa bulan yang lalu.

Syaikh Muhammad bin Abdullah As-Subayyil rahimahullah berkata:

إن الأخ الشيخ أحمد بن عمر بن سالم بازمول، أحد طلبة العلم الخيرين، وحاصل على شهادة الماجستير من جامعة أم القرى، وله جهود مباركة في الدعوة إلى الله، وتبصير الناس بأمور دينهم، وقد عرفناه بحسن معتقده، وسيره على منهج أهل السنة والجماعة، محذراً من أهل البدع والأهواء

“Sungguh Al-Akh Asy-Syaikh Ahmad bin Umar bin Salim Bazmul adalah salah satu thalibul ilmi yang baik. Beliau telah berhasil melewati jenjang pendidikan Magister di Universitas Ummul Quraa’. Beliau memiliki kesungguhan dalam dakwah yang diharapkan mendapatkan barakah dari Allah. Kami telah mengenalnya, beliau memiliki aqidah yang baik dan berada di atas manhaj Ahlus-Sunnah wal Jama’ah. Beliau juga gemar memperingatkan kaum muslimin dari Ahlul-Bid’ah dan para pengikut hawa nafsu.”[20/10/1423 H]

Syaikh Washiyullah Abbas hafidzahullah berkata:

إن الطالب الأخ أحمد بن عمر بازمول، أحد طلاب كلية الدعوة، قد تخرج فيها، والتحق الآن بالدراسات العليا قسم الكتاب والسنة، قد عرفته منذ عدة سنوات، درسته في الكلية بعض مواد القسم.
وهو على ما عرفته طالب علم مجد ومجتهد، ذو خلق حسن، وسلوك مرضي، واطلاعه في تخصصه واسع بالنسبة لمستواه الدراسي، حسب ما ظهر لي، نرجو منه الاستمرار في الطلب والتحصيل، وندعو الله أن ينفع به…

“Al-Akh Ath-Thalib Ahmad bin Umar Bazmul adalah salah seorang mahasiswa Fakultas Dakwah yang telah lulus beberapa waktu yang lalu. Sekarang beliau sedang melanjutkan studi pascasarjana di bidang Al-Kitab was Sunnah. Aku telah mengenalnya semenjak beberapa tahun yang lalu ketika aku mengajarkan padanya beberapa mata kuliah di Universitas Ummul Quraa’.

Selama aku mengenalnya, beliau adalah seorang thalibul ‘ilmi yang bersungguh-sungguh dan bersemangat dalam menuntut ilmu, memiliki akhlak yang baik dan etika yang luhur. Kemampuannya dalam membahas bidang ilmu yang ia dalami sungguh mengagumkan, dilihat dari tingkat pendidikan beliau ketika itu. Ini sebatas yang aku ketahui.

Aku berharap agar beliau terus menuntut ilmu dan bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya. Kami memohon pada Allah agar memberikan manfaat (pada Islam dan kaum muslimin –pen-) melalui beliau...”[17/4/1415]

Bahkan Syaikh Shalih Al-Fauzan hafidzahullah pun pernah memberikan pujian dan mendoakan beliau. Syaikh Shalih Al-Fauzan hafidzahullah berkata:

الحمد لله وبعد: فقد قرأت هذا الكتاب الذي هو من تأليف الأخ في الله: أحمد بن عمر بن سالم بازمول، في موضوع كشف شبهات الخوارج فوجدته بحمد الله وافياً في موضوعه في رد شبهات هذه الفرقة المارقة المفسدة ...فجزى الله المؤلف لهذا الكتاب خير الجزاء فهو إسهام منه جيد منه في دفع خطر هؤلاء، وإبطال شبهاتهم، نفع الله بهذا الكتاب، ورد به كيد الأعداء

Alhamdulillah wa ba’du, aku telah membaca kitab yang ditulis oleh Al-Akh fillah Ahmad bin Umar bin Salim Bazmul yang berisi bantahan terhadap Syubhat Khawarij. Maka Alhamdulillah, aku melihat tulisan beliau cukup untuk membantah syubhat kelompok ini yang gemar melakukan penyesatan dan perusakan..

Semoga Allah memberikan balasan yang baik pada penulis kitab ini. Penulis telah memberikan andil yang berharga dalam menolak bahaya syubhat Khawarij sekaligus membantah kerancuan-kerancuan pemikiran mereka. Semoga Allah mengembalikan tipu daya mereka dan memberikan manfaat (pada kaum muslimin –pen-) melalui kitab ini”[7/3/1425]

Perjalanan Dakwah

Beliau aktif mengajar di beberapa Ma’had Ilmiyyah. Beliau mulai mengajar di Ma’had Al-Haram, Makkah pada tahun 1418 H setelah beliau diuji dalam bidang Al-Qur’an, Tajwid, Aqidah, Tafsir, Ushul Tafsir, Hadits, Ulumul Hadits, Fiqh, Ushul Fiqh, Mawarits, Nahwu dan Balaghah di hadapan masyayikh. Diantara masyayikh yang menguji beliau adalah Syaikh Yahya bin Utsman Al-Mudarris, Syaikh Sayyid Shadiq Al-Anshari, Syaikh Musa As-Sukri, Syaikh Abdullah At-Tanbakuti dan Syaikh Ikramullah Imdadul Haqq. Maka Al-Lajnah telah mengakui keahlian dan kapasitas keilmuan beliau hingga beliau diberi izin menjadi pengajar tetap di Ma’had.

Selain itu beliau diberikan kepercayaan untuk mengajarkan beberapa bidang keilmuan seperti Tafsir, Hadits, Musthalah dan Takhrij di Ma’had Manabirus Su’ada dan Ma’had Al-Ilmi An-Nasawi. Beliau juga mengajar mata kuliah Ahaditsul Ahkam, Fiqh, Mawarits, Qawa’id Ushuliyyah dan Takhrij Al-Furu’ ‘alal Ushul di Universitas Thaif. Beliau juga aktif mengisi kajian di beberapa Radio Islami. Misal sebagai nara sumber di Radio Idza’atul Qur’an dengan tema “Ma Laa Yashihhhu fis Shaum” dan di Radio Nida’ul Islam dengan tema “Al-Minnah fi Nasyris Sunnah”. Di samping itu, beliau biasa diminta untuk mengisi acara daurah ilmiyyah di berbagai masjid.

Sekarang beliau adalah Asisten Profesor yang mengajar di Universitas Ummul Quraa’ fakultas “Mu’allimin” bidang “Dirasah Al-Islamiyyah” dan menjabat sebagai khatib pengganti di Kementrian Waqaf dan Syu’un Islamiyyah.

Karya Tulis

Diantara kitab dan karya tulis ilmiyah beliau adalah:

- Risalah Umar bin Al-Khattab ila Abi Musa Al-Asy’ari fil Qadha wa Adabihi Riwayatan wa Dirayatan

- Al-Muqtarib fi Bayanil Mudhtharib

- Al-Madarij fi Kasyfi Syubuhatil Khawarij

- As-Sunnah fima Yata’allaqu bi Waliyyil Ummah

- Ad-Durar As-Saniyyah fi Tsanail Ulama ‘alal Mamlakah Al-Arabiyyah As-Su’udiyah

- Daulah At-Tauhid was Sunnah

- Tuhfatul Alma’i bi Ma’rifati Hududil Mas’a wa Ahkamus Sa’i

- Hujjiyatul Ahadits An-Nabawiyyah Al-Waridah fit Thibb wal ‘Ilaj

- Khuthuratu Naqdhil Hadits

- An-Najmul Badi fi Tarjamah Asy-Syaikh Yahya bin Utsman Adzim Abadi As-Salafi

- Al-Hadits Al-Mudhtharib Dirasah wa Tathbiq ‘ala Sunan Al-Arba’ (risalah Magister beliau)

- Takhrij Al-Ahadits wal Atsar Al-Muta’alliqah bit Tafsir minal Mu’jam Al-Ausath li Ath-Thabrani min Suratil Ma’idah ila Akhiri Al-Qur’an (risalah Doktor beliau) dan masih banyak karya tulis beliau yang lain.

Semoga sedikit dapat memberikan pencerahan..


Sumber : kitab Al-Mudarrisun bil Masjid Al-Haram (Para Pengajar di Masjid Al-Haram) karya Syaikh Prof. Manshur An-Naqib.

Dikutip oleh Abul-Harits di Madinah, 11 Rabi’uts Tsani 1434 H

7 comments:

  1. Memangnya ada yang bilang tidak ma'ruf ya tadz? Atau barangkali maksudnya adalah tidak ma'ruf sebagai "ulama besar" ketika disandingkan dengan nama-nama seniornya.

    ReplyDelete
  2. Saya bukan ustadz. Iya, mungkin maksudnya demikian. Meskipun bukan ulama kibar, saya berharap kita sebagai thalibul ilmi tidak merendahkan kedudukan beliau. Afwan, barangkali antum keberatan dengan judul artikel di atas. Insya Allah saya akan ganti, agar tidak ada lagi kesan negatif.

    Barakallahufikum

    ReplyDelete
  3. Pernyataan tersebut juga diingkari oleh sebagian masyayikh yang sering antum undang dauroh ke Indonesia tiap tahun.

    Syaikh Ali Hasan Al-Halabi pernah mengingkari ungkapan tersebut dalam perkataannya:

    أما أن يرد الكلام على قائله لمجرد أن قائله ليس من العلماء الكبار فلا لمخالفته الأصل وهو أن الحق لا يعرف بالرجال

    “Adapun menolak perkataan seseorang hanya dengan alasan ia bukan termasuk ulama kibar, maka hal itu tidak (diperbolehkan –pen-) karena menyelisihi prinsip Ahlus-Sunnah yaitu kebenaran tidaklah diukur dari individu tertentu.” [Manhajus Salaf hal. 53]

    Maka kenalilah kebenaran, niscaya kita akan mengetahui orang-orang yang berada di atasnya.

    wabillahittaufiq

    ReplyDelete
  4. Dr. Ahmad Baazmuul itu belum profesor. Coba dicek. Beliau itu baru asisten profesor yang bahasa arabnya : أستاذ مساعد. Dalam dunia akedemik, profesor dengan asisten profesor sangat beda.

    Sumber : http://uqu.edu.sa/page/ar/68005.

    Di situ tertulis :

    وهو الآن أستاذ مساعد بجامعة أم القرى كلية المعلمين قسم الدراسات الإسلامية. كما أنه خطيب احتياطي بوزاة الأوقاف والشئون الإسلامية.

    ReplyDelete
  5. Jazakumullah khairan atas koreksi antum, ini sekaligus sebagai ralat judul artikel di atas. Mungkin saya kurang teliti dalam menerjemahkan artikel tersebut atau bahkan kosakata bahasa Arab saya yang masih minim.

    Jika Syaikh Ahmad Bazmul hafidzahullah menjabat sebagai "Al-Ustadz Al-Musa'id" (asisten profesor) di Universitas Ummul Qura'. Alhamdulilah di Universitas Islam Madinah, kami memiliki Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaily hafidzahullah yang juga menjabat sebagai "Al-Ustadz Al-Musa'id" di Fakultas Syari'ah. barakallahfiik

    ReplyDelete
  6. Antum kuliah di Madinah? Berarti punya ijazah?!! Kenapa sekarang para ustadz menyuruh anak-anak yang sekolah supaya keluar dan melarang sekolah yang ada ijazahnya?!!
    Kata para ustadz, tidak semua pengajar di Universitas Madinah adalah salafy.Kok antum kuliah di sana sich?!?
    Membingungkan???????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak pernah melarang sekolah berijazah. Ijazah adalah perkara yang mubah (boleh-boleh saja). Apabila untuk memperoleh perkara yang mubah, seorang harus melakukan berbagai perbuatan yang menyelisihi syariat, apakah hal itu dibenarkan?

      Apabila di sana ada sekolah atau madrasah atau ma'had yang tidak menyelisihi syariat dalam memperoleh ijazah kelulusan, tidak apa-apa kita menyekolahkan anak-anak kita di sekolah tersebut insya Allah. Semoga dapat dipahami.

      Memang tidak semua staf pengajar di Universitas Islam Madinah salafy, namun kurikulum di sini dibangun di atas manhaj salaf. Para pengajarnya pun tidak keluar dari kurikulum tersebut dalam penyampaian materi kuliah. Setahu saya tidak ada seorang pun dari ulama besar ahlus-sunnah yang mengkritik Universitas Islam Madinah. Mungkin ada sebagian da'i yang ikut berkomentar, namun hal itu hanya berasal dari kantong pribadinya, tidak berdasarkan bimbingan ulama.

      Perlu antum tahu ya, saya bukan pengikut Luqman Ba'abduh, Dzulqarnain, Firanda, Afifuddin atau Muhammad As-Sewed. Mereka semua masih penuntut ilmu. Dalam menghadapi berbagai problema dakwah, saya condong kepada pendapat guru-guru saya di Madinah; Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad, Asy-Syaikh Rabi' Al-Madkhali, Asy-Syaikh Muhammad bin Hadi Al-Madkhali, Asy-Syaikh Shalih As-Suhaimi, Asy-Syaikh Sulaiman Ar-Ruhailiy, dan lainnya.

      Saya berlepas diri dari kelancangan sebagian ustadz di Indonesia yang mencela dan merendahkan kehormatan ulama ahlus-sunnah. Meskipun mereka adalah guru-guru saya di ma'had, kesalahan tetaplah teranggap sebagai kesalahan yang harus diperingatkan dan diluruskan.

      wabillahittaufiq

      Delete