Biografi Syaikh
Ahmad Bazmul hafidzahullah dalam tulisan ini diambil dari website resmi
Universitas Ummul Quraa’, Makkah. Bagi yang belum mengenal beliau atau yang
menyatakan beliau tidak ma’ruf, maka sekaranglah saat yang tepat untuk berkenalan dengan beliau, seorang yang alim lagi tawadhu’.
Nama dan Nasab
Beliau adalah
Ahmad bin Umar bin Salim bin Ahmad bin Abud Abu Umar Bazmul As-Salafi Al-Makki
Ar-Rahabi. Bazmul merupakan sebuah kabilah yang dinisbahkan pada wilayah Kindah.
Kelahiran dan
Pengalaman Menuntut Ilmu
Beliau adalah
seorang pengajar di Masjid Al-Haram. Dilahirkan di Makkah Al-Mukarramah pada 5
Jumadil Ula 1391 Hijriyyah. Di kota inilah beliau tumbuh dan mulai menuntut
ilmu di hadapan para ulama. Beliau menimba ilmu dan banyak bermulazamah pada
kakak kandungnya yaitu Syaikh Muhammad bin Umar Bazmul hafidzahullah.
Diantara kitab-kitab yang beliau pelajari bersama kakaknya adalah Kitabut
Tauhid karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, Muqaddamah fi Ushulit
Tafsir karya Syaikhul Islam Ibnu Taimyyah, Kitab Al-Itqan fi Ulumil
Qur’an, dan masih banyak kitab-kitab yang lain. Hingga Syaikh Muhammad Umar
Bazmul hafidzahullah memberikan ijazah seluruh periwayatan hadits dan
kitab-kitab beliau pada adiknya.
Diantara guru
beliau yang lain adalah Syaikh Washiyullah Abbas hafidzahullah. Di
hadapan Syaikh Washiyullah Abbas beliau belajar kitab Nuzhatun Nazhar.
Beliau juga banyak menghadiri pelajaran-pelajaran syaikh ketika membahas kitab Umdatul
Ahkam. Tatkala Syaikh Ahmad Bazmul mengenyam pendidikan tingkat Magister di
Universitas Ummul Quraa’, beliau belajar ilmu Takhrij dan Dirasah
Asanid pada syaikh.
Sejumlah ulama
telah memberikan ijazah periwayatan pada Syaikh Ahmad Bazmul sekaligus memberikan
rekomendasi pada beliau untuk mengajar. Para ulama yang memberikan ijazah
periwayatan pada beliau berjumlah lebih dari seratus syaikh yang berasal dari
berbagai wilayah negara.
Syaikh Ahmad
Bazmul lulus dari jenjang pendidikan S1 pada tahun 1415 H dengan predikat cumlaude.
Kemudian lulus dari jenjang Magister pada tahun 1419 H juga dengan predikat
cumlaude. Thesis beliau ketika itu berjudul “Al-Hadits
Al-Mudhtharib Dirasah wa Tathbiq ‘ala Sunan Al-Arba’ ”. Lalu beliau
berhasil mendapatkan gelar Doktor pada tahun 1427 H juga dengan predikat cumlaude. Desertasi beliau berjudul “Takhrij Al-Ahadits wal Atsar Al-Muta’alliqah bit
Tafsir minal Mu’jam Al-Ausath li Ath-Thabrani min Suratil Ma’idah ila Akhiri
Al-Qur’an”.
Pujian Para
Ulama
Para ulama banyak
memberikan pujian pada beliau baik melalui tulisan maupun wasiat ilmiyyah agar
beliau diberikan hak untuk mengajar. Diantaranya adalah tazkiyah yang diberikan
oleh Syaikh Muhammad bin Abdullah As-Subayyil rahimahullah seorang Imam
dan Khatib di Masjid Al-Haram. Belum lama ini Syaikh As-Subayyil meninggal, kabar
ini penulis ketahui setelah mendengarkan khutbah Jum’at Syaikh As-Sudais di
Masjid Al-Haram beberapa bulan yang lalu.
Syaikh Muhammad
bin Abdullah As-Subayyil rahimahullah berkata:
إن الأخ
الشيخ أحمد بن عمر بن سالم بازمول، أحد طلبة العلم الخيرين، وحاصل على شهادة
الماجستير من جامعة أم القرى، وله جهود مباركة في الدعوة إلى الله، وتبصير الناس
بأمور دينهم، وقد عرفناه بحسن معتقده، وسيره على منهج أهل السنة والجماعة، محذراً
من أهل البدع والأهواء
“Sungguh Al-Akh
Asy-Syaikh Ahmad bin Umar bin Salim Bazmul adalah salah satu thalibul ilmi yang
baik. Beliau telah berhasil melewati jenjang pendidikan Magister di Universitas
Ummul Quraa’. Beliau memiliki kesungguhan dalam dakwah yang diharapkan mendapatkan
barakah dari Allah. Kami telah mengenalnya, beliau memiliki aqidah yang baik
dan berada di atas manhaj Ahlus-Sunnah wal Jama’ah. Beliau juga gemar memperingatkan
kaum muslimin dari Ahlul-Bid’ah dan para pengikut hawa nafsu.”[20/10/1423 H]
Syaikh Washiyullah
Abbas hafidzahullah berkata:
إن
الطالب الأخ أحمد بن عمر بازمول، أحد طلاب كلية الدعوة، قد تخرج فيها، والتحق الآن
بالدراسات العليا قسم الكتاب والسنة، قد عرفته منذ عدة سنوات، درسته في الكلية بعض
مواد القسم.
وهو
على ما عرفته طالب علم مجد ومجتهد، ذو خلق حسن، وسلوك مرضي، واطلاعه في تخصصه واسع
بالنسبة لمستواه الدراسي، حسب ما ظهر لي، نرجو منه الاستمرار في الطلب والتحصيل،
وندعو الله أن ينفع به…
“Al-Akh Ath-Thalib Ahmad bin Umar Bazmul adalah salah
seorang mahasiswa Fakultas Dakwah yang telah lulus beberapa waktu yang lalu.
Sekarang beliau sedang melanjutkan studi pascasarjana di bidang Al-Kitab was
Sunnah. Aku telah mengenalnya semenjak beberapa tahun yang lalu ketika aku
mengajarkan padanya beberapa mata kuliah di Universitas Ummul Quraa’.
Selama aku
mengenalnya, beliau adalah seorang thalibul ‘ilmi yang bersungguh-sungguh dan
bersemangat dalam menuntut ilmu, memiliki akhlak yang baik dan etika yang luhur.
Kemampuannya dalam membahas bidang ilmu yang ia dalami sungguh mengagumkan,
dilihat dari tingkat pendidikan beliau ketika itu. Ini sebatas yang aku
ketahui.
Aku berharap agar
beliau terus menuntut ilmu dan bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya. Kami
memohon pada Allah agar memberikan manfaat (pada Islam dan kaum muslimin –pen-)
melalui beliau...”[17/4/1415]
Bahkan Syaikh
Shalih Al-Fauzan hafidzahullah pun pernah memberikan pujian dan
mendoakan beliau. Syaikh Shalih Al-Fauzan hafidzahullah berkata:
الحمد لله
وبعد: فقد قرأت هذا الكتاب الذي هو من تأليف الأخ في الله: أحمد بن عمر بن سالم
بازمول، في موضوع كشف شبهات الخوارج فوجدته بحمد الله وافياً في موضوعه في رد
شبهات هذه الفرقة المارقة المفسدة ...فجزى الله المؤلف لهذا الكتاب خير الجزاء فهو
إسهام منه جيد منه في دفع خطر هؤلاء، وإبطال شبهاتهم، نفع الله بهذا الكتاب، ورد
به كيد الأعداء
“Alhamdulillah
wa ba’du, aku telah membaca kitab yang ditulis oleh Al-Akh fillah Ahmad bin
Umar bin Salim Bazmul yang berisi bantahan terhadap Syubhat Khawarij. Maka Alhamdulillah,
aku melihat tulisan beliau cukup untuk membantah syubhat kelompok ini
yang gemar melakukan penyesatan dan perusakan..
Semoga Allah
memberikan balasan yang baik pada penulis kitab ini. Penulis telah memberikan
andil yang berharga dalam menolak bahaya syubhat Khawarij sekaligus membantah
kerancuan-kerancuan pemikiran mereka. Semoga Allah mengembalikan tipu daya
mereka dan memberikan manfaat (pada kaum muslimin –pen-) melalui kitab
ini”[7/3/1425]
Perjalanan
Dakwah
Beliau aktif
mengajar di beberapa Ma’had Ilmiyyah. Beliau mulai mengajar di Ma’had Al-Haram,
Makkah pada tahun 1418 H setelah beliau diuji dalam bidang Al-Qur’an, Tajwid,
Aqidah, Tafsir, Ushul Tafsir, Hadits, Ulumul Hadits, Fiqh, Ushul Fiqh,
Mawarits, Nahwu dan Balaghah di hadapan masyayikh. Diantara masyayikh yang
menguji beliau adalah Syaikh Yahya bin Utsman Al-Mudarris, Syaikh Sayyid Shadiq
Al-Anshari, Syaikh Musa As-Sukri, Syaikh Abdullah At-Tanbakuti dan Syaikh
Ikramullah Imdadul Haqq. Maka Al-Lajnah telah mengakui keahlian dan kapasitas
keilmuan beliau hingga beliau diberi izin menjadi pengajar tetap di Ma’had.
Selain itu beliau
diberikan kepercayaan untuk mengajarkan beberapa bidang keilmuan seperti
Tafsir, Hadits, Musthalah dan Takhrij di Ma’had Manabirus Su’ada dan Ma’had
Al-Ilmi An-Nasawi. Beliau juga mengajar mata kuliah Ahaditsul Ahkam, Fiqh,
Mawarits, Qawa’id Ushuliyyah dan Takhrij Al-Furu’ ‘alal Ushul di Universitas
Thaif. Beliau juga aktif mengisi kajian di beberapa Radio Islami. Misal sebagai
nara sumber di Radio Idza’atul Qur’an dengan tema “Ma Laa Yashihhhu fis
Shaum” dan di Radio Nida’ul Islam dengan tema “Al-Minnah fi Nasyris
Sunnah”. Di samping itu, beliau biasa diminta untuk mengisi acara daurah
ilmiyyah di berbagai masjid.
Sekarang beliau
adalah Asisten Profesor yang mengajar di Universitas Ummul Quraa’ fakultas “Mu’allimin”
bidang “Dirasah Al-Islamiyyah” dan menjabat sebagai khatib pengganti di
Kementrian Waqaf dan Syu’un Islamiyyah.
Karya Tulis
Diantara kitab
dan karya tulis ilmiyah beliau adalah:
- Risalah Umar
bin Al-Khattab ila Abi Musa Al-Asy’ari fil Qadha wa Adabihi Riwayatan wa
Dirayatan
- Al-Muqtarib
fi Bayanil Mudhtharib
- Al-Madarij
fi Kasyfi Syubuhatil Khawarij
- As-Sunnah
fima Yata’allaqu bi Waliyyil Ummah
- Ad-Durar
As-Saniyyah fi Tsanail Ulama ‘alal Mamlakah Al-Arabiyyah As-Su’udiyah
- Daulah
At-Tauhid was Sunnah
- Tuhfatul
Alma’i bi Ma’rifati Hududil Mas’a wa Ahkamus Sa’i
- Hujjiyatul
Ahadits An-Nabawiyyah Al-Waridah fit Thibb wal ‘Ilaj
- Khuthuratu
Naqdhil Hadits
- An-Najmul
Badi fi Tarjamah Asy-Syaikh Yahya bin Utsman Adzim Abadi As-Salafi
- Al-Hadits
Al-Mudhtharib Dirasah wa Tathbiq ‘ala Sunan Al-Arba’ (risalah Magister
beliau)
- Takhrij
Al-Ahadits wal Atsar Al-Muta’alliqah bit Tafsir minal Mu’jam Al-Ausath li
Ath-Thabrani min Suratil Ma’idah ila Akhiri Al-Qur’an (risalah Doktor
beliau) dan masih banyak karya tulis beliau yang lain.
Semoga sedikit
dapat memberikan pencerahan..
Sumber : kitab Al-Mudarrisun
bil Masjid Al-Haram (Para Pengajar di Masjid Al-Haram) karya Syaikh Prof.
Manshur An-Naqib.
Dikutip oleh
Abul-Harits di Madinah, 11 Rabi’uts Tsani 1434 H
Memangnya ada yang bilang tidak ma'ruf ya tadz? Atau barangkali maksudnya adalah tidak ma'ruf sebagai "ulama besar" ketika disandingkan dengan nama-nama seniornya.
ReplyDeleteSaya bukan ustadz. Iya, mungkin maksudnya demikian. Meskipun bukan ulama kibar, saya berharap kita sebagai thalibul ilmi tidak merendahkan kedudukan beliau. Afwan, barangkali antum keberatan dengan judul artikel di atas. Insya Allah saya akan ganti, agar tidak ada lagi kesan negatif.
ReplyDeleteBarakallahufikum
Pernyataan tersebut juga diingkari oleh sebagian masyayikh yang sering antum undang dauroh ke Indonesia tiap tahun.
ReplyDeleteSyaikh Ali Hasan Al-Halabi pernah mengingkari ungkapan tersebut dalam perkataannya:
أما أن يرد الكلام على قائله لمجرد أن قائله ليس من العلماء الكبار فلا لمخالفته الأصل وهو أن الحق لا يعرف بالرجال
“Adapun menolak perkataan seseorang hanya dengan alasan ia bukan termasuk ulama kibar, maka hal itu tidak (diperbolehkan –pen-) karena menyelisihi prinsip Ahlus-Sunnah yaitu kebenaran tidaklah diukur dari individu tertentu.” [Manhajus Salaf hal. 53]
Maka kenalilah kebenaran, niscaya kita akan mengetahui orang-orang yang berada di atasnya.
wabillahittaufiq
Dr. Ahmad Baazmuul itu belum profesor. Coba dicek. Beliau itu baru asisten profesor yang bahasa arabnya : أستاذ مساعد. Dalam dunia akedemik, profesor dengan asisten profesor sangat beda.
ReplyDeleteSumber : http://uqu.edu.sa/page/ar/68005.
Di situ tertulis :
وهو الآن أستاذ مساعد بجامعة أم القرى كلية المعلمين قسم الدراسات الإسلامية. كما أنه خطيب احتياطي بوزاة الأوقاف والشئون الإسلامية.
Jazakumullah khairan atas koreksi antum, ini sekaligus sebagai ralat judul artikel di atas. Mungkin saya kurang teliti dalam menerjemahkan artikel tersebut atau bahkan kosakata bahasa Arab saya yang masih minim.
ReplyDeleteJika Syaikh Ahmad Bazmul hafidzahullah menjabat sebagai "Al-Ustadz Al-Musa'id" (asisten profesor) di Universitas Ummul Qura'. Alhamdulilah di Universitas Islam Madinah, kami memiliki Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaily hafidzahullah yang juga menjabat sebagai "Al-Ustadz Al-Musa'id" di Fakultas Syari'ah. barakallahfiik
Antum kuliah di Madinah? Berarti punya ijazah?!! Kenapa sekarang para ustadz menyuruh anak-anak yang sekolah supaya keluar dan melarang sekolah yang ada ijazahnya?!!
ReplyDeleteKata para ustadz, tidak semua pengajar di Universitas Madinah adalah salafy.Kok antum kuliah di sana sich?!?
Membingungkan???????
Saya tidak pernah melarang sekolah berijazah. Ijazah adalah perkara yang mubah (boleh-boleh saja). Apabila untuk memperoleh perkara yang mubah, seorang harus melakukan berbagai perbuatan yang menyelisihi syariat, apakah hal itu dibenarkan?
DeleteApabila di sana ada sekolah atau madrasah atau ma'had yang tidak menyelisihi syariat dalam memperoleh ijazah kelulusan, tidak apa-apa kita menyekolahkan anak-anak kita di sekolah tersebut insya Allah. Semoga dapat dipahami.
Memang tidak semua staf pengajar di Universitas Islam Madinah salafy, namun kurikulum di sini dibangun di atas manhaj salaf. Para pengajarnya pun tidak keluar dari kurikulum tersebut dalam penyampaian materi kuliah. Setahu saya tidak ada seorang pun dari ulama besar ahlus-sunnah yang mengkritik Universitas Islam Madinah. Mungkin ada sebagian da'i yang ikut berkomentar, namun hal itu hanya berasal dari kantong pribadinya, tidak berdasarkan bimbingan ulama.
Perlu antum tahu ya, saya bukan pengikut Luqman Ba'abduh, Dzulqarnain, Firanda, Afifuddin atau Muhammad As-Sewed. Mereka semua masih penuntut ilmu. Dalam menghadapi berbagai problema dakwah, saya condong kepada pendapat guru-guru saya di Madinah; Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad, Asy-Syaikh Rabi' Al-Madkhali, Asy-Syaikh Muhammad bin Hadi Al-Madkhali, Asy-Syaikh Shalih As-Suhaimi, Asy-Syaikh Sulaiman Ar-Ruhailiy, dan lainnya.
Saya berlepas diri dari kelancangan sebagian ustadz di Indonesia yang mencela dan merendahkan kehormatan ulama ahlus-sunnah. Meskipun mereka adalah guru-guru saya di ma'had, kesalahan tetaplah teranggap sebagai kesalahan yang harus diperingatkan dan diluruskan.
wabillahittaufiq