Friday, June 12, 2015

Apakah Pengikut Mubtadi’ Wajib Ditahdzir?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita tentu harus mengetahui apa definisi mubtadi’? Siapakah yang berhak disebut mubtadi’? Apakah mubtadi’ dan pengikut mubtadi’ sama-sama di-hajr (diboikot)?

Siapakah Mubtadi’?

Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah pernah ditanya:

متى يُعَدُّ الرجل من أهل البدع، ويخرج من أهل السنة؟ يعني إذا وقع في بدعة واحدة أو اثنتين أو أكثر أو أقل؟

”Kapankah seorang dianggap sebagai ahlul-bid’ah (mubtadi’) dan keluar dari lingkup ahlus-sunnah? Apakah ketika ia terjatuh dalam satu bid’ah, dua bid’ah, lebih dari itu atau kurang dari itu?

Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah menjawab:


المسألة – أولاً – ليس لها علاقة بعدد البدع التي يقع فيها العالِم المسلم، وإنما لها علاقة بإصراره على البدعة بعد أن تقام عليه الحجة من أهل العلم والحجة ، وأظنُّ أَنَّ هذا الكلام واضح

“Pertama, permasalahan ini tidak berkaitan dengan jumlah bid’ah yang seorang ulama muslim terjatuh di dalamnya. Kaitannya adalah dengan sikap ulama tersebut yang terus-menerus berada dalam kebid’ahan, setelah ulama dan orang-orang yang memiliki hujjah menegakkan hujjah kepadanya. Aku kira permasalahan ini telah jelas…”[1]

Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah berkata:

 المبتدع هو الذي من عادته الابتداع في الدين وليس الذي يَبتدع بدعة ولو كان هو فعلاً ليس عن اجتهاد وإنما عن هوى – مع هذا – لا يسمى مبتدعاً … فيشترط إذن في المبتدع شرطان :
(1) أن لا يكون مجتهداً وإنما يكون متبعاً للهوى .
(2) يكون ذلك من عادته ومن ديدنه

“Mubtadi’ adalah seorang yang memang kebiasaannya membuat bid’ah dalam agama. Seorang yang mengada-adakan satu bid’ah dari hasil ijtihadnya tidaklah disebut mubtadi’. Seorang disebut mubtadi’ apabila ia mengada-adakan bid’ah dari hawa nafsunya. Jadi ada dua syarat kapan seorang disebut mubtadi’:

Pertama, ia bukanlah mujtahid (ulama yang berhak berijtihad), namun ia adalah seorang yang mengikuti hawa nafsu

Kedua, perbuatan tersebut (membuat bid’ah) merupakan kebiasaannya dan memang kegemarannya”[2]

Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad hafizhahullah berkata:

هناك ناس أهل بدع واضح أمرهم بعيدون عن السنة ، محاربون للسنة هؤلاء لابد من تبديعهم ، أما أناس من أهل السنة يحصل عندهم فهم خاطئ أو خطأ فهؤلاء لا يقال أنهم مبتدعة

“Di sana terdapat ahlul bid’ah (mubtadi’) yang keadaan mereka telah jelas, mereka jauh dari As-Sunnah, memerangi As-Sunnah. Orang-orang seperti mereka wajib di-tabdi’ (divonis mubtadi’). Adapun sekelompok orang dari kalangan ahlus-sunnah yang memiliki pemahaman keliru atau terjatuh dalam kesalahan, mereka tidaklah disebut mubtadi’.”[3]

Asy-Syaikh Shalih Alu Asy-Syaikh hafizhahullah berkata:

الشذوذ مرتبتان:

المرتبة الأولىأن ينفرد ويشذ في أصل من الأصول ؛ يعني في الصفات ، في الإيمان، في القدر، فهذا بانفراده في الأصل يخرج من الاسم العام المطلق لأهل السنة والجماعة.
المرتبة الثانيةأن يوافق في الأصول؛ لكن يخالف في فرع لأصل أو في فرد من أفراد ذلك الأصل.
مثلا يؤمن بإثبات الصفات وإثبات استواء الرب – جل جلاله – على عرشه وبعلو الرب – جل جلاله – وبصفات الرحمن سبحانه وتعالى؛ لكن يقولبعض الصفات أنا لا أثبتها، لا أثبت صفة الساق لله – عز وجل –، أو لا أثبت صفة الصورة لله – عز وجل –، أو أثبت أن لله أعينا، أو أثبت لله – عز وجل – كذا وكذا مما خالف به ما عليه الجماعة.
فهذا لا يكون تاركا لأهل السنة والجماعة؛ بل يكون غلط في ذلك وأخطأ ولا يتبع على ما زل فيه بل يعرف أنه أخطأ، والغالب أن هؤلاء متأولون في الإتباع.
وهذا كثير في المنتسبين للسنة والجماعة كالحافظ ابن خزيمة فيما ذكر في حديث الصورة


Syudzudz memiliki dua tingkatan:

Tingkatan pertama, syadz dan bersendirian dalam salah satu ushul (pokok) dari ushul ahlis-sunnah, misalkan dalam permasalahan sifat, iman, atau takdir. Penyelisihan (syadz) dalam pokok ini dapat mengeluarkannya dari lingkup ahlus-sunnah wal jama’ah

Tingkatan kedua, menyepakati ushul ahlis-sunnah, namun melakukan penyelisihan dalam cabang dari ushul tersebut atau di salah satu permasalahan dalam ushul tersebut, misalkan ia beriman dengan menetapkan sifat dan menetapkan bahwa Allah jalla jalaluhu istiwa’ di atas ‘Arsy. Ia juga beriman bahwa Allah jalla jalaluhu berada di ketinggian, serta beriman dengan sifat Ar-Rahman subhanahu wata’ala. Namun ia menyatakan ‘aku tidak menetapkan sebagian sifat, aku tidak menetapkan sifat betis bagi Allah ‘azza wajalla atau tidak menetapkan sifat shurah dan mata bagi Allah ‘azza wajalla” dan seterusnya diantara perkara yang menyelisihi ahlus-sunnah wal jama’ah.

Syadz dalam tingkatan kedua ini tidak mengeluarkannya dari lingkup ahlus-sunnah, namun ia dihukumi keliru dalam permasalahan tersebut. Ia telah salah dan tidak boleh diikuti kesalahannya. Cukuplah diketahui bahwa ia telah salah, kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang ikut-ikutan melakukan takwil. Orang-orang yang menyandarkan dirinya kepada ahlus-sunnah wal jama’ah banyak terjatuh dalam kesalahan tingkat kedua ini, seperti Al-Hafizh Ibnu Khuzaimah saat beliau menyebutkan hadits Ash-Shurah…”[4]

Asy-Syaikh Shalih Alu Asy-Syaikh hafizhahullah berkata:

فالخلاصة : يجب أن نفرق بين من وقع في بدعة أو خطأ من علماء السلف –أهل السنة والجماعة– الذين ينطلقون في استدلالهم من الحديث والأثر وبين من وقع في بدعة من أهل الأهواء والبدع الذين ينطلقون من أصول وقواعد مبتدعة أو منهج غير منهج أهل السنة و الجماعة مع التنبيه إلى أن كثرة الأخطاء في الجزئيات الفرعية في باب من الأبواب بدعوى الاجتهاد السائغ قد تؤول أو تدل عل وجود انحراف في أصل هذا الموضوع الذي تكرر الخطأ منه في فروعه

“Kesimpulannya, kita wajib membedakan antara ulama salaf (ahlus-sunnah wal jama’ah) yang terjatuh dalam bid’ah atau kesalahan yaitu mereka yang membangun pendalilan mereka dari hadits dan atsar. Kita wajib membedakan antara mereka dengan ahlul-bid’ah pengikut hawa nafsu yang membangun pemikiran mereka dari ushul dan kaidah-kaidah bid’ah atau kaidah yang bukan berasal dari manhaj ahlus-sunnah wal jama’ah…

Juga perlu diperhatikan, kesalahan yang banyak dalam cabang salah satu bab ushul dengan dalih keluasan berijtihad, terkadang merupakan indikasi atau menunjukkan adanya penyimpangan dalam ushul permasalahan tersebut, karena kesalahannya yang berulang-ulang dalam cabang dari ushul tersebut”[5]


Siapakah yang Berhak Memberikan Vonis Mubtadi’?

Al-Imam Adz-Dzahabi rahimahullah berkata:

الكلام في الرجال لا يجوز إلا لتام المعرفة تام الورع

“Tidak boleh berbicara (menghukumi) seseorang, kecuali bagi seorang yang memiliki kesempurnaan ma’rifah dan sifat wara’”[6]


Asy-Syaikh Dr. Shalih Al-Fauzan hafizhahullah berkata:

ثم من يعرف المبتدع من السني !؟ الجهال ؟!! هذا الأمر للعلماء العادلين المنصفين

“Kemudian, siapakah yang dapat mengetahui (membedakan) antara mubtadi’ dan sunni? Apakah orang-orang bodoh? Permasalahan ini dikembalikan kepada para ulama yang memiliki sikap inshaf dan adil…”[7]


Apakah Pengikut Mubtadi’ Wajib Ditahdzir?

Asy-Syaikh Dr. Rabi’ bin Hadi Al-Madkhaliy hafizhahullah pernah ditanya:

أتباع المبتدع .. هل يلحقون به فى الهجر ؟

 “Para pengikut mubtadi’, apakah mereka disamakan dengan mubtadi’ dalam hajr (boikot)?”

Asy-Syaikh Rabi’ hafizhahullah menjawab:

المخدوع منهم يُعلم ياأخوة ، لاتستعجلوا ، علموهم وبينوا لهم ، فإن كثيراً منهم يريد الخير حتى الصوفية ، والله لو هناك نشاط سلفى ، لرأيتهم يدخلون فى السلفية زراقات ووحداناً .فلا يكن القاعدة عندكم بس هجر .. هجر .. هجر .. هجر .. الأساس الهجر ! الأساس هداية الناس ، ادخال الناس فى الخير ، قضية الهجر قد تفهم غلطاً ، إذا هجرت الناس كلهم من يدخلون فى السنة ؟ . الهجر هذا ياأخوتاه ، كان فى أيام الإمام أحمد ..
الدنيا مليئة بالسلفية ، وإذا قال الإمام أحمد فلان مبتدع سقط ، أما الآن عندك السلفية كالشعرة البيضاء فى الثور الأسود , الأساس عندكم هداية الناس ، وإنقاذهم من الباطل ، تلطفوا الناس وادعوهم وقربوهم يكثر إن شاء الله سواد السلفيين وتكسبوا كثيراً من الناس , أما أنت ( منتفخوهكذا ، وكل الناس ضالون ، ولاتنصح ولاشىء ، ولابيان ، غلط .. هذا معناه سد أبواب الخير فى وجوه الناس

“Orang-orang yang tertipu diantara mereka wahai ikhwah, janganlah kalian tergesa-gesa, ajarilah mereka, jelaskan pada mereka. Sebab kebanyakan dari mereka menginginkan kebenaran, hingga orang-orang Shufi sekalipun. Demi Allah, seandainya di sana terdapat salafy yang semangat (berdakwah –pen), tentu engkau akan melihat mereka masuk ke dalam As-Salafiyyah berbondong-bondong.

Janganlah kaidah yang ada pada kalian hanyalah hajr…hajr..hajr, itu saja. Bahkan pokok dari dakwah adalah (mengharapkan) hidayah bagi manusia. Apabila engkau memboikot (meng-hajr) seluruh manusia, siapakah yang akan mengenal As-Sunnah?

Hajr wahai ikhwah, dahulu di masa Al-Imam Ahmad, dunia dipenuhi dengan As-Salafiyyah. Apabila Al-Imam Ahmad berkata fulan mubtadi’, tentu orang itu akan jatuh. Adapun sekarang, As-Salafiyyah bagaikan bulu putih yang berada di tubuh kerbau hitam. Hendaklah pokok dakwah kalian adalah (mengharapkan) hidayah bagi manusia dan menyelamatkan mereka dari kebatilan,

Berlemah lembutlah kepada manusia, dakwahilah mereka, dekati  mereka, insya Allah jumlah salafiyyin akan bertambah dan demikian seterusnya. Apabila kalian hanya berpikir, semua orang telah sesat, engkau tidak memberikan nasehat apapun, tidak pula penjelasan, maka ini keliru. Hal itu akan menutup pintu-pintu kebaikan dari wajah-wajah manusia…”[8]





[1] Sua’alaat Al-Albani hal. 184

[2] Silsilah Al-Huda wan Nuur no. 785

[4] Syarh Al-Aqidah Ath-Thahawiyah hal. 35

[5] idem

[6] Mizaanul I’tidaal, 3/49

[8] http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=133998

1 comment:

  1. Ustadz, syaikh Abdulmuhsin tampaknya belum mentabdi' syaikh Ali Hasan. Berikut ini ada foto beliau menerima kunjungan syaikh Ali Hasan dan syaikh Sa'ad asy Syithri.
    https://www.facebook.com/abul.albayaty/posts/1013627045316502
    Tapi di lapangan, para ikhwah ditekankan agar tidak memulai salam kepada ikhwah yang masih mendengarkan atau simpati kepada salah satu radio dakwah yang pernah menjadikan syaikh Ali Hasan menjadi pembicara selain syaikh Abdurrazaq al-Badar.
    Ustadz yang menjadi rujukan di blog ini dikenal sangat antusias dalam menjelaskan permasalahan ini bahkan sampai memberikan predikat "diragukan kesalafiannya" kepada syaikh Abdurrazaq. Sehingga sebagian ikhwah berusaha meluruskan ustadz tsb.
    http://pelita-sunnah.blogspot.com/2014/03/meluruskan-tuduhan-keji-ustadz-muhammad.html
    Artikel antum tampaknya berbeda dengan penerapan para ikhwah di lapangan.

    ReplyDelete