Tanya:
لقد صليت صلاة الفجر في جماعة، ولكن في الركعة الأولى نسيت
قراءة الفاتحة، وبعد تسليم الإمام قمت للركعة الأولى التي نسيت فيها الفاتحة،
لحديث الرسول -صلى الله عليه وسلم-: (لا صلاة لمن لم يقرأ فاتحة الكتاب)، أكملت
صلاة الركعة الأولى، وبعد السلام ذكرت عليّ سجو
“Aku telah shalat
Subuh berjama’ah, pada raka’at pertama aku lupa membaca Al-Fatihah. Setelah
imam salam, aku berdiri mengulang raka’at pertama yang aku lupa membaca
Al-Fatihah berdasarkan hadits Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam: ‘Tidak ada
shalat bagi seorang yang tidak membaca Fatihatul Kitab’. Kemudian aku
menyempurnakan raka’at pertama tadi, dan setelah salam aku sujud sahwi. (Apakah
shalatku benar –pen?)”
Jawab:
Asy-Syaikh
Abdul Aziz bin Baz rahimahullah menjawab:
لا حرج في ذلك -إن شاء الله-، والصواب أنه ليس عليك قضاء، أما
الذي فعلته فهو جاري على رأي بعض العلماء وأن من تركها يقضي، ولكن الصواب أن
المأموم إذا نسيها، أو جهل الحكم الشرعي، أو حضر والإمام راكع أجزأه الركوع وليس
عليه قضاء؛ لأنها في حقه واجبة تسقط مع النسيان، والجهل، ويسقط أيضاً مع فوات
القيام، إذا جاء والإمام راكع أجزأه أن يصلي مع الإمام وتجزئه الركعة التي أدرك
ركوعها؛ لما ثبت في صحيح البخاري -رحمه الله- عن أبي بكرة -رضي الله عنه- أنه جاء
والنبي راكع -عليه الصلاة والسلام- فركع معه دون الصف ثم دخل معه في الصف، فقال له
النبي -صلى الله عليه وسلم-: (زادك الله حرصاً ولا تعد)، ولم يأمره بقضاء الركعة؛
لأنه معذور بفوات القيام، فهكذا من نسي القراءة مع الإمام، أو جهل الحكم الشرعي،
أو جاء والإمام راكع، فإنها تجزئه الركعة والحمد لله، هذا هو الصواب، بخلاف الإمام
لا بد من قراءة الفاتحة في حقه، وإذا نسيها في الركعة الأولى، تقوم الركعة الثانية
مقامها ويأتي بركعة زائدة، وهكذا المنفرد؛ لأنها في حقهما ركن لا بد منه، أما
المأموم فأمره أوضح وأسهل، ولهذا ذهب الجمهور من أهل العلم إلى أن المأموم ليس
عليه قراءة واجبة يتحملها الإمام، ولكن الصواب أن عليه الفاتحة إذا ذكر وعلم عليه
الفاتحة؛ لظاهر الأحاديث وعمومها، ومنها قوله -صلى الله عليه وسلم-: (لعلكم تقرؤون
خلف إمامكم؟ قلنا: نعم، قال: لا تفعلوا إلا بفاتحة الكتاب، فإنه لا صلاة لمن لم
يقرأ بها)، فهذا يدل على وجوبها على المأموم لكن إذا نسيها، أو جهلها سقطت، كما لو
نسي التسبيح في الركوع، أو السجود، سقط عنه الوجوب، وهكذا إذا لم يدرك الإمام
قائماً وإنما أدركه راكعاً، أو عند الركوع سقطت عنه لحديث أبي بكرة، والأحاديث يشد
بعضها بعضاً. جزاكم الله خيراً
“Tidak apa-apa insya Allah, namun yang lebih tepat, engkau tidak perlu mengulangi (raka’at). Apa yang engkau lakukan sesuai dengan pendapat sebagian ulama yang menyatakan bahwa barangsiapa yang tidak membaca Al-Fatihah, maka ia mengulang (raka’at). Namun yang benar, apabila makmum lupa membaca Al-Fatihah atau tidak tahu hukum syar’i atau mendapatkan imam sedang ruku’ lalu ia rukuk bersamanya, ia tidak perlu mengulang raka’at yang engkau ruku' bersama imam. Sebab kewajiban membaca Al-Fatihah baginya telah gugur disebabkan lupa, tidak tahu atau terluput dari berdiri.
Telah tetap
dalam Shahih Al-Bukhari rahimahullah, dari Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu bahwa
ia datang dalam keadaan Nabi sedang ruku’, lalu ia ruku’ bersama nabi di
belakang shaf, kemudian masuk ke dalam shaf. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam
bersabda kepadanya:
زادك الله حرصاً ولا تعد
"Semoga
Allah menambahkan semangat padamu dan jangan engkau ulangi".
Nabi tidak
memerintahkannya untuk mengulangi raka’at tersebut, ia diberikan udzur karena
ia tidak sempat berdiri (bersama imam -pen). Demikian pula saat makmum lupa
tidak membaca Al-Fatihah bersama imam atau tidak tahu hukum syar’i atau ia
sempat ruku’ bersama imam, maka ia telah mendapatkan raka’at tersebut,
Alhamdulillah, inilah pendapat yang benar.
Berbeda
apabila imam lupa membaca Al-Fatihah pada raka’at pertama, maka raka’at kedua
teranggap sebagai raka’at pertama, kemudian imam menambah satu raka’at lagi,
karena membaca Al-Fatihah merupakan rukun baginya. Demikian pula ketika seorang
shalat sendirian, ia melakukan hal yang sama karena membaca Al-Fatihah juga
merupakan rukun baginya. Adapun bagi makmum, urusannya lebih ringan dan lebih
mudah.
Oleh karena
itu, jumhur ulama tidak mewajibkan bacaan apapun bagi makmum (saat berdiri -pen), karena bacaan
imam telah mencukupinya. Namun yang benar, makmum tetap wajib membaca Al-Fatihah
apabila ia ingat dan tahu hukumnya berdasarkan zhahir dan keumuman hadits.
Diantaranya sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:
لعلكم تقرؤون خلف إمامكم؟ قلنا: نعم، قال: لا تفعلوا إلا بفاتحة
الكتاب، فإنه لا صلاة لمن لم يقرأ بها
“Barangkali
kalian membaca di belakang imam kalian? Kami berkata: ‘iya’. Nabi bersabda: 'Janganlah
kalian melakukan hal itu, kecuali Fatihahul Kitab, karena tidak ada shalat bagi
seorang yang tidak membacanya”
Hadits ini
menunjukkan bahwa membaca Al-Fatihah wajib bagi makmum. Namun apabila makmum lupa
atau tidak tahu hukumnya seperti saat ia lupa membaca tasbih dalam ruku’ atau
sujud, maka kewajibannya gugur. Demikian pula apabila ia tidak sempat berdiri
bersama imam, ia hanya mendapatkan imam sedang ruku’, lalu ia ruku’ bersama
imam, kewajiban membaca Al-Fatihah telah gugur baginya berdasarkan hadits Abu
Bakrah. Hadits-hadits tersebut saling menguatkan satu sama lain, semoga Allah
membalasmu dengan kebaikan.” [http://www.binbaz.org.sa/mat/15813]
AfWan Ustadz, saya baru kirim pertanyaan pribadi ke email Antum. JAzakumullohu khoiron.
ReplyDelete