Saturday, November 22, 2014

Asy’ariyyah Termasuk Ahlus-Sunnah... (Fatwa Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin)

Tanya:

فضيلة الشيخ! هل الأشاعرة من أهل السنة والجماعة ؟ نرجو التوضيح

“Syaikh yang mulia, apakah Asy’ariyyah termasuk dari Ahlus-sunnah? Kami membutuhkan penjelasan”

Jawab:

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah menjawab:

الأشاعرة من أهل السنة والجماعة فيما وافقوا فيه أهل السنة والجماعة ، وهم مخالفون لـ أهل السنة والجماعة في باب الصفات؛ لأنهم لا يثبتون من صفات الله إلا سبع صفات، ومع هذا لا يثبتونها على الوجه الذي أثبتها عليه أهل السنة ، فلا ينبغي أن نقول هم من أهل السنة على الإطلاق، ولا أن ننفي عنهم كونهم من أهل السنة على الإطلاق، بل نقول: هم من أهل السنة فيما وافقوا فيه أهل السنة ، وهم مخالفون لـ أهل السنة فيما خالفوا فيه أهل السنة ، فالتفصيل هو الذي يكون به الحق، وقد قال الله تعالى: { وَإِذَا قُلْتُمْ فَاعْدِلُوا } [الأنعام:152]، فإخراجهم من أهل السنة مطلقاً ليس من العدل، وإدخالهم في أهل السنة بالإطلاق ليس من العدل أيضاً، والواجب أن يعطى كل ذي حقٍ حقه.
 

Asy’ariyyah termasuk Ahlus-sunnah dalam permasalahan-permasalahan  yang mencocoki  Ahlus-Sunnah wal Jama’ah. Mereka menyelisihi Ahlus-Sunnah dalam penetapan sifat (Allah –pen), karena mereka hanya menetapkan tujuh sifat bagi Allah, meskipun demikian mereka pun tidak menetapkan sifat-sifat tersebut sesuai dengan keyakinan Ahlus-Sunnah. Tidak semestinya kita menyatakan mereka adalah Ahlus-Sunnah secara mutlak, tidak pula kita menyatakan mereka bukan Ahlus-Sunnah secara mutlak.

Akan tetapi, kita menyatakan bahwa mereka termasuk Ahlus-Sunnah dalam permasalahan-permasalahan yang mencocoki keyakinan Ahlus-Sunnah, mereka juga menyelisihi Ahlus-Sunnah dalam permasalahan-permasalahan yang diketahui. Merinci keadaan mereka, itulah pendapat yang benar. Sungguh Allah ta’ala berfirman:

وَإِذَا قُلْتُمْ فَاعْدِلُوا

Apabila kalian berkata, hendaklah berkata dengan keadilan” [QS. Al-An’am: 152]


Mengeluarkan mereka dari Ahlus-Sunnah secara mutlak bukanlah sikap yang adil dan menyatakan mereka termasuk Ahlus-Sunnah secara mutlak juga bukan sikap yang adil. Kewajiban kita adalah memberikan kepada setiap orang haknya masing-masing.” [Liqa’ Al-Baab Al-Maftuuh, 6/20]

No comments:

Post a Comment