Wednesday, September 26, 2012

Mengenal Ungkapan Jarh dan Ta’dil Perawi Hadits


Untuk mengetahui kedudukan suatu hadits apakah shahih atau dha’if, pertama yang harus kita lakukan adalah meneliti keadaan para perawi hadits tersebut. Jika seluruh perawinya tsiqah maka dzahir sanad haditsnya shahih. Namun sebaliknya jika terdapat perawi yang mendapatkan jarh (kritikan) oleh para ulama tentang ketsiqahannya maupun kekuatan hafalannya, maka hadits tersebut diragukan keshahihannya.

Para ulama jarh dan ta’dil menggunakan berbagai ungkapan untuk menjelaskan keadaan para perawi hadits, misalkan memberikan istilah tsiqah, shaduuq, la ba’sa bih, dan ungkapan yang semisal. Sehingga kita sebagai pemula dalam bidang hadits perlu tahu apa yang mereka maksudkan dengan istilah-istilah tersebut.


Secara ringkas tingkatan ta’dil perawi hadits dalam kutub rijal terbagi menjadi:

Pertama, Sahabat Nabi

Sahabat Nabi menduduki tingkatan tertinggi dalam ta’dil karena mereka adalah suatu kaum yang telah diridhai Allah dan mendapatkan banyak pujian dalam Al-Qur’an. Para ulama telah ijma’ (sepakat) bahwa seluruh sahabat nabi adalah adil. Telah disebutkan nukilan ijma’ permasalahan ini dalam artikel Ijma' (Kesepakatan) Ulama Ahlus-Sunnah tentang Keadilan Sahabat


Kedua, Ta’dil dengan ungkapan yang mengandung mubalaghah seperti أثبت الناس -أضبط الناس - لا أحد أثبت منه -من مثل فلان - فلان لا يُسأل عنه dan semisalnya.


Ketiga, Ta’dil dengan pengulangan istilah tautsiq seperti ثقة ثقة - حجة حجة -   ثبت ثبت - ثقة ثبت - ثبت حجة - ثقة حجة - ثبت حافظ - ثقة متقنdan semisalnya.

Keempat, Ungkapan ta’dil dengan menyebutkan satu istilah tautsiq seperti ثقة  حجة  حافظ  ثبت  متقن  إمام dan semisalnya.


Kelima, Ungkapan ta’dil yang lebih rendah kedudukannya dari tingkatan keempat, seperti

 ليس به بأس - لا بأس به - ما أعلم به بأساً  صدوق - محله الصدق - إلى الصدق ما هو - صدوق يهم  مأمون - خيار الخلق  متماسك - فلان وسط - مقارب الحديث.


Keenam, Ungkapan ta’dil yang paling rendah kedudukannya, seperti

 صالح الحديث - صدوق إن شاء الله - أرجو أن لا بأس به  صويلح  مقبول - ليس ببعيد من الصدق - يكتب حديثه 

atau ta’dil dengan menyebutkan keyakinan bid’ah yang ada pada perawi misal rafidhi, qadari, murji’ah dan firqah bid’ah lainnya.


Perincian hukum hadits tiap tingkatan ta’dil :


- Perawi yang disifati dengan ta’dil point 1-4 haditsnya shahih menurut kesepakatan ulama ahlul-hadits. Sebagian besarnya adalah para perawi dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim.


- Perawi yang disifat dengan ta’dil point 5 haditsnya hanya berderajat hasan lidzaatihi.


- Perawi yang disifati dengan ta’dil point 6 haditsnya tidak diterima dan tidak dapat dijadikan hujjah jika ia bersendirian dalam meriwayatkan. Namun jika terdapat riwayat lain yang menjadi syawahid dan mutaba’ah maka derajatnya bisa naik menjadi hasan lighairihi.

Tingkatan jarh perawi hadits dalam kutub rijal :


Pertama, Ungkapan jarh yang paling ringan, seperti فيه ضعف - في حديثه ضعف  ضُعِّف - فيه مقال - فيه لين - ليس بذاك - ليس بالقوي - ليس بالمأمون - ليس بحجة - تكلموا فيه - طعنوا فيه dan semisalnya


Kedua, Ungkapan jarh yang lebih parah dari tingkatan pertama, seperti لا يُحتج به - مضطرب الحديث - له مناكير - حديثه منكر - ضعيف dan semisalnya


Ketiga, Ungkapan jarh yang lebih parah dari tingkatan sebelumnya, seperti رُدَّ حديثه - ضعيف جداً - واهٍ بمرة  طرحوه - مطروح الحديث - ارم به - لا يكتب حديثه - لا تحل الرواية عنه - ليس بشيء - لا يساوي شيئاً - لا يستشهد بحديثه dan semisalnya


Keempat, Ungkapan jarh yang lebih parah dari tingkatan sebelumnya, seperti متهم بالكذب - يسرق الحديث - متروك الحديث  تركوه - ذاهب الحديث  ساقط  هالك - لا يعتبر به - مُجمعٌ على تركه dan semisalnya.


Kelima, Ungkapan jarh yang lebih parah dari tingkatan sebelumnya, seperti فلان كذاب  يكذب  وضاع - وضع حديثاً - دجال dan semisalnya.


Keenam, Ungkapan jarh yang paling parah, seperti فلان أكذب الناس - له المنتهى في الكذب - هو ركن الكذب  منبعه - معدنه dan semisalnya.


Perincian hukum hadits tiap tingkatan jarh:


- Perawi yang disifati dengan jarh point 1 dan 2, haditsnya dapat dijadikan sebagai syawahid dan mutaba’ah artinya jika terdapat riwayat lain yang semisal maka derajatnya bisa naik menjadi hasan lighairihi.

- Perawi yang disifati dengan jarh point 3 dan 4, haditsnya tidak dapat dijadikan hujjah dan tidak dapat dijadikan sebagai syawahid dan mutaba’ah untuk menguatkan riwayat yang lain.


- Perawi yang disifati dengan jarh point 5 dan 6, tidak boleh meriwayatkan hadits darinya secara mutlak kecuali untuk menjelaskan kelemahan hadits dan membantahnya.


Allahua’lam.



Disarikan oleh Abul-Harits dari Al-Jarh wat-Ta’dil bainan-Nadzariyyah wat-Tathbiiq di Madinah, 10 Dzulqa’dah 1433 H

No comments:

Post a Comment