Friday, December 11, 2015

Apakah Disunahkan Memakai Tongkat Saat Berkhutbah?

Para ulama memiliki tiga pendapat dalam permasalahan ini:

Pertama, disunahkan bersandar kepada sesuatu saat berkhutbah, misalkan bersandar pada tongkat, pedang, tombak atau yang semisalnya. Ini merupakan pendapat jumhur ulama dari kalangan Malikiyyah[1], Hanabilah[2] dan Syafi’iyyah[3].

Al-Imam Malik rahimahullah berkata:

وذلك مما يستحب للأئمة أصحاب المنابر ، أن يخطبوا يوم الجمعة ومعهم العصي يتوكؤون عليها في قيامهم ، وهو الذي رَأَيْنا وسَمِعْنا

“Diantara perkara yang disunahkan bagi imam dan juru khutbah adalah khutbah Jum’at dengan bersandar pada tongkat saat ia berdiri. Hal ini berdasarkan apa yang kami lihat dan kami dengar (amalan ahlul-madinah)” [Al-Mudawwanah Al-Kubraa, 1/151]

Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata:

أحب لكل من خطب - أيَّ خطبة كانت - أن يعتمد على شيء

“Aku menyukai jika setiap orang yang berkhutbah (dalam khutbah apapun) bersandar pada sesuatu” [Al-Umm, 1/272]

Ibnu Qudamah Al-Hambali rahimahullah berkata:

وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يَعْتَمِدَ عَلَى قَوْسٍ ، أَوْ سَيْفٍ ، أَوْ عَصًا ؛ لِمَا رَوَى الْحَكَمُ بْنُ حَزْنٍ الْكُلَفِي

“Disunahkan bersandar pada busur panah, pedang atau tongkat (saat berkhutbah) berdasarkan riwayat Al-Hakam bin Hazn Al-Kulafi…” [Al-Mughniiy, 4/126]

Al-Bahuutiy Al-Hambali rahimahullah berkata:

ويسن أن يعتمد على سيف أو قوس أو عصا بإحدى يديه

“Disunahkan bersandar pada pedang, busur panah atau tongkat dengan salah satu tangannya (saat berkhutbah)” [Kasyful Qina’, 2/36]

Dalil yang dipakai pendapat ini adalah hadits Al-Hakam bin Hazn radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

شهدنا فيها الجمعة مع رسول الله صلى الله عليه وسلم فقام متوكئا على عصا أو قوس فحمد الله وأثنى عليه

“Pada hari itu kami menyaksikan shalat Jum’at bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau berdiri (berkhutbah) bersandar pada tongkat atau busur panah, kemudian beliau memuji Allah dan menyanjung-Nya…” [HR. Abu Daud no. 1096, Ahmad (4/212), Al-Baihaqi (3/206), dihasankan oleh An-Nawawi[4] dan Al-Albani[5]]

Kedua, makruh bersandar pada sesuatu saat berkhutbah. Ini merupakan pendapat sebagian ulama Hanafiyyah.

Disebutkan dalam salah satu kitab mu’tamad dalam madzhab Hanafi:

ويكره أن يخطب متكئا على قوس أو عصا

“Dimakruhkan berkhutbah dengan bersandar pada busur panah atau tongkat” [Al-Fatawa Al-Hindiyyah, 1/148]

Ketiga, disunahkan bersandar pada tongkat atau busur panah jika memang diperlukan. Apabila tidak diperlukan, tidak disunahkan. Ini merupakan pendapat Ibnul Qayyim dan Ibnu Utsaimin

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

وإنما كان يعتَمِد على قوس أو عصاً قبل أن يتَّخذ المنبر ، وكان في الحرب يَعتمد على قوس ، وفي الجمعة يعتمِد على عصا

“Nabi pernah (berkhutbah) bersandar pada busur panah atau tongkat sebelum dibangun mimbar. Dalam keadaan perang, beliau bersandar pada busur panah dan dalam khutbah Jum’at, beliau bersandar pada tongkat”

فإنه لا يُحفظ عنه بعد اتخاذ المنبر أنه كان يرقاه بسيف ، ولا قوس ، ولا غيره

“Tidak diriwayatkan dari nabi bahwa beliau bersandar pada pedang, busur panah atau selainnya setelah dibangun mimbar” [Zaadul Ma’aad, 1/429]

Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata:

أن الاعتماد إنما يكون عند الحاجة ، فإن احتاج الخطيب إلى اعتماد ، مثل أن يكون ضعيفاً يحتاج إلى أن يعتمد على عصا فهذا سنة ؛ لأن ذلك يعينه على القيام الذي هو سنة ، وما أعان على سنة فهو سنة ، أما إذا لم يكن هناك حاجة ، فلا حاجة إلى حمل العصا

“Bersandar pada sesuatu hanyalah dilakukan saat diperlukan. Apabila khatib membutuhkan sesuatu untuk bersandar, misalkan ia lemah sehingga butuh bersandar pada tongkat. Jika keadaannya demikian, maka hukumnya sunah, karena hal itu membantunya berdiri yang merupakan sunah khutbah. Segala sesuatu yang dapat membantu diterapkannya sunah, juga dihukumi sunah. Adapun apabila tidak diperlukan, maka tidak perlu menggunakan tongkat” [Asy-Syarhul Mumti’, 5/63]

Tarjih

Saya pribadi lebih condong kepada pendapat pertama yaitu pendapat jumhur ulama, sebagai pengamalan terhadap hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Adapun pendapat ketiga yang membedakan antara sebelum dan sesudah dibangunnya mimbar, saya belum mengetahui dalil yang membedakan demikian. Hukum asal dari perbuatan nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hal ibadah adalah sunah. Umat Islam disyariatkan meneladani perbuatan nabi dalam tata cara pelaksanaan ibadah.

Guru kami Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad hafizhahullah berkata:

واعتماد الخطيب على عصا لا شك في أنه اقتداء برسول الله صلى الله عليه وسلم، ويمكن للخطيب أن يستند على المنبر،

“Tidak diragukan lagi bahwa perbuatan khatib bersandar pada tongkat merupakan bentuk meneladani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Boleh pula bagi khatib bersandar pada mimbar.

والاقتداء بالنبي صلى الله عليه وسلم فيه الخير والبركة. والاعتماد على السيف أو القوس كل ذلك مثل الاعتماد على العصا يحصل به المقصود، والقول بأنَّ الرسول صلى الله عليه وسلم فعله للحاجة ليس هناك شيء يدل عليه

“Meneladani Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam akan membuahkan kebaikan dan barakah. Bersandar pada pedang atau busur panah, hukumnya semisal dengan tongkat, karena tujuan juga dapat tercapai dengan hal itu. Pendapat yang menyatakan bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam bersandar pada tongkat hanya ketika  diperlukan, tidak ada dalil yang menunjukkan demikian”

Alasan lain adalah sebagaimana dijelaskan oleh Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad hafizhahullah:

وذلك ليكون أسكن له، وأدعى إلى عدم حركته وحركة يده، وأيضاً ليتكئ عليها، وفي ذلك تخفيف عليه من طول قيامه

“Hal itu lebih membuatnya tenang, menyebabkan khatib tidak banyak bergerak dan tidak banyak menggerakkan tangannya. Demikian pula ia bisa bersandar, agar beban ketika ia lama berdiri menjadi lebih ringan” [Syarh Sunan Abi Daud bab (باب الرجل يخطب على قوس) hadits no. 1096]

Allahua’lam, semoga bermanfaat


Ditulis oleh Abul-Harits di Madinah, 29 Shafar 1437







[1] Jawahirul Ikliil, 1/97 dan  Hasyiyah Ad-Dasuuqiy, 1/382

[2] Al-Inshaaf, 2/397

[3] Nihayaatul Muhtaaj, 2/326 dan Hasyiyah Qalyuubiy, 1/272

[4] Al-Majmuu’ Syarh Al-Muhadzab, 4/526

[5] Dha’if Abu Daud, 3/96

No comments:

Post a Comment