Tuesday, March 31, 2015

Nasehat Asy-Syaikh Shalih As-Suhaimi Kepada Salafiyyin di Indonesia (8 Jumadats Tsaniyah 1436 H)

Syaikh Shalih As-Suhaimi hafizhahullah berkata:

“Segala puji milik Allah, shalawat dan salam tercurah kepada Rasulullah, wa ba’du

Kepada saudara-saudaraku dari Indonesia dan kaum muslimin yang mendengarnya. Aku berwasiat kepada mereka dan kepada diriku untuk bertakwa kepada Allah ‘azza wa jalla, serius dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu syar’i yang bersumber dari kitab Allah ta’ala dan sunnah Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam, berjalan di atas manhaj salaf yang shalih, jauh dari sikap ifraath dan tafriith (berlebihan dan bermudah-mudahan). 


Juga serius dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, menyibukkan diri dengan ilmu, janganlah menyibukkan diri kalian dengan para perampok jalanan, janganlah kalian menyibukkan diri dengan qiila waqaala (kata fulan dan kata ‘allan), janganlah kalian menyibukkan diri dengan mengelompokkan saudara-saudara kalian, janganlah menyibukkan diri dengan permusuhan dan perselisihan yang terjadi diantara sebagian penuntut ilmu melalui media-media sosial yang terus berkelanjutan tiada hentinya.

Tuntutlah ilmu, tinggalkan para perampok jalanan, hendaklah kalian berkumpul di atas hal ini. Barangsiapa yang datang kepada kalian dan menyampaikan kepada kalian perkataan Allah dan Rasul-Nya, serta menyebarkan manhaj salaf, maka terimalah. Barangsiapa yang datang kepada kalian, ia menginginkan perpecahan diantara kalian, maka usirlah, siapa pun dia. Shalawat, salam dan barakah dari Allah tercurah kepada Nabi kita Muhammad, keluarganya dan para sahabatnya.

Tulis (wasiat) ini pada hari Sabtu, 8 Jumadats Tsaniyah, 1436 H

Aku kembali menekankan kepada ikhwah untuk menjauhi perselisihan dan permusuhan, berpegang dengan kitab Allah ‘azza wa jalla dan sunnah Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam, berjalan di atas manhaj salaf yang shalih, tidak menyia-nyiakan waktu dengan perkataan fulan dan fulan, serta mengelompokkan fulan dan menghukumi fulan.” [Madinah, Sabtu, 8 Jumadats Tsaniyah 1436 H]

Dengarkan rekaman suara Asy-Syaikh di sini

Teks Fatwa:

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وبعد.
باالنسبة للإخوة من إندونيسيا ومن يسمعه من المسلمين. أوصيهم ونفسي بتقوى الله عز وجل والجد والاجتهاد في طلب العلم الشرعي المستمد من كتاب الله تعالى وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم, والسير على منهج سلف الصالح بعيد عن الإفراط والتفريط والجد والاجتهاد في طلب العلم. اشتغلوا به ولا تشتغلوا ببنيات الطريق, ولا تشتغلوا بالقيل والقال, ولا تشتغلوا بتصنيف إخوانكم, ولا تشتغلوا بالنظر فيما يتبادل عبر أجهزة التواصل من محاترات بين بعض طلاب العلم ومن خلاف لا طائل تحته. اطلبوا العلم ودعوا بنيات الطريق, واجتمعوا على هذا . ومن جاءكم يريد أن يقول لكم قال الله وقال رسوله وينشر منهج السلف فاقبلوا منه. ومن جاءكم يريد أن يفرق كلمتكم فاطردوه كائنا من كان. وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وعلى آله وصحبه.

سجل هذا في يوم السبت 8 من شهر جمادى الثانية سنة 1436.

وأؤكد على الإخوة البعد عن الخلافات والمحاترات, والاعتصام بكتاب الله عز وجل وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم والسير على منهج السلف الصالح وعدم إضاعة الوقت في قال فلان وقال فلان وصنف فلان وحكم فلان. 

No comments:

Post a Comment