Wednesday, March 4, 2015

3 Kaidah Dalam Mengubah Niat Shalat

Tanya:

ما حكم تغيير النية في الصلاة؟

“Apa hukum mengubah niat dalam shalat?”

Jawab:

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah menjawab:

تغيير النية في الصلاة إما أن يكون: - من معين إلى معين.
- أو من مطلق إلى معين.
فهذان لا يصحان.
وإذا كان من معين إلى مطلق، فلا بأس.
مثال المعين منه إلى معين: إذا أراد أن ينتقل من سنة الضحى إلى راتبة الفجر التي يريد أن يقضيها، فكبر بنية أنه يريد أن يصلي ركعتي الضحى، ثم ذكر أنه لم يصل راتبة الفجر، فحولها إلى راتبة الفجر، فهنا لا يصح؛ لأن راتبة الفجر ركعتان ينويهما من أول الصلاة.
كذلك أيضا: رجل دخل في صلاة العصر، وفي أثناء الصلاة ذكر أنه لم يصل الظهر فنواها للظهر، هذا أيضا لا يصح؛ لأن المعين لا بد أن تكون نيته من أول الأمر.
وأما المطلق إلى معين فمثل: أن يكون شخص يصلي صلاة مطلقة -نوافل- ثم ذكر أنه لم يصل الفجر أو لم يصل سنة الفجر، فحول هذه النية إلى صلاة الفجر أو إلى سنة الفجر، فهذا أيضا لا يصح.
أما الانتقال من معين إلى مطلق، فمثل: أن يبدأ الصلاة على أنها راتبة الفجر، ثم نسي، وفي أثناء الصلاة تبين أنه قد صلاها، فهنا يتحول من النية الأولى إلى نية الصلاة فقط.
أو مثلا: إنسان شرع في صلاة فريضة لوحده، ثم حضرت جماعة، فأراد أن يحول الفريضة إلى نافلة؛ ليقتصر فيها على ركعتين نافلة، فهذا جائز؛ لأنه حول من معين إلى مطلق.
فهذه هي القاعدة: من معين إلى معين لا يصح، ومن مطلق إلى معين لا يصح، ومن معين إلى مطلق يصح.

“Mengubah niat dalam shalat tidak lepas dari mu’ayyan ke mu’ayyan atau dari mutlak ke mu’ayyan, hukum (mengubah niat) dalam dua kondisi ini tidak sah. Adapun apabila niat yang diubah adalah mu’ayyan ke mutlak, hukumnya boleh.

Contoh mengubah niat dari mu’ayyan ke mu’ayyan, apabila seorang ingin berpindah niat dari shalat sunah Dhuha menjadi shalat sunah rawatib Fajar yang hendak ia qadha’. Pada awalnya ia bertakbir dengan niat shalat Dhuha, kemudian ia teringat belum mengerjakan shalat sunah Fajar, maka ia mengganti niat shalatnya menjadi shalat sunah Fajar, dalam kondisi ini hukumnya tidak sah. Sebab di permulaan ia telah meniatkan shalat sunah Fajar dengan dua raka’at tersebut.

Demikian pula saat seorang telah masuk dalam rakaat shalat Ashar, di pertengahan shalat ia teringat belum mengerjakan shalat Zhuhur, maka ia mengganti niatnya menjadi shalat Zhuhur, ini juga tidak sah. Sebab meniatkan shalat mu’ayyan wajib dilakukan di permulaan.

Adapun mengubah niat dari mutlak ke mu’ayyan, misalkan seorang mengerjakan shalat sunah mutlak, kemudian ia teringat belum mengerjakan shalat Subuh ataupun shalat sunah Fajar, maka ia mengganti niatnya menjadi shalat Subuh ataupun shalat sunah Fajar, ini juga tidak sah.

Adapun mengubah niat dari mu’ayyan ke mutlak, misalkan seorang mengerjakan shalat sunah Fajar, kemudian ia lupa, di pertengahan shalat baru ingat bahwa ia telah mengerjakan dua rakaat tersebut, maka ia mengganti niatnya dari niat yang pertama (shalat sunah Fajar –pen) ke niat shalat sunah saja (shalat sunah mutlak –pen).

Contoh lain, seorang tengah mengerjakan shalat fardhu sendirian, kemudian datang sekelompok orang mendirikan shalat jama’ah, ia ingin mengganti niatnya dari shalat fardhu ke shalat sunah mutlak untuk meringkas shalatnya menjadi dua raka’at (agar bisa mengulangi shalat fardhu dengan berjama’ah –pen). Kondisi ini hukumnya boleh, karena ia mengubah niat dari mu’ayyan ke mutlak.

Kaidah dalam permasalahan ini, [pertama] mengubah niat dari mu’ayyan ke mu’ayyan hukumnya tidak sah, [kedua]mengubah niat dari mutlak ke mu’ayyan hukumnya tidak sah, sedangkan [ketiga] mengubah niat dari mu’ayyan ke mutlak hukumnya sah. [Liqa’ Al-Bab Al-Maftuh, 1/16]

No comments:

Post a Comment