Friday, November 1, 2013

Waspada Terhadap Para Pencari Fitnah dan Website Berbahaya (Syaikh Shalih As-Suhaimi)

Fadhilatus Syaikh Shalih As-Suhaimi hafizhahullah berkata:

“Katakanlah pada mereka, orang-orang yang menyatakan aku memaksudkan fulan dan fulan. Katakanlah pada mereka “hendaklah mereka bertakwa pada Allah”. Wajib bagi mereka untuk bertakwa pada Allah. 

Janganlah membuat kedustaan terhadap saudara-saudaranya tentang apa yang tidak dikatakannya. Jauhilah penafsiran-penafsiran semacam ini atau apa yang mereka katakan bahwa aku memaksudkan salah satu dari saudara-saudaraku. Barangsiapa yang menyangka demikian, maka aku bersaksi atas nama Allah bahwa ia pendusta. Aku meyakini bahwa ia adalah seorang pendusta yang jahat, siapapun dia.

Namun di sana ada orang-orang yang sengaja memancing di air yang keruh sebagaimana yang dinyatakan oleh syaikh kami Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah ketika mereka menafsirkan perkataan beliau dengan penafsiran yang tidak diinginkan oleh beliau. Syaikh Ibnu Baz berkata: “orang-orang yang memancing di air yang keruh, merekalah orang-orang yang menyatakan bahwa aku memaksudkan fulan dan fulan atau aku memaksudkan para ulama 
Madinah atau yang semisalnya.”[1]

Barangsiapa yang menyangka bahwa aku memaksudkan salah seorang guru-guruku, baik guru kami Syaikh Rabii’ atau guru kami Syaikh Ali bin Nashir atau guru kami Syaikh Shalih Al-Fauzan atau guru kami Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad atau guru kami Syaikh Shalih Al-Luhaidan atau guru kami Syaikh Samahatul Mufti Syaikh Abdul Aziz Alu As-Syaikh atau selain mereka dari para masyayikh atau teman maupun saudara-saudara kami para penuntut ilmu yang semanhaj dengan mereka.

Barangsiapa yang menyangka bahwa aku memaksudkan mereka maka ia adalah pendusta lagi jahat. Aku akan menggugat mereka (di hadapan Allah –pen) kelak pada hari yang tidak bermanfaat harta maupun keturunan kecuali orang-orang yang datang kepada Allah dengan hati yang selamat. Tidak cukup dengan kedustaan ini saja, mereka menyatakan bahwa ceramahku terekam pada tanggal 23 Ramadhan, padahal aku sama sekali tidak merekamnya pada tanggal tersebut. Yang benar, aku merekamnya pada bulan Sya’ban.

Nasihatku dalam rekaman itu, aku tujukan bagi seluruh saudara-saudaraku salafiyyin, bukanlah yang aku maksud adalah fulan atau fulan. Ini sebagai nasehat bagi saudaraku salafiyyin dan tiap orang yang telah mengarahkan perkataanku tidak pada tempatnya atau oknum yang melampaui batas dalam mengarahkan perkataanku. Nasihat ini umum bagi seluruh saudara-saudaraku salafiyyin dan tiap orang yang melampaui batas. Adapun membawakan perkataanku kepada person tertentu, maka ini keliru.

Namun aku menyatakan, di sana terdapat para pemuda yang berbuat kejelekan pada saudara-saudaranya, berbuat kejelekan pada masyayikh salafiyyin. Terdapat oknum-oknum yang menukilkan perkataan-perkataan yang keliru, lalu menggiring saudaranya pada kesimpulan yang mereka maukan.

Wajib bagi kita untuk memperingatkan mereka. Aku telah menyampaikan hal itu kepada guru-guru kami, aku telah menyatakan pula kepada para penuntut ilmu, hendaklah kalian waspada dari para perusuh dakwah yaitu orang-orang yang memancing di air yang keruh, bisa jadi mereka adalah hizbiyyin dan orang-orang yang menyusup di antara kita. Waspadalah kalian dari mereka. Kelakuan mereka begitu buruk, sungguh sangat disayangkan. Barangsiapa yang menyangka bahwa aku memaksudkan salah seorang dari guru-guru kami dalam perkataanku, maka sekali lagi aku menegaskan bahwa mereka adalah para pendusta yang jahat.

Allah ‘azza wajalla berfirman: “janganlah engkau menyatakan sesuatu yang engkau tidak memiliki ilmu padanya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan ditanya”.

Allah tabaraka wata’ala juga berfirman: “Tidaklah terucap suatu perkataan pun, melainkan ada malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat –pen) di sisinya”. Hendaknya kita bertakwa pada Allah dalam permasalahan ini dan bersungguh-sungguh dalam menempuh jalan kejujuran dan kebenaran.

Allah ‘azza wajalla berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, ketika seorang fasik datang kepadamu membawa berita, maka telitilah kebenarannya agar kalian tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan, lalu akhirnya kalian menyesali perbuatanmu itu”.

Website mana pun yang menukilkan dariku selain perkataan ini, lalu menyebarkannya dan berlindung di balik perkataanku atau berlindung di balik perkataan masyayikh, maka itulah website-website yang dipenuhi dengan syubhat. Sama saja apakah mereka memberikan penamaan dirinya dengan website sunah atau dengan penamaan yang lain. Kami tidak akan tertipu oleh penamaan-penamaan mereka, baik mereka menamakan website nya dengan nama “kullalsalafiyyin[2], “al-atsari[3] maupun penamaan-penamaan yang lain. Penamaan tersebut tidak akan mengenyangkan, tidak pula menghilangkan rasa lapar.

مما يزهدني في أرض أندلس *** أسماء معتضد فيها و معتمد
أسماء مملكة في غير موضعها *** كالهرّ يحكي انتفاخا صولة الأسد[4]

Aku memohon pada Allah agar menyatukan kalimat Ahlus-Sunnah di atas kebenaran, menjauhkan kita dari kejelekan para penyusup dakwah, orang-orang yang disibukkan (dengan fitnah –pen), para perusuh dakwah dan orang yang tergesa-gesa. Sungguh Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Shalawat, salam dan barakah senantiasa tercurah pada nabi kita Muhammad, keluarganya dan seluruh sahabatnya

Wahai penuntut ilmu, sungguh setiap kalimat yang engkau ucapkan akan ditanya, “Tidaklah bergeser kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat, hingga ditanya tentang empat perkara, tentang masa mudanya untuk apa digunakan, umurnya untuk apa dihabiskan, hartanya dari mana ia dapatkan dan untuk apa ia belanjakan dan ilmunya seberapa yang diamalkan”.

Aku sangat berharap agar perkataanku ini disebarkan di setiap tempat, silahkan, nukilkanlah dariku. Aku menganggap perkataanku ini sebagai bentuk pendekatan diriku pada Allah ‘azza wajalla. Aku berlepas diri dari para penyusup dakwah, orang-orang yang disibukkan (dengan fitnah –pen), penyesatan oleh oknum yang melampaui batas dan takwil orang-orang bodoh. Semoga Allah memberikan taufiq pada kita untuk melakukan hal-hal yang dicintai dan diridhai-Nya. Shalawat, salam dan barakah senantiasa tercurah pada nabi kita Muhammad, keluarganya dan seluruh sahabatnya.”

Berikut teks fatwa beliau,

و قل لهؤلاء الذين يدعون أنني أقصد فلانا و فلانا , قل لهم يتقون الله , عليهم أن يتقوا الله , و أن لايُقَوِّلُوا إخوانهم ما لم يقولوا , و أن يتجنبوا هذه الإلزامات أو أنني أقصد أحدا من إخوانيفمن زعم ذلك فأشهد الله على أنّه كذاب , أعتقد أنّه كذاب أشر , مهما كان , و لكن هناك من يصطاد في الماء العكر كما قال شيخنا الشيخ ابن باز رحمه الله تعالى عندما فسّروا خطابه بغير مراده قال : و الذين يصطادون في الماء العكر هم الّذين يقولون إنني أقصد فلانا و فلانا , أو أقصد أهل المدينة أو نحو ذلك.

فمن زعم أنني أقصد أحد مشايخيسواء شيخنا الشيخ ربيع أو شيخنا الشيخ علي بن ناصر أو شيخنا الشيخ صالح الفوزان أو شيخنا الشيخ عبد المحسن العباد , أو شيخنا الشيخ صالح اللحيدان أو شيخنا الشيخ سماحة المفتي الشيخ عبد العزيز آل الشيخ أو غيرهم من المشايخ , أو من هم على منهجهم من إخواني طلبة العلم –يعني - الذين هم زملائي و إخواني من طلبة العلم الآخرين , من زعم أنني أقصدهم فهو كذاب أشر , و سأحاكمه يوم لا ينفع مال و لا بنون إلا من أتى الله بقلب سليم , و لم يكتفوا بهذا التزوير بل إنهم زعموا أنني سجلت في 23 رمضان مقولة أنا لم أسجلها في 23 رمضان , سجلتها في شعبان , نصيحة لإخوتي السلفيين و ليس المقصود بها فلان و لا فلان , نصيحة لإخوتي السلفيين و لكل من يلزم , أو لكل من يتجاوز حدّه في الإلزامات , و نصيحة عامة تشمل كل إخواني السلفيين و يشمل كل من تجاوز حده , أما أنها تحمل على أنني أعني شخصا بعينه من إخواني فهذا غير صحيح , لكنني أقول أن هناك من الشباب من يسيء إلى الإخوة , إلى المشايخ السلفيين , و من ينقل إليهم خطأً و يلزم إخوانه بما لا يلزمهم , هؤلاء يجب أن نكون على حذر منهم , و أنا قلت لمشايخي و قلت لطلاب العلم , قلت كونوا على حذر من المشوشين الذين يصطادون في الماء العكر و قد يكونون حزبيين مندسين بيننا , فلنكن على حذر منهم , فهذا أمر و للأسف سيء و هذا النقل و من زعم أنني أقصد أحدا من مشايخنا أكرر أقولإنه كذاب أشر .

و الله عز وجل يقول : (( و لا تقف ما ليس لك به علم , إن السمع و البصر والفؤاد كل أولئك كان عنه مسؤولاً )) ويقول تبارك و تعالى : (( ما يلفظ من قول إلا لديه رقيب عتيد )) فلنتق الله في هذا المسلك و لنجتهد في تحري الصدق و الصواب , و الله عز وجل يقول : (( يا أيها الذين آمنوا إن جاءكم فاسق بنبأ فتبينوا أن تصيبوا قوماً بجهالة فتصبحوا على ما فعلتم نادمين )) فأي موقع ينقل عني غير هذا الكلام و ينشر من أجل أن يستغل كلامي أو كلام أحد المشايخ فتلك مواقع مشبوهةسواء سموا أنفسهم موقع سنة أو موقع كذا أو غيرها من المواقعنحن لا ننخدع بالأسماء , أو سموا أنفسهم "كل السلفيين" , أو سموا أنفسهم الموقع "الأثري" , أو غير ذلك من المسميات هذه المسميات لا تسمن و لا تغني من جوع .
مما يزهدني في أرض أندلس *** أسماء معتضد فيها و معتمد
أسماء مملكة في غير موضعها *** كالهرّ يحكي انتفاخا صولة الأسد

أسأل الله تبارك و تعالى أن يجمع كلمة أهل السنة على الحق و أن يجنبنا شر المندسين , و المستغلين و المشوشين و المتسرعين إنّه و لي ذلك و القادر عليه , وصلى الله و سلم و بارك على نبينا محمد و على آله و صحبه أجمعين .

و اعلم يا طالب العلم أنّك مسؤول عن كل كلمة تقولها (لا تزول قدما عبد يوم القيامة حتى يسأل عن أربع , عن شبابه فيما أبلاه و عن عمره فيما أفناه و عن ماله من أين اكتسبه و أين أنفقه و عن علمه ماذا عمل به) و هذه الكلمة بالذات أرجو نشرها في كل مكان , و العمل بها و لتنقل عني , و أنا أتقرب بها إلى الله عزوجل , لنبرأ من دسّ الداسين و من استغلال المستغلين ومن تحريف الغالين , و تأويل الجاهلين , وفق الله الجميع لما يحب و يرضى و صلى الله و سلم و بارك على نبينا محمد و على آله و صحبه أجميعن .

Rekaman suara beliau dapat didengarkan dalam video berikut, namun dengan redaksi yang berbeda. Karena dalam majelis, beliau berulang-kali memberikan nasehat dan memperingatkan para penuntut ilmu dari da'i-da'i yang menyerukan fitnah



   Diterjemahkan oleh Abul-Harits di Madinah, 27 Dzhulhijjah 1434 H
  



[1] Yang dimaksud oleh beliau adalah perkataan Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berikut,

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah pernah berkata:

وإخواننا المشايخ المعروفون في المدينة ليس عندنا فيهم شك، هم أهل العقيدة الطيبة ومن أهل السنة والجماعة مثل الشيخ محمد أمان بن علي، ومثل الشيخ ربيع بن هادي، أو مثل الشيخ صالح ابن سعد السحيمي، ومثل الشيخ فالح بن نافع، ومثل الشيخ محمد بن هادي، كلهم معروفون لدينا بالاستقامة والعلم والعقيدة الطيبة … ولكن دعاة الباطل أهل الصيد في الماء العكر هم الذين يشوشون على الناس ويتكلمون في هذه الأشياء ويقولون المراد كذا وكذا وهذا ليس بجيد، الواجب حمل الكلام على أحسن المحامل

“Diantara saudara-saudara kami masyayikh yang ma’ruf di Madinah. Kami tidak meragukan mereka. Mereka memiliki aqidah yang baik dan termasuk Ahlus-Sunnah wal Jama’ah semisal Syaikh Muhammad Aman bin Ali, Syaikh Rabi’ bin Hadi, Syaikh Shalih bin Sa’ad As-Suhaimi, Syaikh Falih bin Nafi’, Syaikh Muhammad bin Hadi. Mereka seluruhnya dikenal dengan keistiqomahan, keilmuan dan aqidah yang baik...

Namun para da’i penyeru kebatilan dan pembuat makar di air yang keruh, merekalah yang membuat keraguan terhadap manusia. Mereka sembrono berbicara dalam masalah ini, mereka berkata bahwa maksud (syaikh fulan dan fulan -pen) adalah demikian dan demikian. Perbuatan ini sungguh tidak terpuji. Yang wajib bagi mereka adalah membawakan perkataan ulama dengan memahaminya dengan penafsiran yang paling baik.” [Kaset Taudhiih Al-Bayaan] Allahua'lam

[2] Website yang dikelola oleh Syaikh Ali Hasan Al-Halabi
[3] Website kelompok Al-Haddadiyyah yang dikelola oleh Falih Al-Harbi
[4] Saya (penerjemah) belum bisa memahami sya’ir yang dibawakan oleh Syaikh Shalih As-Suhaimi hafizhahullah

No comments:

Post a Comment