Monday, April 22, 2013

Syaikh Abdul Aziz Ar-Rajihi Mengingkari Nukilan Ijma’ Imam Asy-Syafi’i dalam Permasalahan Iman?


هذا سؤال طويل فضيلة الشيخ:

 يشكك بعض نابتة العصر ممن تكلم في مسألة الإيمان في الإجماع الذي حكاه الإمام الشافعي -رحمه الله- وهو قوله: " كان الإجماع من الصحابة والتابعين ومن بعدهم ومَن أدركناهم يقولون: الإيمان قول وعمل ونية لا يجزئ واحد من الثلاثة إلا بالآخر" وقد نقله عنه -كما تعلمون- شيخ الإسلام في كتابه الإيمان.

فمرة يقولون عن هذا: إنه غير صحيح، ومرة يقولون: لا يجزئ، أي لا يكون كاملا، ومرة يقولون: العمل في كلام الشافعي أي عمل القلب، ويقولون إن الإيمان الذي لا بد منه الاعتقاد والقول، أما العمل ففرع، فلو عاش الإنسان دهره كله تاركا للفرائض فلا صلاة ولا صوم ولا زكاة ولا حج، وفاعلا ما استطاع من منكرات، من زنا وشرب خمر، وارتكاب الفواحش، خلا الشرك، فيقولون: إنه مؤمن معرّض للوعيد ما دام أنه يعتقد ويقول بلسانه، فآمل من فضيلتكم شرح قول الشافعي وتوضيحه.

العلامة الشيخ عبد العزيز الراجحي:

 نعم، كلام الشافعي واضح في نقل هذا الإجماع عن الصحابة والتابعين والأئمة، أن الإيمان قول باللسان وتصديق بالقلب وعمل بالجوارح، هذا كما نقل الإمام أبو عبيد من الآثار ومن النصوص، من كتاب الله وسنة رسوله، وأقوال العلماء وأقوال السلف وأقوال الصحابة واضح هذا.

ولكن طريقة أهل الزيغ -والعياذ بالله- يشككون، يريدون أن لا تثبت الآثار، ولا تثبت النصوص، فمرة يطعنون بالنصوص، ومرة يطعنون بالآثار، ومرة يطعنون بأقوال العلماء، ومرة يطعنون في كتب أهل السنة.
يشككون، حتى أن بعض أهل الزيغ يقولون: رسالة الإمام أحمد في الصلاة غير ثابتة، رسالة الإمام أحمد في الرد على الزنادقة غير ثابتة، مروي عن فلان كذا وهو ليس بثابت وهكذا، يشككون، لا يريدون أن تثبت، حتى لا يثبت الحق، حتى ينطلي زيغهم وانحرافهم، ينطلي على الناس، فتجدهم يشككون في كتب أهل العلم وفي نسبتها إليهم، وكذلك في أقوال أهل العلم، وفي الإجماع، ويطعنون في الآثار، وفي النصوص، حتى لا يثبت، حتى ينطلي زيغهم وانحرافهم على الناس.

وقول الإمام الشافعي -رحمه الله- واضح، وقد سمعنا كثيرا من كلام الإمام أبي عبيد -رحمه الله- من النصوص ومن الآثار، ومن كلام أهل العلم، فكيف يطعن فيها كلها، هب أنه ما ثبت واحد أو اثنان أو ثلاثة أو أربعة أو عشرة، كيف ترد هذه النصوص الكثيرة؟ ما تستطيع تردها تردها ، ولو فرضنا أنه رد النصوص من السنة، كيف يرد النصوص من القرآن الواضحة، واضحة قطعية، وكذلك الأحاديث الثابتة في الصحيحين وفي غيرها، وأقوال العلماء الكثيرة، لم يستطيع هؤلاء أن يردوها، نعم.

Penanya:

“Sebagian orang belakangan yang berbicara tentang permasalahan iman, mereka membuat keraguan tentang ijma’ yang dinyatakan oleh Imam Asy-Syafi’i rahimahullah yaitu perkataan beliau “Para sahabat, tabi’in setelahnya dan para ulama yang pernah aku ketahui, mereka telah bersepakat (ijma’) bahwa iman adalah perkataan, amal dan niat. Tidak sah mencukupkan salah satu dari yang lain.”

Sebagaimana yang antum ketahui bahwa perkataan Asy-Syafi’i tersebut dinukilkan oleh Syaikhul Islam dalam kitab Al-Iman. Sesekali mereka menyatakan bahwa nukilan perkataan beliau tidak benar. Terkadang menyatakan bahwa [لا يجزئ] artinya tidak sempurna[1]. Terkadang menyatakan bahwa amal yang dimaksud oleh Asy-Syafi’i adalah amalan hati. Mereka menyatakan bahwa sesuatu yang harus ada dalam iman hanyalah i’tiqad dan perkataan. Adapun amal itu hanyalah cabang.

Seandainya ada seorang yang seumur hidupnya meninggalkan kewajiban, tidak pernah shalat, tidak puasa, tidak zakat, tidak pula haji, lalu ia melakukan berbagai kemungkaran sekehendaknya berupa zina, minum khamr dan terjatuh dalam berbagai perbuatan keji selain syirik. Mereka menyatakan bahwa ia adalah seorang mukmin yang terancam azab, selama ia masih meyakini dan mengucapkan (syahadat -pen-) . Aku berharap pada Anda agar bersedia menjelaskan perkataan Asy-Syafi’i tersebut.

Syaikh Abdul Aziz Ar-Rajihi hafidzahullah menjawab:

“Iya, perkataan Asy-Syafi’i sangat jelas ketika beliau menukilkan ijma’ dari para sahabat, tabi’in dan para imam (ahlussunnah -pen-) bahwa iman adalah perkataan lisan, pembenaran hati dan amal anggota badan. Ini pula yang dinukilkan dari Imam Abu Ubaid[2] dari atsar dan nash-nash kitabullah, sunah rasulullah, perkataan ulama, perkataan salaf dan perkataan para sahabat. Ini sangat jelas.

Namun diantara metode orang-orang yang menyimpang –wal’iyadzubillah-, mereka membuat keraguan dengan menyatakan bahwa atsar dan nash-nash ini tidak shahih. Bahkan terkadang mereka terang-terangan menolak atsar dan nash-nash terebut. Sesekali mereka membuat keraguan terhadap perkataan para ulama dan kitab-kitab ahlussunnah. Hingga sebagian orang yang menyimpang dari mereka menyatakan bahwa risalah Imam Ahmad dalam permasalahan shalat tidak shahih, risalah Imam Ahmad yang berjudul [الرد على الزنادقة] tidak shahih karena diriwayatkan dari fulan demikian, sehingga riwayat tersebut tidak shahih.

Demikianlah mereka sangat gemar membuat keraguan, mereka tidak menginginkan kebenaran ini tegak, hingga mereka leluasa menyebarkan penyimpangan dan kesesatan mereka pada manusia.

Engkau akan mendapati mereka membuat keraguan terhadap penyandaran kitab-kitab para ulama pada penulisnya. Demikian pula mereka membuat keraguan terhadap perkataan para ulama dan ijma’ yang mereka nukilkan. Mereka mengkritik atsar dan nash-nash agar terkesan tidak shahih, setelah itu mereka leluasa menyusupkan penyimpangan dan kesesatan mereka pada manusia.

Perkataan Imam Asy-Syafi’i rahimahullah sangat jelas. Kita telah berulang kali mendengar perkataan Imam Abu Ubaid tatkala beliau menyebutkan atsar, nash-nash dan perkataan para ulama.

Dapatkah mereka membantah seluruh perkataan tersebut?? Anggaplah mereka melemahkan satu, dua, tiga, empat atau sepuluh atsar. Dapatkah mereka membantah nash-nash yang sangat banyak?? Mereka tidak akan mampu membantahnya. Taruhlah misalkan mereka melemahkan beberapa nash hadits. Bagaimana mereka bisa membantah nash-nash qath’i dari Al-Qur’an yang sangat jelas, begitu pula hadits-hadits shahih dalam Ash-Shahihain dan perkataan ulama yang sangat banyak?? Mereka tidak akam mampu membantahnya, iya.”



[1] Ada pula yang  menerjemahkan dengan “tidak mencukupi”
[2] Beliau adalah Abu Ubaid Al-Qasim bin Sallam, penulis Kitab Al-Iman

No comments:

Post a Comment