هذا سؤال طويل فضيلة الشيخ:
يشكك
بعض نابتة العصر ممن تكلم في مسألة الإيمان في الإجماع الذي حكاه الإمام الشافعي
-رحمه الله- وهو قوله: " كان الإجماع من الصحابة والتابعين ومن بعدهم ومَن
أدركناهم يقولون: الإيمان قول وعمل ونية لا يجزئ واحد من الثلاثة إلا بالآخر"
وقد نقله عنه -كما تعلمون- شيخ الإسلام في كتابه الإيمان.
فمرة يقولون عن هذا: إنه غير صحيح، ومرة يقولون: لا يجزئ، أي لا يكون
كاملا، ومرة يقولون: العمل في كلام الشافعي أي عمل القلب، ويقولون إن الإيمان الذي
لا بد منه الاعتقاد والقول، أما العمل ففرع، فلو عاش الإنسان دهره كله تاركا
للفرائض فلا صلاة ولا صوم ولا زكاة ولا حج، وفاعلا ما استطاع من منكرات، من زنا
وشرب خمر، وارتكاب الفواحش، خلا الشرك، فيقولون: إنه مؤمن معرّض للوعيد ما دام أنه
يعتقد ويقول بلسانه، فآمل من فضيلتكم شرح قول الشافعي وتوضيحه.
العلامة الشيخ عبد العزيز الراجحي:
نعم، كلام الشافعي واضح في نقل هذا الإجماع عن الصحابة والتابعين والأئمة، أن الإيمان قول باللسان وتصديق بالقلب وعمل بالجوارح، هذا كما نقل الإمام أبو عبيد من الآثار ومن النصوص، من كتاب الله وسنة رسوله، وأقوال العلماء وأقوال السلف وأقوال الصحابة واضح هذا.
ولكن طريقة أهل الزيغ -والعياذ بالله- يشككون، يريدون أن لا تثبت الآثار،
ولا تثبت النصوص، فمرة يطعنون بالنصوص، ومرة يطعنون بالآثار، ومرة يطعنون بأقوال
العلماء، ومرة يطعنون في كتب أهل السنة.
يشككون، حتى أن بعض أهل الزيغ يقولون: رسالة الإمام أحمد في الصلاة غير
ثابتة، رسالة الإمام أحمد في الرد على الزنادقة غير ثابتة، مروي عن فلان كذا وهو
ليس بثابت وهكذا، يشككون، لا يريدون أن تثبت، حتى لا يثبت الحق، حتى ينطلي زيغهم
وانحرافهم، ينطلي على الناس، فتجدهم يشككون في كتب أهل العلم وفي نسبتها إليهم، وكذلك
في أقوال أهل العلم، وفي الإجماع، ويطعنون في الآثار، وفي النصوص، حتى لا يثبت،
حتى ينطلي زيغهم وانحرافهم على الناس.
وقول الإمام الشافعي -رحمه الله- واضح، وقد سمعنا كثيرا من كلام الإمام
أبي عبيد -رحمه الله- من النصوص ومن الآثار، ومن كلام أهل العلم، فكيف يطعن فيها
كلها، هب أنه ما ثبت واحد أو اثنان أو ثلاثة أو أربعة أو عشرة، كيف ترد هذه النصوص
الكثيرة؟ ما تستطيع تردها تردها ، ولو فرضنا أنه رد النصوص من السنة، كيف يرد
النصوص من القرآن الواضحة، واضحة قطعية، وكذلك الأحاديث الثابتة في الصحيحين وفي
غيرها، وأقوال العلماء الكثيرة، لم يستطيع هؤلاء أن يردوها، نعم.
Penanya:
“Sebagian
orang belakangan yang berbicara tentang permasalahan iman, mereka membuat
keraguan tentang ijma’ yang dinyatakan oleh Imam Asy-Syafi’i rahimahullah
yaitu perkataan beliau “Para sahabat, tabi’in setelahnya dan para ulama yang
pernah aku ketahui, mereka telah bersepakat (ijma’) bahwa iman adalah
perkataan, amal dan niat. Tidak sah mencukupkan salah satu dari yang
lain.”
Sebagaimana
yang antum ketahui bahwa perkataan Asy-Syafi’i tersebut dinukilkan oleh
Syaikhul Islam dalam kitab Al-Iman. Sesekali mereka menyatakan bahwa
nukilan perkataan beliau tidak benar. Terkadang menyatakan bahwa [لا يجزئ] artinya
tidak sempurna[1].
Terkadang menyatakan bahwa amal yang dimaksud oleh Asy-Syafi’i adalah amalan
hati. Mereka menyatakan bahwa sesuatu yang harus ada dalam iman hanyalah i’tiqad
dan perkataan. Adapun amal itu hanyalah cabang.
Seandainya
ada seorang yang seumur hidupnya meninggalkan kewajiban, tidak pernah shalat,
tidak puasa, tidak zakat, tidak pula haji, lalu ia melakukan berbagai
kemungkaran sekehendaknya berupa zina, minum khamr dan terjatuh dalam berbagai
perbuatan keji selain syirik. Mereka menyatakan bahwa ia adalah seorang mukmin
yang terancam azab, selama ia masih meyakini dan mengucapkan (syahadat -pen-) .
Aku berharap pada Anda agar bersedia menjelaskan perkataan Asy-Syafi’i
tersebut.
Syaikh
Abdul Aziz Ar-Rajihi hafidzahullah menjawab:
“Iya,
perkataan Asy-Syafi’i sangat jelas ketika beliau menukilkan ijma’ dari para
sahabat, tabi’in dan para imam (ahlussunnah -pen-) bahwa iman adalah perkataan
lisan, pembenaran hati dan amal anggota badan. Ini pula yang dinukilkan dari
Imam Abu Ubaid[2]
dari atsar dan nash-nash kitabullah, sunah rasulullah, perkataan
ulama, perkataan salaf dan perkataan para sahabat. Ini sangat jelas.
Namun
diantara metode orang-orang yang menyimpang –wal’iyadzubillah-, mereka
membuat keraguan dengan menyatakan bahwa atsar dan nash-nash ini
tidak shahih. Bahkan terkadang mereka terang-terangan menolak atsar dan
nash-nash terebut. Sesekali mereka membuat keraguan terhadap perkataan para
ulama dan kitab-kitab ahlussunnah. Hingga sebagian orang yang menyimpang dari
mereka menyatakan bahwa risalah Imam Ahmad dalam permasalahan shalat tidak
shahih, risalah Imam Ahmad yang berjudul [الرد على
الزنادقة] tidak
shahih karena diriwayatkan dari fulan demikian, sehingga riwayat tersebut tidak
shahih.
Demikianlah
mereka sangat gemar membuat keraguan, mereka tidak menginginkan kebenaran ini
tegak, hingga mereka leluasa menyebarkan penyimpangan dan kesesatan mereka pada
manusia.
Engkau
akan mendapati mereka membuat keraguan terhadap penyandaran kitab-kitab para
ulama pada penulisnya. Demikian pula mereka membuat keraguan terhadap perkataan
para ulama dan ijma’ yang mereka nukilkan. Mereka mengkritik atsar dan nash-nash
agar terkesan tidak shahih, setelah itu mereka leluasa menyusupkan penyimpangan
dan kesesatan mereka pada manusia.
Perkataan
Imam Asy-Syafi’i rahimahullah sangat jelas. Kita telah berulang kali
mendengar perkataan Imam Abu Ubaid tatkala beliau menyebutkan atsar, nash-nash
dan perkataan para ulama.
Dapatkah
mereka membantah seluruh perkataan tersebut?? Anggaplah mereka melemahkan satu,
dua, tiga, empat atau sepuluh atsar. Dapatkah mereka membantah nash-nash
yang sangat banyak?? Mereka tidak akan mampu membantahnya. Taruhlah misalkan
mereka melemahkan beberapa nash hadits. Bagaimana mereka bisa membantah nash-nash
qath’i dari Al-Qur’an yang sangat jelas, begitu pula hadits-hadits shahih
dalam Ash-Shahihain dan perkataan ulama yang sangat banyak?? Mereka tidak akam
mampu membantahnya, iya.”
No comments:
Post a Comment