Tuesday, January 15, 2013

Kisah Syaikh Ibnu Baz dan Nenek Tua di Pelosok Hutan Afrika


Dibawah ini adalah kisah teladan tentang kedermawanan Syaikh Ibnu Baz rahimahullah yang sedekahnya sampai jauh menembus lebatnya hutan Afrika.

Ali bin ‘Abdullah ad-Farbi berkata:

“Diantara cerita yang paling berkesan kepadaku adalah, ada empat orang dari salah satu lembaga bantuan (kemanusiaan) di Kerajaan Arab Saudi diutus untuk menyalurkan bantuan di pelosok hutan Afrika. Setelah berjalan kali selama empat jam dan setelah lelah berjalan, mereka (4 orang utusan ini, pent.) melewati seorang wanita tua di salah satu kemah dan mengucapkan salam kepadanya lalu memberikannya bantuan. Wanita tua itu bertanya kepada mereka : “Kalian dari negara mana?” Mereka pun menjawab : “Kami dari Kerajaan Arab Saudi.”

Lalu wanita tua itu berkata : “Sampaikan salamku untuk Syaikh Ibnu Baz.” Mereka bertanya, “Semoga Allah merahmati Anda, bagaimana Syaikh Ibnu Baz mengenali Anda sedangkan Anda berada di lokasi yang terpencil dan jauh ini?”

Wanita tua renta itu menjawab : “Demi Allah, sesungguhnya beliau (Syaikh Ibnu Baz) mengirimkan uang 1000 real kepadaku setiap bulan. Setelah aku mengirimkan sepucuk surat kepadanya untuk memohon bantuan dan pertolongan setelah (meminta) pertolongan Alloh عزّوجلّ.” [Tabloid Al-Madinah no 12182]

Semoga kita bisa meneladani kisah beliau ini.


Dinukil oleh Abul-Harits dari kompasiana.com

No comments:

Post a Comment