Tuesday, January 24, 2017

Hukum Nadzar Dalam Hati

Pertanyaan:

Aslmkm
Ada org sering nazar tapi dlm hati dan blm diucapkan. Itu kena gak? Bgmn hukumnya? Trus kalo gak dijalanin apa konskwensinya? Trima kasih..
(N..N..)

Jawaban:

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Nazar tidak sah jika hanya sebatas niat atau belum diucapkan. Misalnya seseorang berniat, jika dia lulus ujian tahun ini, akan berpuasa daud selama sebulan lillahi ta’ala. Sebatas niat semacam ini, belum dianggap nazar yang sah, yang wajib dia laksanakan.

Fairuz Abadi – ulama syafiiyah – menegaskan,

ولا يصح النذر إلا بالقول

“Nazar tidak sah, kecuali diucapkan.” (Al-Muhadzab, 1/440) .
An-Nawawi dalam syarah Muhadzab memberikan penjelasan,

وهل يصح بالنية من غير قول … (الصحيح) باتفاق الأصحاب أنه لا يصح إلا بالقول ولا تنفع النية وحدها

Apakah nazar sah semata dengan niat, tanpa diucapkan…(yang kuat) berdasarkan sepakat ulama madzhab Syafii, bahwa tidak sah nazar kecuali diucapkan. Niat semata, tidak bermanfaat (tidak dianggap). (Al-Majmu’ Syarh Muhadzab, 8/451)
Hal yang sama juga dinyatakan Al-Mardawi – ulama hambali – dalam Al-Inshaf,

ولا يصح (النذر) إلا بالقول ، فإن نواه من غير قول : لم يصح بلا نزاع

Nazar tidak sah kecuali dengan diucapkan. Jika dia hanya berniat, namun tidak dia ucapkan, tidak sah nazarnya, tanpa ada perbedaan pendapat. (Al-Inshaf, 11/118)
Allahu a’lam

Dijawab oleh ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina www.KonsultasiSyariah.com)

2 comments:

  1. Assalamualaikum. Saya sering muncul nazar dalam hati. Masih mikir apa, tiba2 muncul kalimat "Ya Allah aku bernazar ..." ketika seperti itu saya tenang saja toh itu hanya dalam hati. Tapi beberapa saat kemudian barulah muncul keraguan. Rasa ragu itu sangat besar sampai membuat saya tertekan. Saya mengingat-ingat sebenarnya tadi hanya dalam hati atau tidak. Karna jujur ketika memikirkan atau mengkhayal sesuatu, kadang saya bergumam pada diri sendiri dgn pelafalan. Saya takut ketika muncul kalimat nazar tadi, mulut saya ikut melafalkan tanpa saya sadari. Saya mencoba mengingat tapi rasanya ingatan saya hilang seketika pdhal belum ada 10 menit berselang. Semakin mengingatnya saya semakin tertekan dan pusing. Hal ini sudah terjadi selama sekitar satu bulan dgn nazar yg berbeda-beda. Mohon pencerahannya. Saya sangat tertekan memikirkan hal ini. Saya sangat takut karna hal yg ada dalam nazar bukanlah yg mudah utk saya lakukan.

    ReplyDelete
  2. Mungkin jika hal yg ada dalam nazar itu hal yg mudah, saya lakukan saja dari pada saya merasa tertekan, tidak tenang dan dihantui seperti ini

    ReplyDelete