Wednesday, June 13, 2012

Bersiwak Menggunakan Tangan Kanan atau Kiri?


Pertanyaan : Apakah seorang bersiwak dengan tangan kanan atau kiri?

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah menjawab :

“Terdapat perselisihan ulama dalam permasalahan ini, sebagian ulama berpendapat bahwa seorang hendaknya bersiwak dengan tangan kanan, karena siwak merupakan sunah dan sunah merupakan ketaatan dan taqarrub kepada Allah. Tidak semestinya seorang bersiwak dengan tangan kiri, karena tangan kiri digunakan untuk membuang kotoran.

Sebagian ulama yang lain berkata : “bahkan bersiwak dengan tangan kiri lebih utama, karena siwak digunakan untuk menghilangkan kotoran (yang menempel pada gigi -pent-). Dan menghilangkan kotoran semestinya memakai tangan kiri sebagaimana istinja’ dan istijmar, bukan dengan tangan kanan”

Sebagian ulama yang lain merinci jika seorang bersiwak untuk membersihkan mulut ketika bangun tidur atau menghilangkan kotoran, maka yang lebih utama menggunakan tangan kiri. Adapun jika seorang bersiwak untuk mengamalkan sunah seperti bersiwak sebelum wudhu, maka menggunakan tangan kanan lebih utama karena merupakan bentuk ibadah.

Permasalahan ini luas, walillahil hamdu. Boleh bagi seorang bersiwak sesuai keinginannya (baik dengan tangan kanan maupun kiri –pent-) karena tidak adanya nash yang jelas dalam permasalahan ini.

[Majmu’ Fatawa wa Rasail Syaikh Muhamad bin Shalih Al-Utsaimin 11/116]


Diterjemahkan oleh Abul-Harits di Ma'had tercinta Ibnu Taimiyyah, Rajab 1433 H

No comments:

Post a Comment