Para ulama
memiliki tiga pendapat dalam permasalahan ini:
Pertama, disunahkan bersandar
kepada sesuatu saat berkhutbah, misalkan bersandar pada tongkat, pedang,
tombak atau yang semisalnya. Ini merupakan pendapat jumhur ulama dari kalangan
Malikiyyah[1],
Hanabilah[2] dan
Syafi’iyyah[3].
Al-Imam
Malik rahimahullah berkata:
وذلك مما يستحب للأئمة أصحاب
المنابر ، أن يخطبوا يوم الجمعة ومعهم العصي يتوكؤون عليها في قيامهم ، وهو الذي
رَأَيْنا وسَمِعْنا
“Diantara
perkara yang disunahkan bagi imam dan juru khutbah adalah khutbah Jum’at dengan
bersandar pada tongkat saat ia berdiri. Hal ini berdasarkan apa yang kami lihat
dan kami dengar (amalan ahlul-madinah)” [Al-Mudawwanah Al-Kubraa, 1/151]
Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata:
أحب لكل من خطب - أيَّ خطبة كانت
- أن يعتمد على شيء
“Aku
menyukai jika setiap orang yang berkhutbah (dalam khutbah apapun) bersandar
pada sesuatu” [Al-Umm, 1/272]
Ibnu Qudamah
Al-Hambali rahimahullah berkata:
وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يَعْتَمِدَ عَلَى قَوْسٍ ، أَوْ
سَيْفٍ ، أَوْ عَصًا ؛ لِمَا رَوَى الْحَكَمُ بْنُ حَزْنٍ الْكُلَفِي
“Disunahkan
bersandar pada busur panah, pedang atau tongkat (saat berkhutbah) berdasarkan
riwayat Al-Hakam bin Hazn Al-Kulafi…” [Al-Mughniiy, 4/126]
Al-Bahuutiy
Al-Hambali rahimahullah berkata:
ويسن أن يعتمد على سيف أو قوس أو
عصا بإحدى يديه
“Disunahkan
bersandar pada pedang, busur panah atau tongkat dengan salah satu tangannya
(saat berkhutbah)” [Kasyful Qina’, 2/36]
Dalil yang
dipakai pendapat ini adalah hadits Al-Hakam bin Hazn radhiyallahu ‘anhu, ia
berkata:
شهدنا فيها الجمعة مع رسول الله صلى الله عليه وسلم
فقام متوكئا على عصا أو قوس فحمد الله وأثنى عليه
“Pada hari
itu kami menyaksikan shalat Jum’at bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam. Beliau berdiri (berkhutbah) bersandar pada tongkat atau busur panah,
kemudian beliau memuji Allah dan menyanjung-Nya…” [HR. Abu Daud no. 1096, Ahmad
(4/212), Al-Baihaqi (3/206), dihasankan oleh An-Nawawi[4] dan
Al-Albani[5]]
Kedua, makruh bersandar pada
sesuatu saat berkhutbah. Ini merupakan pendapat sebagian ulama Hanafiyyah.
Disebutkan
dalam salah satu kitab mu’tamad dalam madzhab Hanafi:
ويكره أن يخطب متكئا على قوس أو
عصا
“Dimakruhkan
berkhutbah dengan bersandar pada busur panah atau tongkat” [Al-Fatawa
Al-Hindiyyah, 1/148]
Ketiga,
disunahkan bersandar pada tongkat atau busur panah jika memang diperlukan.
Apabila tidak diperlukan, tidak disunahkan. Ini merupakan pendapat Ibnul
Qayyim dan Ibnu Utsaimin
Ibnul Qayyim
rahimahullah berkata:
وإنما كان يعتَمِد على قوس أو
عصاً قبل أن يتَّخذ المنبر ، وكان في الحرب يَعتمد على قوس ، وفي الجمعة يعتمِد
على عصا
“Nabi pernah
(berkhutbah) bersandar pada busur panah atau tongkat sebelum dibangun mimbar.
Dalam keadaan perang, beliau bersandar pada busur panah dan dalam khutbah Jum’at,
beliau bersandar pada tongkat”
فإنه لا يُحفظ عنه بعد اتخاذ
المنبر أنه كان يرقاه بسيف ، ولا قوس ، ولا غيره
“Tidak
diriwayatkan dari nabi bahwa beliau bersandar pada pedang, busur panah atau
selainnya setelah dibangun mimbar” [Zaadul Ma’aad, 1/429]
Muhammad bin
Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata:
أن الاعتماد إنما يكون عند
الحاجة ، فإن احتاج الخطيب إلى اعتماد ، مثل أن يكون ضعيفاً يحتاج إلى أن يعتمد
على عصا فهذا سنة ؛ لأن ذلك يعينه على القيام الذي هو سنة ، وما أعان على سنة فهو
سنة ، أما إذا لم يكن هناك حاجة ، فلا حاجة إلى حمل العصا
“Bersandar
pada sesuatu hanyalah dilakukan saat diperlukan. Apabila khatib membutuhkan
sesuatu untuk bersandar, misalkan ia lemah sehingga butuh bersandar pada
tongkat. Jika keadaannya demikian, maka hukumnya sunah, karena hal itu
membantunya berdiri yang merupakan sunah khutbah. Segala sesuatu yang dapat
membantu diterapkannya sunah, juga dihukumi sunah. Adapun apabila tidak
diperlukan, maka tidak perlu menggunakan tongkat” [Asy-Syarhul Mumti’, 5/63]
Tarjih
Saya pribadi
lebih condong kepada pendapat pertama yaitu pendapat jumhur ulama, sebagai
pengamalan terhadap hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Adapun
pendapat ketiga yang membedakan antara sebelum dan sesudah dibangunnya mimbar,
saya belum mengetahui dalil yang membedakan demikian. Hukum asal dari perbuatan
nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hal ibadah adalah sunah. Umat Islam
disyariatkan meneladani perbuatan nabi dalam tata cara pelaksanaan ibadah.
Guru kami
Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad hafizhahullah berkata:
واعتماد الخطيب على عصا لا شك في أنه اقتداء برسول
الله صلى الله عليه وسلم، ويمكن للخطيب أن يستند على المنبر،
“Tidak
diragukan lagi bahwa perbuatan khatib bersandar pada tongkat merupakan bentuk meneladani
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Boleh pula bagi khatib bersandar pada
mimbar.
والاقتداء بالنبي صلى الله عليه وسلم فيه الخير
والبركة. والاعتماد على السيف أو القوس كل ذلك مثل الاعتماد على العصا يحصل به
المقصود، والقول بأنَّ الرسول صلى الله عليه وسلم فعله للحاجة ليس هناك شيء يدل
عليه
“Meneladani
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam akan membuahkan kebaikan dan barakah.
Bersandar pada pedang atau busur panah, hukumnya semisal dengan tongkat, karena
tujuan juga dapat tercapai dengan hal itu. Pendapat yang menyatakan bahwa Rasul
shallallahu ‘alaihi wasallam bersandar pada tongkat hanya ketika diperlukan, tidak ada dalil yang menunjukkan
demikian”
Alasan lain adalah
sebagaimana dijelaskan oleh Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad hafizhahullah:
وذلك ليكون أسكن له، وأدعى إلى عدم حركته وحركة
يده، وأيضاً ليتكئ عليها، وفي ذلك تخفيف عليه من طول قيامه
“Hal itu
lebih membuatnya tenang, menyebabkan khatib tidak banyak bergerak dan tidak
banyak menggerakkan tangannya. Demikian pula ia bisa bersandar, agar beban
ketika ia lama berdiri menjadi lebih ringan” [Syarh Sunan Abi Daud bab (باب الرجل يخطب على قوس) hadits no. 1096]
Allahua’lam,
semoga bermanfaat
Ditulis oleh
Abul-Harits di Madinah, 29 Shafar 1437
No comments:
Post a Comment