Dalam artikel kali ini,
saya ingin menampilkan beberapa perkataan ulama yang mudah-mudahan bisa
menjawab pertanyaan yang terbetik dalam benak kita, terkait dengan opini yang
beredar tentang Syaikh Rabi’ Al-Madkhali hafizhahullah,
1. Sebagian orang menyatakan
bahwa pujian dan tazkiyah para ulama kepada Syaikh Rabi’ itu dulu, setelah
Syaikh Rabi’ memiliki “penyimpangan manhaj” (menurut istilah mereka), pujian
para ulama tersebut tidak berlaku lagi sekarang..
Benarkah demikian
penilaian para ulama? Simak fatwa terkini dari Syaikh Shalih Al-Luhaidan hafizhahullah
berikut..
Penanya:
“Kenapa (manusia –pen)
sering membicarakan Syaikh Rabii’? Kenapa pula mereka banyak mencela beliau hafidzakumullah
ta’ala?
Syaikh Shalih Al-Luhaidan hafidzahullah
menjawab:
“Beliau (Syaikh Rabi’ –pen) adalah sebaik-baik manusia dalam aqidahnya dan dalam hal kecemburuan terhadap agama ini. Tidak diragukan lagi, orang-orang banyak membicarakan Syaikh Rabi’ karena beliau membantah tokoh-tokoh yang melakukan penyelisihan terhadap As-Sunnah. Mereka marah terhadap Syaikh Rabi’ karena beliau membantah tokoh-tokoh yang menyimpang.
Jika yang membicarakan
beliau bukan seorang mukhaalif (tokoh yang menyimpang –pen), barangkali
ia merasa hasad terhadap Syaikh Rabi’ karena beliau telah memahami dan
mengetahui (penyimpangan sebagian da’i –pen) sebelum mereka mengetahuinya.
Beliau adalah sebaik-baik manusia dalam ilmu dan agama.” [6 Shafar 1435]
Berikut teks fatwanya,
السائل
:
لماذا كثر الكلام حول الشيخ ربيع ، ولماذا يطعنون فيه حفظكم الله تعالى ؟
الجواب
:
الرجل نِعْم الرجل في عقيدته ، وغيرته على الدين ، ولا شك أن الذين
يتكلمون فيه ، لأنه هو يرد على المخالفين للسنة ، المخالف يحقد عليه لأنه رد على
المخالفين ، ومن لم يخالف لعله يحسده لأنه تنبه إلى ما لم يتنبهوا له ، الرجل نِعْم
الرجل علم ودين .اهـ
كان هذا بتاريخ : 6 / صفر / 1435
Syaikh Shalih Al-Luhaidan
adalah ketua Majlis Al-Qadha Al-A’laa di Kerajaan Arab Saudi. Beliau
juga tergabung dalam Ha’iah Kibarul Ulama. Fatwa ini telah menggugurkan
asumsi mereka dari beberapa sisi:
[Pertama] Syaikh Shalih
Al-Luhaidan tergabung dalam Hai’ah Kibar Ulama sehingga tergolong ulama yang
mu’tadil (meminjam istilah mereka).
[Kedua] Fatwa beliau
keluar baru-baru ini
[Ketiga] Beliau memberikan
pujian pada Syaikh Rabi’ dalam aqidahnya. Seandainya pada aqidah dan manhaj
Syaikh Rabi’ terdapat penyimpangan, tentu para ulama tidak boleh tinggal diam.
Wajib bagi ulama untuk menerangkan penyimpangan manhaj Syaikh Rabi’ di hadapan umat, karena beliau adalah seorang da'i yang dikenal dan diikuti pendapatnya.
[Keempat] Jika ada yang
menyatakan, barangkali beliau belum mengetahui penyimpangan manhaj Syaikh Rabi’
sebagaimana yang diketahui oleh mereka. Maka saya persilahkan kepada mereka
untuk datang kepada salah satu ulama kibar, lalu tunjukkan pembahasan mereka
tentang “penyimpangan manhaj” Syaikh Rabi’ kepada para ulama. Kira-kira
bagaimana penilaian ulama terhadap tulisan-tulisan mereka?
2. Perkataan Syaikh
Al-Albani, “dalam seluruh kitab bantahan Syaikh Rabi’ terdapat syiddah
(sikap keras)” sehingga diambil kesimpulan bahwa Manhaj Syaikh Rabi’
Mutasyaddid..
Lalu bagaimana dengan
perkataan Syaikh Al-Albani berikut,
Syaikh Al-Albani rahimahullah
berkata:
يعجبني تشدد السلف في عدم السماع من أهل البدع
“Aku kagum terhadap tasyaddud
(sikap keras) As-Salaf tatkala mereka tidak mau mendengar dari
ahlul-bid’ah” [Dengarkan rekaman suara beliau di sini]
Barangkali ada sebagian
orang yang mengambil kesimpulan aneh dari perkataan Syaikh Al-Albani di atas,
dengan menyatakan “Manhaj Para Ulama Salaf Mutasyaddid dalam Menghajr
Ahlul-Bid’ah !!” Allahul musta’an…
3. Akhir-akhir ini Syaikh
Ali Hasan dan murid-muridnya sangat antusias dalam menjatuhkan kedudukan Syaikh
Rabi’. Cukuplah tulisan-tulisan dalam website mereka menjadi bukti.
Namun dalam kesempatan
ini, saya ingin menampilkan perkataan indah dari Syaikh Ali Hasan Al-Halabi “era
lama”. Tentunya fatwa ini keluar sebelum kebencian dan permusuhan terhadap
Syaikh Rabi’ menguasai diri mereka..
Penanya:
“Apakah Syaikh Rabi’ hafizhahullah
senantiasa menjadi pembawa bendera jarh wa ta’dil pada masa ini?
Syaikh Ali Hasan Al-Halabi hafizhahullah menjawab:
“Ini adalah prasangka baik
(dariku –pen) kepada beliau, aku berharap demikian. Semoga Allah membalas
beliau dengan kebaikan, serta meninggikan derajat dan kedudukan beliau.
Meskipun Syaikh Rabi’ telah mencapai kedudukan yang mulia ini, beliau seperti
ulama lain yang terkadang benar dan terkadang keliru. Namun kami meyakini bahwa
kebenaran yang ada pada beliau, berlipat-lipat lebih banyak dari kesalahannya.
Jika terdapat kekeliruan dari beliau, maka hal itu berasal dari ijtihad, ilmu,
agama, takwa dan semangat beliau terhadap dakwah dan aqidah ini.
Tahdzir Syaikh Rabi’
terkadang diselisihi oleh ulama yang lain, namun dengan berjalannya waktu, kami
menyaksikan bahwa kebanyakan dari apa yang dikatakan Syaikh Rabi’ lebih tepat
dan sesuai kenyataan. Sungguh inilah yang menjadikan kami memiliki kedekatan
dengan beliau, serta memberikan penghormatan dan penghargaan terhadap beliau.
Namun beliau tetaplah seorang manusia yang tidak lepas dari apa yang disebutkan
dalam perkataan nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berikut,
كل ابن آدم خطاء وخير الخطائين التوابون
“Setiap anak Adam memiliki
kesalahan-kesalahan dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah orang-orang yang
bertaubat”
Aku tidak menyatakan hal
ini pada Syaikh Rabi’ saja, bahkan aku menyatakan hal ini pada seluruh manusia..tanpa
kecuali Rasulullah, para nabi, para utusan dari kalangan sahabat dan selain
mereka hingga hari ini, bahkan hingga hari kiamat nanti.
Aku menyatakan demikian
agar tidak ada yang menuduh kami sebagai orang-orang yang bersikap ghuluw dan ta’ashub
terhadap Syaikh Rabi’, serta tuduhan bahwa kami meyakini kema’shuuman beliau.
Begitu pula sebaliknya, agar tidak ada yang menuduh kami sebagai orang-orang
yang mencela Syaikh Rabi’ atau seorang yang tidak memberikan penghormatan
terhadap hak beliau, maupun seorang yang tidak butuh terhadap ilmu beliau.
Syaikh Rabi’ termasuk ulama
yang mulia dan memiliki keutamaan, beliau adalah ulama ahlus-sunnah dan da’i
yang menyeru pada manhaj salafi di masa ini. Ketahuilah wahai orang-orang yang
tidak memberikan hak-hak beliau, hendaklah kalian bertakwa pada Allah -Rabb kalian-
dalam diri Syaikh Rabi’… Begitu pula orang-orang yang ghuluw terhadap beliau,
tinggalkanlah perbuatan ghuluw hingga hal tersebut tidak memalingkan manusia
dari kebenaran yang berasal dari Syaikh Rabi’.
Aku memohon pada Allah
agar memanjangkan umur beliau, memberikan kebaikan pada amal beliau,
mengumpulkan kami, kalian dan beliau di dunia ini untuk saling memberikan
nasehat dalam kebenaran dan kesabaran. Jika keadaannya tidak demikian di dunia,
semoga Allah mengumpulkan kita dalam surga di sisi dzat yang memiliki kerajaan
dan kekuasaan. Tidaklah hal tersebut sulit bagi Allah. Allah lah dzat yang
memberikan hidayah pada jalan yang lurus” [25 Rabi’ut Tsani 1428 H bertepatan
dengan 13 Mei 2007]
Berikut teks perkataan
Syaikh Ali Hasan,
هل ما زال الشيخ ربيع - حفظة الله- حامل راية الجرح والتعديل في هذا
العصر؟
"هذا
هو الظن به وهذا هو الأمل به - جزاه الله خيراً ورفع الله قدره وأعلى الله مقامه
-، لكن الشيخ ربيع على كونه بهذه المنزلة السامية الرفيعة هو كغيره من أهل العلم
قد يصيب وقد يخطئ، لكن نحن على يقين أنَّ صوابه أضعاف أضعاف خطئه، وأنَّ خطأه إنْ
صدر فإنما يصدر باجتهاد وعلم وبديانة وبتقوى وبحرص على هذه الدعوة والعقيدة،
وكثير
مما قاله الشيخ ربيع وحذَّر منه مما قد يخالفه فيه غيره نرى أنَّ الزمن يأتي ويجري
بما يوافق قول الشيخ ربيع وما يخالف غيره، فهذا في الحقيقة يجعلنا أكثر منه قرباً،
وأكثر تقديراً، وأكثر له إشادةً، ولكن هو في إطاره البشري الذي لا يخرج عما ذكرت
من قول النبي -:"كل ابن آدم خطاء وخير الخطائين التوابون" ولا أقول هذا
في الشيخ ربيع فقط وإنما أقول هذا في كل إنسان وطئ الحصا، من غير رسول الله
والأنبياء والرسل من الصحابة إلى غيرهم إلى هذه الساعة وإلى قيام الساعة، وإنما
اقول ذلك حتى لا نتهم بأننا نغلو في الشيخ ربيع، أو نتعصب للشيخ ربيع، أو ندعي
العصمة للشيخ ربيع، ولسنا
كذلك بالصورة العكسية ، أننا نطعن بالشيخ ربيع، أو نقلِّل من قدر الشيخ ربيع، أو
نُزَهِّد في علم الشيخ
ربيع
.
الشيخ ربيع من أجلاء وأفاضل أهل العلم وأهل السُّنَّة، ودعاة المنهج
السلفي في هذا العصر، فليعرف الذين لم يُعطوه قدره ،وأن يتقوا الله ربهم في هذا
الشيخ، وبالمقابل
اولئك الغالون عليهم أن يخفِّفُوا من غلوائهم حتى لا يكونوا بغلوهم هذا سبباً
لصدِّ الناس عما عند الشيخ ربيع من الحق، ونسال الله أن يطيل في عمره، وأن يحسن في
عمله، ويجمعنا وإياكم وإياه في هذه الدنيا تواصيا بالحق والصبر، وإلا ففي الآخرة
في مقعد صدق عند مليك مقتدر وما ذلك على الله بعزيز". والله الهادي إلى سواء
السبيل”
[من خلال
اللقاء الذي جرى مع الشيخ علي الحلبي على السكايب بتاريخ الأحد 25 ربيع الثاني1428ه،
الموافق 13 - 5 - 2007 بالإفرنجي]
Diterjemahkan oleh
Abul-Harits di Madinah, 11 Shafar 1435 H
apakah antum tidak ghuluw mengatakan "pihak" syaikh ali hasan dan pengikutnya membenci & memusuhi syaikh rabi'..
ReplyDeleteSebelum antum menilai apakah saya berlebihan ataukah tidak, bandingkan antara penilaian Syaikh Ali Hasan Al-Halabi dahulu dan sekarang. Dahulu Syaikh Ali sangat menghormati Asy-Syaikh Rabi', terutama tatkala Asy-Syaikh Al-Albani rahimahulllah masih hidup.
ReplyDeleteNamun sekarang apa yang mereka katakan terhadap Asy-Sysikh Rabi' dan para ulama yang bersama beliau?
Murid-murid Syaikh Ali Hasan menyatakan dalam website kullalkhalafiyyin (sebutan Asy-Syaikh Shalih As-Suhaimi terhadap website mereka),
وكان حامل راية هذا الطعن هو الشيخ (ربيع بن هادي المدخلي) وكبار أعوانه
"Asy-Syaikh (Rabi' bin Hadi Al-Madkhali) dan (ulama -pen) kibar yang bersama beliau adalah pembawa bendera para pencela"
Jadi, siapakah sebenarnya yang ghuluw?
Tahukah antum, para ulama besar yang bersama Asy-Syaikh Rabi' adalah Asy-Syaikh Ahmad An-Najmi rahimahullah, Asy-Syaikh Muqbil Al-Wadi'i rahimahullah, Asy-Syaikh Ubaid Al-Jabiri, Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wushabi, asy-Syaikh Zaid bin Muhammad Al-Madkhali, dll. Sebagian mereka telah wafat, sebagian yang lain telah berusia lanjut hingga tatkala berjalan pun harus dipapah oleh murid-muridnya.
Bagaimana bisa seorang Syaikh Ali Hasan dan murid-muridnya yang belum berumur begitu buruk adabnya terhadap masyayikh salafiyyin yang keadaannya demikian. Allahulmusta'aan
Tidak heran jika Asy-Syaikh Prof. Muhammad Bazmuul hafizhahullah berkata:
"Termasuk dari bentuk kesalahan fatal yang ada padanya (Syaikh Ali Hasan -pen) adalah upayanya merendahkan kedudukan ulama, dan memposisikan dirinya seolah-olah seperti kibarul ‘ulama (ulama senior). Dia mencoba menjatuhkan Asy-Syaikh Rabi’ (Al-Madkhali) dan Asy-Syaikh ‘Ubaid (Al-Jabiri). Seolah-olah posisi dirinya dengan kedua syaikh tersebut adalah teman selevel (seangkatan).
Sikap seperti ini merupakan adab yang jelek. Berbagai ungkapannya dalam hal ini mengandung makna penghinaan dan pelecehan yang tidak pantas diucapkan terhadap para ulama.Ada beberapa penyimpangan lainnya yang semuanya telah disebutkan oleh saudara (kandung)ku Asy-Syaikh Ahmad dalam tulisannya (tentang Asy-Syaikh Ali Hasan) yang berjudul Shiyanatus Salafy ‘An Wasawisi ‘Ali Al-Halabi" [Sesi Tanya Jawab Daurah Masyayikh]
afwan judul artikel membingungkan. seakan-akan mendukung Al-Halabi padahal hal itu di masa lalu, dan sekarang justru malah sebaliknya.
ReplyDelete