Para ulama memiliki enam pendapat yang masyhur dalam permasalahan ini:
Pertama, Shalat Jum’at sah jika jama’ah shalat berjumlah 40 orang atau lebih
Ini merupakan pendapat dalam madzhab Asy-Syafi’i, Ahmad, Ishaq bin Rahawaih
dan salah satu riwayat dari Imam Malik rahimahumullah.
Mereka berdalil dengan hadits Ka’ab bin Malik radhiyallahu ‘anhu.
Abdurrahman bin Ka’ab bin Malik rahimahullah berkata:
أنه كان إذا سمع النداء يوم الجمعة؛ تَرحَّم لأسعدَ بن
زُرَارة. فقلت له: إذا سمعتَ النداء ترحَّمتَ لأسعد بن زرارة؟! قال: لأنه أول من جَمَّعَ بنا في هَزْمِ النبِيتِ من حَرَّةِ بني
بَيَاضة، في نقيع يقال
له: نقيع الخَضِماتِ. قلت:
كم أنتم يومئذ؟ قال: أربعون
Setiap kali mendengar azan Jum’at, beliau selalu mendoakan rahmat bagi
As’ad bin Zurarah. Maka aku berkata pada ayah: “kenapa bila mendengar azan,
engkau selalu mendoakan rahmat bagi
As’ad bin Zurarah?” Ka’ab bin Malik berkata: “karena As’ad lah yang
pertama kali mendirikan shalat Jum’at bersama kami di Hazm An-Nabiit yang dihuni oleh Bani Bayadhah di wilayah Naqi'.” Aku bertanya: “Berapa jumlah kalian ketika itu?” Ayah
berkata: “Empat puluh orang” [HR. Abu Daud no. 1069, Ibnu Majah no. 1082
dan Ibnu Khuzaimah no. 1724]
Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah berkata:
إسناده حسن، وصححه ابن خزيمة وغير
واحد
“sanad hadits ini hasan. Juga dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah dan ulama
yang lain”
Syaikh Al-Albani rahimahullah berkata:
حديث حسن
“hadits ini hasan”
Hadits ini juga dishahihkan oleh Al-Hakim dan Adz-Dzahabi rahimahumallah.[1]
Kedua, Shalat Jum’at sah jika jama’ah shalat berjumlah lima puluh orang atau lebih
Ini merupakan pendapat yang diriwayatkan dari Umar bin Abdil Aziz dan salah
satu riwayat dari Imam Ahmad
Ketiga, Shalat Jum’at sah jika jama’ah shalat berjumlah dua belas orang atau lebih
Ini merupakan pendapat Rabi’ah. Dalilnya adalah hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu
‘anhu, beliau berkata:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ
يَخْطُبُ قَائِمًا يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَجَاءَتْ عِيرٌ مِنْ الشَّامِ فَانْفَتَلَ
النَّاسُ إِلَيْهَا حَتَّى لَمْ يَبْقَ إِلَّا اثْنَا عَشَرَ رَجُلًا فَأُنْزِلَتْ
هَذِهِ الْآيَةُ الَّتِي فِي الْجُمُعَةِ
{ وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا
إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا }
“Suatu saat nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkhutbah pada hari
Jum’at, lalu datanglah barang dagangan dari Syam. Maka manusia bubar mengambil
(barang dagangannya masing-masing –pen-), hingga tidak tersisa ketika itu
selain dua belas orang. Kemudian turunlah ayat ini berkenaan dengan
pelaksanaan Jum’at
{ وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا
وَتَرَكُوكَ قَائِمًا }
“Dan apabila
mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya
dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhutbah).”[2] [HR. Al-Bukhari no. 936 dan Muslim
no. 863]
Keempat, Shalat Jum’at sah jika jama’ah
shalat berjumlah empat orang atau lebih
Ini
merupakan pendapat Abu Hanifah, Abu Yusuf, Muhammad bin Al-Hasan, Al-Laits,
salah satu riwayat dari Imam Malik rahimahumullah.
Kelima, Shalat Jum’at sah jika jama’ah
shalat berjumlah tiga orang atau lebih
Ini
merupakan pendapat Ibnul Mubarak, salah satu riwayat dari Imam Ahmad dan dirajihkan
oleh Syaikh Abdul Aziz bin Baz[3] dan Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahumullah. Mereka
berdalil dengan hadits Abu Darda radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: aku
mendengar Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam bersabda:
ما من ثلاثة-
في قرية ولا بَدْو- لا تقام فيهم الصلاة؛ إلا قد استحوذ عليهم الشيطان
“Tidaklah ada tiga orang dalam suatu -wilayah atau kampung- yang tidak
mendirikan shalat (Jum’at –pen-) kecuali Allah akan membiarkan setan menguasai
mereka” [HR. Abu Daud no. 457]
Keenam, Shalat Jum’at sah
jika jama’ah shalat berjumlah dua orang atau lebih
Ini
merupakan pendapat Al-Hasan bin Shalih, Daud Adz-Dzahiri, Makhul dan dirajihkan
oleh Ibnu Hazm, Ash-Shan’ani, Asy-Syaukani, Al-Albani dan Muqbil Al-Wadi’i rahimahumullah.
Mereka berdalil dengan hadits Thariq bin Syihab radhiyallahu ‘anhu, dari
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
الجمعةُ حق واجبٌ على كل مسلم في جماعة
“Shalat Jum’at wajib atas
setiap muslim (dan dilaksanakan –pen-) dengan berjama’ah” [HR. Abu Daud
no. 978]
Hadits ini dishahihkan
oleh Al-Hakim, Adz-Dzahabi, An-Nawawi dan Al-Albani[8]
rahimahumullah.
Namun sebagian ulama
melemahkan hadits ini. Abu Daud rahimahullah berkata:
طارق بن شهاب قد رأى النبي صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ولم يسمع منه شيئاً
“Thariq bin Syihab
meskipun telah melihat nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, namun beliau
tidak pernah mendengar dari nabi satu hadits pun”
Al-Khathabi rahimahullah
berkata:
وليس إسناد هذا الحديث بذاك، وطارق بن شهاب لا يصح له سماع
من رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؛ إلا أنه قد
لقي النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
“sanad hadits ini tidaklah
seperti apa yang dikatakan. Thariq bin Syihab tidak pernah mendengar satu hadits pun
dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Meskipun beliau telah
bertemu nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.” [Ma’alim As-Sunan,
2/9]
Pernyataan tersebut dijawab oleh An-Nawawi rahimahullah dalam
perkataan beliau,
وهذا غير قادح في صحة الحديث؛ فإنه يكون مرسل صحابي، وهو
حجة، والحديث
على شرط الشيخين
“Pernyataan tersebut tidaklah mencacati keshahihan hadits ini.
Karena riwayat ini termasuk dalam kategori Mursal Shahabi. Sedangkan Mursal
Shahabi adalah hujjah. Demikian pula hadits ini sesuai dengan syarat Asy-Syaikhaini[9]” [Shahih Abu Daud, 4/233]
Al-Baihaqi rahimahullah berkata:
وهذا الحديث وإن كان فيه إرسال ، فهو مرسل
جيد؛ فطارق من خيار التابعين، وممن رأى النبي
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وإن لم يسمع منه، ولحديثه هذا شواهد
“Hadits ini meskipun dalam kategori Mursal, namun termasuk riwayat Mursal
yang jayyid. Thariq termasuk diantara tabi’in yang mulia dan pernah melihat
nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, meskipun ia tidak pernah mendengar
dari nabi. Hadits ini juga memiliki syawahid” [As-Sunan Al-Kubra,
3/183]
Penulis lebih condong pada pendapat terakhir, Allahua’lam.
Disarikan oleh Abul-Harits dari Fathul ‘Allam, 2/124-125
dan Shahih Abu Daud, 4/232-233 di Madinah, 23 Jumadil Akhir 1434 H
[1] Shahih Abu Daud, 4/235
[2] QS. Al-Jumu’ah : 11
[3] Fatawa Al-Lajnah Ad-Da’imah, 8/178 dan
8/215
[4] AL-Mustadrak, 1/246
[5] Shahih
Ibnu Khuzaimah no. 2098
[6] Al-Majmuu’ Syarh A-Muhadzab, 4/183
[7] Shahih Abu Daud no. 556
[8] Shahih Abu Daud, 4/232
[9] Para perawinya merupakan perawi Imam
Al-Bukhari dan Muslim dalam Ash-Shahihain
No comments:
Post a Comment