Tanya:
“Fadhilatus
Syaikh semoga Allah memberikan taufiq kepada Anda, di sana terdapat orang-orang
yang menyatakan bahwa wajib menegakkan hujjah kepada para penyembah kubur”
”Iya, harus ditegakkan hujjah. Namun hujjah itu telah tegak dengan
Al-Qur’an yang telah mereka baca, mereka hafalkan, mereka baca secara berulang-ulang, serta mereka dengar. Lalu apa faidahnya jika hujjah itu belum tegak dengan Al-Qur’an?
Apa faidahnya bagi manusia? Tentu untuk menegakkan hujjah.
(( وَأُوحِيَ إِلَيَّ هَذَا
الْقُرْآَنُ لِأُنْذِرَكُمْ بِهِ وَمَنْ بَلَغَ))[الأنعام:19]
“Dan
diwahyukan kepadaku Al-Qur’an ini untuk memberikan peringatan kepada kalian dan
kepada orang-orang yang telah sampai (Al-Qur’an -pen)
kepadanya” [QS. Al-An’am: 19]
Barangsiapa
yang Al-Qur’an telah sampai kepadanya dan ia adalah seorang ‘arabiy,
maka hujjah itu telah tegak padanya. Adapun untuk menegakkan hujjah bagi orang-orang
a’jamiy (selain arab-pen), maka diterjemahkan padanya makna-makna Al-Qur’an hingga ia dapat memahaminya,
iya.”
Penanya: “Semoga
Allah menjaga Anda, ia juga berkata: ‘hujjah itu tidak tegak kecuali oleh ulama
yang menjelaskannya, bahkan tidak setiap ulama. Orang jahil itu harus
membenarkan dan mempercayainya. Apakah perkataan ini benar?”…
Asy-Syaikh Shalih
Al-Fauzan: “Hujjah telah tegak padanya semenjak Al-Qur’an diturunkan, cukuplah
Al-Qur’an sebagai hujjah akhi. Ia telah membaca Al-Qur’an sedangkan ia adalah
seorang ‘arabiy yang memahami bahasa Arab. Ia telah memahami makna kufur
dan syirik. Ia telah memahaminya, sehingga hujjah itu telah tegak dengan
sampainya Al-Qur’an kepadanya, iya” [Pelajaran Kitab Ad-Durrun Nadhiid pada tanggal 11-05-1433]
Berikut
transkrip fatwa beliau,
السائل: فضيلة الشيخ وفقكم الله يقول: هناك من يقول إنه لابد من إقامة الحجة على عباد القبور الشيخ: نعم لابد من قيام الحجة ، لكن الحجة قائمة بالقرآن العظيم الذي يتلى ويحفظونه ويرددونه ويسمعونه، وإلا ما فائدة القرآن إذن إذا صار أنه ما تقوم به الحجة؟!!! ما فائدته بين الناس؟!!! تقوم به الحجة (( وَأُوحِيَ إِلَيَّ هَذَا الْقُرْآَنُ لِأُنْذِرَكُمْ بِهِ وَمَنْ بَلَغَ))[الأنعام:19] ومن بلغه القرآن وهو عربي قامت عليه الحجة، أما إن كان أعجمياً فإنه يترجم له معنى القرآن حتى تقوم عليه الحجة ويفهم، نعم
.
السائل: يضيف حفظك الله يقول :
ولا يقيم الحجة أي أحد بل لابد أن يقيمها العالم وليس كل عالم بل لابد أن يصدقه الجاهل
ويثق به، فهل هذه القيود صحيحة؟
الشيخ: إيش يقول؟!
السائل: يقول إنه هناك من يقول: إنه لابد من قيام
الحجة على عباد القبور ولايقيمها.. الشيخ: قامت الحجة، منذ أن نزل القرآن وهي قائمة، نعم. السائل: ولا يقيم الحجة إلا أي
أحد بل لابد أن يقيمها العالم.. الشيخ: يكفي القرآن يا أخي، يكفي القرآن ، هو يقرأ القرآن وهو
عربي يفهم معنى اللغة العربية، يفهم معنى الكفر معنى الشرك، يفهم هذا، نعم، فهي
قائمة الحجة عليه ببلوغ القرآن ، نعم، بلغته، نعم.
No comments:
Post a Comment